7 Bagian Penting dalam Rumah yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan

oleh -20 kali dilihat
7 Bagian Penting dalam Rumah yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan
Ilustrasi - Foto/Julian Hochgesang on Unsplash

Klikhijau.com – Saat musim hujan tiba, kebersihan lingkungan perlu jadi perhatian khusus. Selain kondisi lingkungan yang lembap, jamur dan bakteri pun mudah berkembangbiak di musim hujan.

Karenanya, kebersihan rumah harus terjaga. Tak hanya bagian halaman, bagian dalam rumah juga penting diurus agar tidak ada cela berkembangnya bakteri. Juga tak memicu timbulnya aroma tak sedap yang mengganggu aktivitas dalam rumah.

Tak bisa dipungkiri bahwa ada bagian rumah yang sering luput dari jangkauan. Barangkali karena dianggap tidak terlihat atau karena energi kita hanya fokus pada ruang-ruang yang kerap ditempati.

Lalu, bagian mana saja yang perlu diperhatikan dalam rumah saat musim hujan yang kerap luput dari pantauan? Berikut 7 bagian tersembunyi yang kadang terlupakan, namun perlu dijaga kebersihannya di musim hujan:

KLIK INI:  3 Hal Sederhana yang Dapat Dilakukan untuk Menjaga Lingkungan
  • Bagian belakang pintu

Bagian belakang pintu rumah, khususnya pintu depan kadang menumpuk kotoran. Seperti biasa, umumnya kita menyapu kotoran di ruang tamu dan mengarahkannya ke bagian belakang pintu. Lalu, saat musim hujan tiba, kotoran yang ada bisa mengundang semut, serangga bahkan jamur.

Sisa-sisa sampah yang tidak sempat diambil, khususnya sisa makanan bisa menimbulkan bau tak sedap. Bagian belakang pintu, kerap kali terlupakan dalam pantauan. Penyebabnya adalah, saat pintu rumah terbuka seharian, area belakang pintu pun tertutupi. Jadi, pastikan bagian ini dibersihkan yah Sahabat Hijau!

  • Area sudut kamar mandi

Area sudut kamar mandi biasanya akan lebih basah saat musim hujan. Hal ini memicu berkumpulnya kotoran dan bila dibersihkan akan mengundang cacing-cacing kecil dan binatang kecil lainnya.

Bagian sudut kamar mandi juga jarang diperhatikan secara seksama. Padahal, di area ini, kotoran bisa melekat dan membeku sehingga menimbulkan bau tak sedap. Bersihkan area ini dengan menggunakan sikat gigi bekas secara detail hingga kotoran yang melekat luruh.

KLIK INI:  Ikan Cupang Tak Hanya Bisa Diadu, Tapi Juga Bisa Perangi DBD
  • Lemari sepatu

Lemari sepatu akan dihuni oleh sepatu-sepatu yang lembap dan bau di musim hujan. Bila tak segera dibersihkan, aromanya dapat menyengat dan mengganggu.

Mulailah dengan menata ulang sepatu-sepatu di dalam lemari dan membersihkannya terlebih dahulu. Jangan memasukkan sepatu dalam lemari bila masih basah atau dalam keadaan kotor karena akan membuat lemari sepatu Anda semakin jorok.

  • Lap kaki depan kamar mandi

Lap kaki depan kamar mandi berpotensi menjadi sarang jamur dan bakteri di musim hujan. Penyebabnya adalah benda ini tidak bisa dijemur sinar matahari akibat hujan.

Periksana lap kaki depan kamar mandi dan pastikan masih layak dipakai. Bila sudah sangat kotor, ada baiknya diganti saja sementara dengan yang baru. Lap kaki yang kotor bisa dicuci terlebih dahulu dan diangin-anginkan di ruang terbuka.

KLIK INI:  5 Resep Minuman Khas Desa Kunyi Penangkal Penyakit di Musim Hujan
  • Ruang cuci kotor

Bila di rumah Anda terdapat ruang cuci kotor, tempat yang menjadi alternatif untuk segala aktivitas misal merendam pakaian, memotong daging dan lainnya, pastikan memberi atensi pada bagian satu ini. Pasalnya, di musim hujan, area ini akan semakin lembap sehingga berpotensi menjadi sarang jamur dan bakteri.

Sikat lantai ruang cuci kotor dan jangan biarkan ada sisa kotoran yang masih tergelatak di sana. Selain itu, pastikan tak ada pakaian yang terendam lama di area ini karena itu akan memicu aroma tak sedap.

  • Geser dan perhatikan bagian bawah tempat tidur

Bagian bawah tempat tidur Anda perlu diperhatikan saat musim hujan. Biasanya, saat musim hujan bagian bawah tempat tidur lembap. Selain itu, bila sekian lama tak dibersihkan, area ini akan menjadi sarang laba-laba, serangga dan semut.

Pastikan membersihkan area ini saat musim hujan agar tidur Anda lebih nyenyak tanpa was-was ada binatang berbahaya mengintai.

  • Lantai teras

Hujan yang intens akan membuat lantai teras rumah kerap basah dan kotor. Upayakan membersihkan area ini meski keberadaannya terbuka dan terpantau setiap saat. Hal ini penting agar tak ada waktu dan kesempatan untuk bakteri dan jamur berkembang.

Lantai teras yang bersih di musim hujan juga akan memberi kesan bersih di rumah.

Itulah 7 bagian dalam rumah yang perlu diperhatikan dan dibersihkan saat musim hujan. Tetap jaga kesehatan dan salam sehat. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Musim Hujan dan Sejumlah Penyakit yang Dibawanya