7 Fakta Perihal Air yang Menarik Anda Tahu

oleh -110 kali dilihat
7 Fakta Perihal Air yang Menarik Anda Tahu
Ilustrasi - Foto/niherst.gov.tt

Klikhijau.com – Air memiliki fungsi penting dan paling utama dalam kehidupan manusia. Tanpa air kehidupan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Setiap makhluk yang ada di bumi, baik tumbuhan, hewan dan manusia memerlukan air sebagai kebutuhan dasar. Itulah mengapa pelestarian sumber daya air mendesak dilakukan secara bersama-sama agar akses air bersih dapat dinikmati secara berkelanjutan.

Ada tiga pilar utama dalam rangka perlindungan dan pelestarian sumber air yakni konservasi, pendayagunaan, dan pengendalian daya rusak, sebagaimana yang termaktub dalam UU Nomor 17 tahun 2019.

Ketiga pilar ini dijadikan pedoman dalam perumusan kebijakan pemerintah untuk menjamin hak rakyat atas air. Di samping itu, ketiga pilar ini harus berjalan secara bersama-sama dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Satu aspek yang tidak diperhatian akan berdampak buruk pada ketersediaan air dan ini tentu berakibat buruk bagi generasi dan masa depan.

Begitu pentingnya air dalam kehidupan, berikut 7 fakta perihal air yang menarik Anda ketahui, sebagai fakta dan inspirasi untuk kita berkontribusi pada pengelolaan sumber daya air.

KLIK INI:  6 Tips Mendeteksi Kebenaran sebuah Berita Sains!
  • Dunia sedang terancam krisis air

Ini harus menjadi perhatian global bahwa saat ini dunia sedang terancam krisis air. Ada banyak faktor penyebabnya diantaranya penggundulan hutan, kerusakan hutan, alih fungsi lahan dan lainnya. Secara global, hampir 850 juta orang di seluruh dunia tidak memiliki akses air bersih.

Krisis Air berada pada posisi nomor satu sebagai tantangan global yang akan dihadapi dalam satu dekade mendatang (Global Economi Forum). Ini satu sinyal betapa penting melestarikan sumber daya air dan menjaga sumber air yang ada.

  • Krisis air di Afrika

Di tempat Anda, air bersih mungkin saja masih tersedia dan melimpah. Tetapi, ada beberapa wilayah yang mulai merasakan dampak krisis air, terutama saat musim kemarau berkepanjangan. Faktanya, di Afrika dan Asia, perempuan dan anak-anak berjalan rata-rata 3,7 mil per hari hanya untuk mengumpulkan air.

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) memperkirakan pada tahun 2025 akan ada sekitar 1,8 miliar manusia tinggal di negara yang mengalami kelangkaan air absolut. Selain itu dua per tiga populasi dunia berada dalam bayang-bayang kekurangan air.

KLIK INI:  Bioplastik, Pengertian, Jenis, Cara Pembuatan serta Kelebihan dan Kelemahannya
  • Mayoritas penduduk dunia bekerja di sektor air

Begitu pentingnya air, ada fakta menarik yang menunjukkan bahwa sekira 1,5 miliar orang di dunia bekerja di sektor yang terkait dengan air. Hal ini berarti, air memang memiliki peran paling strategis dalam kehidupan dan kesejahteraan manusia di bumi.

  • Jutaan anak meninggal karena air

Di seluruh belahan dunia, ada fakta bahwa setiap 90 detik seorang anak meninggal karena penyakit yang berkorelasi dengan air. Bahkan, dalam komposisi tubuh manusia, sekira 55-78 persen ternyata terdiri dari air.

  • Komposisi tubuh manusia didominasi air

Komposisi tubuh manusia ternyata didominasi oleh air yakni sekira 55-78 persen. Bagian tulang manusia mengandung 31 persen air, bahkan paru-paru kita sangat dominan air yakni sekira 83 persen. Faktanya, manusia bisa bertahan tanpa makan selama sebulan, tetapi tidak cukup kuat untuk sekadar seminggu tidak minum air.

tubuh manusia dominan air
Ilustrasi – Foto/Pixabay
  • Separuh dari bumi dipenuhi air

Air memang sangat dominan di bumi. Faktanya, ada lebih dari 71 persen permukaan bumi yang ternyata dipenuhi air. Hampir seluruh air yang ada di bumi berbetuk air laut dan kurang dari 3 persen berupa air tawar yang dikonsumsi.

Lalu, ada sekira 30 persen air yang tersimpan jauh di dalam tanah. Hanya ada 1 persen air di permukaan yang dapat diakses dengan mudah antara lain: air permukaan tanah, sungai, danau dan air di rawa.

  • Air dominan untuk pertanian

Tanpa air, aktivitas pertanian manusia akan lumpuh total dan itu berarti akan menimbulkan persoalan besar bagi kehidupan. Faktanya, ada sekira 70 persen dari air tawar yang ada di bumi dimanfaatkan untuk pertanian. Selebihnya, terdapat 22 persen untuk kebutuhan industri. Sisanya, yakni sekira 8 persen untuk kebutuhan minum, mandi, mencuci dan kebutuhan hidup manusia lainnya.

Itulah 7 fakta perihal air yang menunjukkan betapa pentingnya air dalam kehidupan. Tanpa air, kehidupan akan berhenti. Karenanya, menjaga dan melestarikan sumber-sumber air adalah tanggungjawab bersama.

Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Kapan Waktu yang Paling Tepat Menyiram Tanaman?