7 Fakta Menarik WCD 2020 yang Digelar Klikhijau dan Warga Batua Raya III Lorong 4 Makassar

Publish by -213 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
7 Fakta Menarik WCD 2020 yang Digelar Klikhijau dan Warga Batua Raya III Lorong 4 Makassar
Aksi WCD yang digelar Klikhijau bersama warga Batua Raya III Lorong 4, Manggala Kota Makassar - Foto/Ist

Klikhijau.com – Pelaksanaan aksi World Cleanup Day (WCD) 2020 yang digelar Klikhijau dan warga batua Raya 3 Lorong 4, Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Kota Makassar memang sedikit berbeda dengan aksi lainnya.

Selain karena dipusatkan di lorong kecil padat penduduk, aksi WCD tahun ini melibatkan relawan yang notabene merupakan warga lorong. Berikut 7 fakta menarik di balik WCD 2020 yang menginspirasi:

  • Digelar secara kolosal
WCD 2020
Pemuda lorong 4, Batua Raya III, sedang mewarnai dedaun pohon yang digambar di tembok lorong – Foto/ KH

Berbeda dengan aksi WCD di tempat lain atau yang digelar komunitas lainnya di sejumlah daerah, WCD 2020 yang digelar Klikhijau dan warga lorong 4 berlangsung secara kolosal selama sembilan hari.

Aksi bersih dan penataan lorong dilakukan sejak 10 September 2020. Aksi bersih dilakukan bersamaan dengan dekorasi tembok lorong setiap sore hingga dini hari setiap harinya. Tembok lorong yang lumayan panjang cukup menyita waktu lama untuk penyelesaiannya.

KLIK INI:  Pakaian Dalam Bermukim di Perut Rusa yang Mati di Thailand

Walau begitu, kebersamaan warga khususnya pemuda dan ibu-ibu rumah tangga membuat segala aktivitas WCD di Lorong 4 terasa begitu menyenangkan. “Ada kebersamaan luar biasa antar warga. Keren banget!” kata Wahyuni, seorang warga Lorong 4.

  • Menjelma jadi lorong Selfie
WCD lorong
Lorong bisa jadi ajang selfie – Foto/KH

Hampir semua sisi tembok lorong dipercantik dengan cat baru yang warna-warni.  Lorong 4 kini menjelma jadi lorong selfie. Terlebih pilihan warnanya juga cukup terang dan menyenangkan. Jadi, wajar saja bila warga sekitar dan para pengendara yang melintas, tertarik untuk berswafoto berlatar tembok lorong.

  • Melibatkan ibu-ibu rumah tangga
ibu mengecat
Ibu-ibu lorong 4 yang ikut serta mengecat tembok lorong – Foto/KH

Hal menarik selama sepuluh hari gotong royong mempercantik lorong adalah keterlibatan ibu-ibu rumah tangga. Ada sebagian di antara mereka yang bahkan ikut serta mengecat lorong juga aktif membersihkan jalan umum. Mereka juga sangat sigap menyiapkan ragam menu makanan baik di sore, malam bahkan dini hari untuk warga yang bekerja.

  • Teks berisi pesan lingkungan
foto wcd di tembok
Teks pesan lingkungan di tembok lorong 4

Selain warna-warni yang cerah-ceria, ada pula tulisan-tulisan di tembok lorong yang isinya adalah pesan-pesan lingkungan. Misalnya  tulisan yang berisi pesan anjuran tidak buang sampah sembarangan, anjuran tidak bakar sampah hingga anjuran selalu peduli pada tetangga.

KLIK INI:  7 Filosofi Daun Hijau yang Membuat Hidup Anda Semakin Bermakna

Selain itu, hampir semua motif gambar yang dipilih bertemakan lingkungan, seperti gambar pepohonan, tanaman Monstera, ilustrasi tentang bumi dan lainnya.

  • Solidaritas dan antusias warga yang tinggi
Foto warga
Antusias warga Lorong 4 di momen WCD 2020

Selama proses penataan lorong dari tanggal 10 September hingga 19 September 2020, antusias warga memang sangat tinggi. Semua warga tanpa terkecuali ikut serta dalam semua kegiatan pembersihan lingkungan, terutama di puncak acara 19 September 2019.

Hal ini menunjukkan adanya solidaritas dan kebersamaan untuk sama-sama berbuat demi lingkungan dan kebaikan bersama.

  • Membuat program berkelanjutan

Setelah aksi WCD 2020 selesai, warga berkomitmen untuk tetap menjaga kekompakan dalam menjaga lingkungan. Mereka juga sedang menyusun rencana ke depan, antara lain kerja bakti secara rutin hingga penataan gapura lorong agar lebih menarik.

  • Ilustrasi pohon harapan
Ilustrasi WCD
Ilustrasi pohon harapan, tentang pohon yang berdaun cap telapak tangan warga lorong 4

Salah satu titik yang menjadi pusat perhatian di lorong adalah pohon harapan. Pada gambar ini ada ilustrasi pohon kokoh yang dedaunnya terdiri dari cap tangan-tangan warga warna-warni.

Ilustrasi ini memberi pesan kuat soal kebersamaan menjaga dan merawat lingkungan hidup. Pesan lainnya adalah tentang pentingnya setiap individu mengambil peran positif untuk lingkungan, di mulai dari diri sendiri dan dari lingkungan terdekat.

Itulah 7 fakta menarik dari WCD 2020 yang Digelar Klikhijau dan Warga Batua Raya III Lorong 4 Makassar. Ayo terus bersatu, bergerak untuk Indonesia bersih!

KLIK INI:  5 Ide Selfie Tak Biasa Berkaitan dengan Sampah, Poin Terakhir Mengejutkan!
Editor: Ahmad Fikri

KLIK Pilihan!