7 Hal Sederhana yang Bisa Anda Mulai untuk Komitmen Peduli Lingkungan

oleh -22 kali dilihat
7 Hal Sederhana yang Bisa Anda Mulai untuk Komitmen Peduli Lingkungan
Ilustrasi - Foto/ Markus Spiske di Unsplash

Klikhijau.com – Permasalahan lingkungan telah menjadi ancaman serius kini akibat tindakan dan kebijakan yang salah dalam pengelolaan sumber daya alam. Bila tidak diredam dari sekarang, anak-cucu kita di masa depan boleh jadi tidak dapat menikmati alam dengan baik.

Oleh sebab itu, diperlukan tindakan bersama dari diri sendiri untuk memulai menyadari dan membuka mata atas krisis ekologi. Dampak perubahan iklim misalnya telah memicu ragam masalah seperti ancaman kelangkaan pangan hingga masalah kesehatan.

Setiap harinya, kita pun menghadapi ancaman akan udara yang tercemar akibat polusi kendaraan dan industri. Bahkan ikan-ikan sebagai sumber protein yang kita makan terancam dihuni mikroplastik akibat sampah plastik yang kini mengepung lautan.

Oleh sebab itu, hal paling sederhana atas semua permasalahan ini adalah mulai menyadarinya. Lalu, mencoba membangun komitmen personal untuk menjadi bagian dari orang-orang yang peduli pada lingkungan.

Berikut 7 hal sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai cara menunjukkan kepedulian dan komitmen pada lingkungan:

KLIK INI:  Daerah Asal Manusia Pertama itu, Pamerkan Piring dari Pelepah Pinang
  1. Kurangi sampah plastik

Penggunaan plastik sekali pakai (single use) memang sangat masif bahkan kadang jadi jebakan. Faktanya, bumi telah menanggung beban besar akibat polusi sampah plastik yang sulit terurai dan dapak merusak lingkungan.

Maka, mulailah bertindak dalam keseharian dengan mengurangi sampah plastik. Di mulai dari diri sendiri dan menginspitasi yang lain. Membiasakan diri bawa tumbler, kantong belanja, dan mulai melakukan daur ulang sampah plastik.

  1. Pastikan tidak membuang makanan

Kebiasaan membuang makanan kadang dianggap sepeleh. Padahal, sisa makanan dapat berpotensi sebagai beban serius. Tak hanya itu, budaya boros makanan juga sangat menguras sumber daya.

Mulailah untuk konsumsi makanan dan minuman secara proporsional dengan mengambil atau konsumsi sesuai kebutuhan.

  1. Urban farming

Konsep urban farming, tidak saja berdampak pada ketersediaan pangan berbasis keluarga, tetapi juga mendorong pangan ramah lingkungan.

Mulailah menanam tanaman pangan di rumah dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dengan pemanfaatan kompos atau biopestisida.

KLIK INI:  Temukan 7 Manfaat Terbaik Ajak Anak ke Kebun Binatang
  1. Hemat energi listrik

Energi listrik dihasilkan dari penggunaan energi fosil yang tidak dapat diperbaharui. Karena itu, hemat energi listrik di rumah setidaknya bisa dijadikan gaya hidup tersendiri dalam keluarga.

Mari memulai menggunakan sumber energi sesuai kebutuhan dan mematikan lampu dan elektronik bila tidak digunakan.

  1. Mulai melek isu lingkungan

Bila selama ini Anda mungkin melek isu-isu mengenai politik, bisnis, atau berita selebriti, tak ada salahnya mulai aktif mengakses informasi-informasi mengenai lingkungan. Hal ini penting untuk meningkatkan kesadaran berpikir kita akan pentingnya lingkungan.

Mulailah aktif mengakses informasi lingkungan di sosial media, bahkan membagikan informasi mengenai aksi-aksi positif yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan dan konservasi.

  1. Mulai kritis belanja pakaian

Mulailah menjadi konsumen kritis dalam belanja pakaian dan jangan mudah tergoda oleh rayuan diskon. Cobalah berpikir kritis tentang fesyen dan sebisa mungkin menghindari produk fast fashion atau fesyen yang diproduksi dari bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan.

Jangan lupa, tetap merawat pakaian layak pakai Anda di rumah atau bila menganggapnya kurang cocok lagi, tak ada salahnya memberikannya pada yang membutuhkan.

  1. Beli produk lokal

Mulailah untuk belanja produk-produk lokal yang secara ekonomi dapat membantu kesejahteraan petani dan warga lokal. Produk lokal yang dipakai atau dikonsumsi tentu bisa lebih terpercaya dan setidaknya dapat membangkitkan ekonomi lokal.

Itulah 7 aksi sederhana yang dapat kita lakukan secara bersama-sama sebagai bentuk komitmen terhadap lingkungan. Ada banyak hal lagi yang bisa dilakukan. Namun paling penting adalah bagaimana memulai dan menjaga komitmen kita atas nama cinta pada bumi.

Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Berpegangan Tangan dengan Orang yang Dicintai, Cara Sehat yang Romantis