6 Tips Mudah Mengatasi Perasaan Gelisah

oleh -28 kali dilihat
Bagaimana Hubungan Antara Kecemasan dan Kemarahan
Ilustrasi marah/gelisah - Foto/Pixabay

Klikhijau.com –  Perasaan gelisah bisa muncul kapan saja. Tak peduli tempatnya kita berada di mana. Ketika sedang gelisah, segala sesuatu tampak suram, tak ada ketenangan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) gelisah memiliki arti,  perasaan tak tenteram, selalu merasa khawatir, tak tenang, tak sabaran, dan cemas.

Kata gelisah ini, biasa mendapat imbuhan ke dan akhiran an, sehingga menjadi kegelisahan. Kegelisahan sendiri adalah satu ekspresi dari kecemasan. Karenanya dalam kehidupan kita sehari-hari, kegelisahan kerap diartikan sebagai kecemasan.

Perihal kecemasan ini, Sigmund Freud yang merupakan ahli psikoanalisa membagi tiga kecemasan, yakni kecemasan obyektif, neoritis (syaraf), dan kecemasan moril

KLIK INI:  Hal-Hal Kecil Pemacu Global Warming, Salah Satunya Mungkin Sering Anda Lakukan

Namun, apa pun jenis kecemasannya (baca gelisah)  tak usah risau, sebab ada cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi perasaan gelisah yang datang, yakni:

  • Tarik napas dalam dan menghembuskannya

Menarik napas dalam-dalam lalu menghembuskannya perlahan-lahan. Memang telah sangat umum dipraktikkan untuk menenangkan perasaan yang gelisah alias tak tenang.

Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi rasa gugup dan tak percaya diri. Caranya, lakukan berulang-ulang hingga perasaan tenang muncul. Akan lebih baik jika dilakukan sambil memejamkan mata.

Aktivitas menarik napas dalam-dalam lalu menghembuskannya perlahan-lahan cukup efektif untuk mengatasi kecemasan. Karena pasokan oksigen ke kepala kita akan lebih banyak sehingga membantu kita menjadi lebih santai atau rileks

  • Bicara dengan teman atau orang yang dipercaya

Curhat (curahan hati) bisa pula dilakukan untuk mengatasi perasaan gelisah. Namun, dalam hal ini kamu harus selektif memilih teman yang kamu ajak bicara (curhat). Apalagi jika yang menggelisahkan itu bersifat privasi.

Kamu bisa memberi tahu orang yang kamu percayai apa yang sedang kamu alami dan rasakan. Bicara dengan seseorang diyakini dapat mengatasi stres dan membantu kita menemukan solusi sehingga kegelisahan yang melanda karena satu masalah bisa menghilang

  • Atasi dengan menulis

Tak semua orang bisa berbicara jujur atau curhat kepada orang lain. Jika kamu  tipe begini, kamu bisa melakukannnya dengan cara menulis. Tuliskan semua uneg-unegmu yang membuat gelisah.

Cara ini cukup efektif untuk mengembalikan semangat dan mood sehingga rasa gelisah bisa menjauh dalam diri. Di samping itu, dengan menulis hal-hal postif bisa didapatkan, misalnya bisa menghasilkan uang, pertemanan dan lain sebagainya.

KLIK INI:  Cara Membuat Pot dari Barang Bekas, Murah dan Ramah Lingkungan
  • Memenuhi kebutuhan

Kebutuhan dasar yang dimaksud di antaranya makanan, minum, dan istirahat (tidur). Pastikan asupan makanan terpenuhi dengan cukup, begitu pun minum dan jatah istirahat.

Karena jika kebutuhan dasar ini tak terpenuhi, kamu akan sangat mudah merasa cemas dan gelisah

  • Dalam rutinitas sisipkan hal-hal menyenangkan

Rutinitas yang itu-itu saja cenderung melahirkan rasa bosan. Jika itu terjadi maka perasaan gelisah akan lebih mudah tumbuh subur di dalam diri kita.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, sangat penting melakukan hal-hal yang menyenanglan  dalam rutinitas kita. Agar tak tumbuh rasa cemas dan gelisah di dalam diri.

Cara yang bisa dilakukan di antaranya, menyanyi, membaca buku atau bahkan menggambar. Apa pun itu, lakukanlah hal-hal menyenangkan untuk membuat hidup lebih berwarna.

  • Mencari  dukungan

Cara lain yang bisa dilakukan, jangan sungkan mencari bantuan ketika mengalami kegelisana berlebihan dan terus berlanjut.

Jika kegelisanan terus berlanjut, bisa menghubungi dokter atau layanan konseling untuk memecahkan masalah yang tak kunjung ingin usai

Nah, itu tips sederhana untuk mengurangi perasaan gelisah yang kerap datang tak diundang. Dan bebal untuk pergi sendiri. Selama mencoba, semoga memberi manfaat!

KLIK INI:  Agar tak Mencemari Lingkungan, Begini Cara Mengolah Sampah Masker Sekali Pakai