6 Tanaman Hias yang Paling Banyak Dicari di Dunia

oleh -78 kali dilihat
Kenalkan Tahi Ayam, Si Liar dengan Beragam Manfaat yang Memukau
Tahi ayam atau tembelakan-foto/Noya

Klikhijau.com – Tanaman hias, jadi bahasan yang tak pernah usai. Ia selalu punya daya tarik untuk dbincangkan. Keindahan dan keunikannya menjadikannya tanaman populer. Ia mampu menyegarkan mata dan menghadirkan nuansa rileks dalam diri.

Tanaman hias adalah bagian tak terpisah dari rumah. ia kerap dijadikan sebagai  dekorasi rumah. kehadirannya mampu  meningkatkan kualitas udara, produktivitas, dan estetika.

Di dunia ini, tak terhitung jumlahnya tanaman hias. Namun, hanya sedikit yang benar-benar diburu oleh pencintanya di seluruh dunia.

Pada tahun ini, tercatat ada enam tanaman hias yang paling dicari di dunia. Tanaman itu sebagaimana dilansir dari Inhabitat dipilih oleh HouseFresh.

KLIK INI:  Pesona Anggrek Cymbidium, Tanaman Hias Ekspor Berharga Tinggi

Dalam menjelaskan metodologi penelitiannya, mereka mengatakan itu dimulai dengan daftar benih dari 230 tanaman yang paling banyak di-Instagram di seluruh dunia. Mereka menggabungkan informasi itu dengan hasil pencarian  Google di setiap negara.

Selanjutnya  para desainer HouseFresh menyusun infografis berupa peta yang menonjolkan informasi tersebut. Secara khusus, mereka mengembangkan peta dunia yang menunjukkan tanaman hias paling populer di negara-negara utama.

Mereka juga membuat peta benua untuk melihat lebih dekat masing-masing dari enam wilayah ( Antartika tidak termasuk). Bahkan ada database yang dapat dicari dalam format HTML untuk menampung dan mengurutkan semua informasi.

Dan hasilnya, inilah enam tanaman hias yang paling populer dan dicari di seluruh dunia:

KLIK INI:  Pesona 'Janda Bolong' dan Harganya yang Semirip Mahar Pernikahan
  •  Tanaman hias monstera

Monstera  deliciosa menjadi tanaman hias nomor satu di Eropa, Asia dan Oseania. Tanaman ini juga terfavorit  di Amerika Utara.

Di Eropa, ada 10 negara mencari informasi tentangnya lebih banyak daripada spesies lainnya. Negara yang paling banyak mencari tanaman ini adalah Kosta Rika, Kanada, dan AS.

Daunnya yang unik dan indah, menjadikannya tanaman populer yang diburu. Selain itu, cara merawatnya juga terbilang mudah.

Teori untuk karakteristik daun yang unik ini adalah bahwa lubang memungkinkan cahaya untuk menyaring melalui lapisan atas agar sama-sama menghiasi daun di bawahnya.

Monstera adalah tanaman yang berdaun hijau yang tak berbunga. Meski demikian, daunnya mampu melahirkan pesona yang memanjakan mata.

KLIK INI:  Tanaman Hias untuk Kecantikan? Berikut Penjelasannya!
  • Mimosa pudica

Putri malu atau Mimosa pudica menempato posisi kedua. Keunikan dari tanaman ini, ketika daunnya disentuh akan menutup diri.

Di Amerika Utara tanaman mimosa pudica sangat populer. Tidak hanya di Amerika Utara, tanaman putri malu ini juga mendapat perhatian dari Jamaika, Trinidad, Tobago dan Belize.

Namun, di Indonesia, tanaman ini tergolong gulma yang harus dibasmi karena mengganggu tanaman petani. untuk lebih jelasnya mengenai tanaman ini, sila baca di SINI.

  • Bunga gairah biru

Passiflora caerulea atau  bunga gairah biru menempati posisi teratas di Amerika Selatan. Tanaman ini juga dipilih sebagai tanaman favorit di Argentina, Kolombia, Uruguay dan Venezuela.

Bunga ini merupakan bunga nasional negara Paraguay. Tanaman ini memiliki bunga setebal 3 inci.

Bunganya  terdiri dari kelopak putih dan sepal di atasnya dengan cincin filamen ungu, putih dan biru. Sehingga terlihat rumit, sehingga terkadang dikira bunga palsu. Bunganya memiliki aroma yang harum agak minty.

Tanaman ini bisa ditanam di dalam ruangan dan juga di luar ruangan. Ia membutuhkan  4 jam sinar matahari langsung setiap hari.

KLIK INI:  Bunga Srigading, Tanaman Legendaris, Manfaat dan Cara Merawatnya!
  • Tanaman ivy hijau

Tanaman ini memiliki daya rampat yang hebat. Karena memang termasuk dalam golongan tanaman rambat yang bisa menjulur dari dinding.

Ivy hijau atau English Ivy, menurut laporan dari HouseFresh sangat populer dan dicari di Bosnia, Herzegovina, Makedonia, Moldova, dan Montenegro.

  • Oleander

Di Timur Tengah dan Asia termasuk Yordania, Kuwait, dan Oman, Oleander atau Nerium oleander menjadi populer.

Tanaman ini sebenarnya adalah tanaman semak yang mudah dirawat. Namun, sayangnya ia termasuk tanaman beracun yang harus diwaspadai (baca di SINI)

KLIK INI:  Jenis Puring yang Mudah Tumbuh, Murah Meriah, Menawan dan Kaya Manfaat
  • Kalanchoe tomentosa

Kaktus panda atau Kalanchoe tomentosa dilaporkan oleh peneliti bahwa  Jepang adalah satu-satunya negara di dunia yang menyukai Kalanchoe tomentosa.

Tanaman berdaun hijau berbulu sukulen abadi memiliki olesan cokelat di ujungnya, sehingga dinamai tanaman panda atau prajurit cokelat.

  • Lantana camara

Tanaman ini di dua belas negara Afrika secara tidak resmi menominasikannya sebagai tanaman yang paling banyak dicari.

Meskipun tanaman ini diklasifikasikan sebagai gulma di beberapa daerah lain, namun keindahan bunganya membuatnya tetap tampil memesona. Selain itu, tanaman ini juga biasa dijadikan sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit, batuk di antaranya. Baca di SINI

Jadi, sahabat hijau. Tanaman hias mana yang kamu punya?

KLIK INI:  Philodendron Variegated yang Lagi Booming dan Kontes Pertamanya di Indonesia