6 Rempah Ini Dipajang di Sulsel Expo, Klik dan Temukan Manfaatnya!

Publish by -32 kali dilihat
Penulis: Redaksi
6 Rempah Ini Dipajang di Sulsel Expo, Klik dan Temukan Manfaatnya!
Rempah yang dipajang di stand Dinas Perkebunan Sulsel/foto-Idris

Indonesia, negara sejuta rempah

Klikhijau.com – Stand pameran Dinas Perkebunan Provinsi Sulsel memang layak dikunjungi. Selain seduhan kopinya, ada pula koleksi beragam rempah.

Klikhijau mencoba mengidentifikasi jenis rempah yang dipajang dan memilih 6 jenis di antaranya yang familiar di telinga. Berikut 6 rempah tersebut dan penjelasan singkat mengenai manfaat di baliknya yang menarik diketahui.

  • Cengkih

Rempah satu ini mungkin paling familiar di telinga karena memang khas Indonesia. Cengkih. Juga familiar dengan istilah cengkih. Dengan rempah beraroma khas ini, kolonial Belanda tergiur masuk ke bumi nusantara dan menjajah kita. Dalam bahasa inggris, cengkih disebut cloves. Kuncup bunga kering beraroma tajam dari pohon Myrtaceae.

Negara-negara Eropa menggemari cengkih karena dijadikan bumbu masakan pedas. Sedangkan, di Indonesia dijadikan bahan baku pembuatan rokok. Pengetahuan tentang manfaat cengkih seringkali sebatas itu, tetapi dari berbagai sumber disebutkan betapa cengkih punya manfaat luar biasa untuk kesehatan. Beberapa diantaranya antara lain sebagai anti oksidan yang bermanfaat menghalau radikal bebas, membunuh bakteri jahat dalam tubuh, serta sebagai pengendali kadar gula darah.

  • Kakao

Walau berasal dari Amerika Selatan, Kakao sangat melimpah di Indonesia. Kakao bahkan menjadi sumber penghasilan paling penting bagi banyak petani di desa-desa. Biji kakao diolah sebagai bahan utama cokelat, makanan yang digemari segala usia.

Dirangkum dari berbagai sumber, kakao ternyata punya manfaat selangit. Selain dapat memperbaiki mood, kakao juga dapat mengobati penyakit jantung. Kandungan kakao juga dapat memelihara fungsi otak dan meningkatkan energi, serta memiliki sifat anti kanker.

  • Lada Hitam

Sama seperti kakao, lada hitam juga banyak dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Harganya yang cukup mahal memihat hati petani untuk menanamnya. Lada hitam familiar dengan sebutan merica. Rempah satu ini adalah bahan dasar bumbu dapur.

Rasanya yang pedas menohok mengundang gairah makan dan dibutuhkan di daerah bercuaca dingin. Selain rasanya yang khas, merica ternyata punya manfaat istimewa bagi kesehatan. Kandungan merica berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda yang tubuhnya berbobot berlebihan tak ada salahnya konsumsi merica. Di balik rasanya yang pedas tajam itu tenyata bermanfaat pula untuk memperlancar pencernaan dan meretas gejala batuk.

  • Pala

Seperti cengkih, pala juga tergolong rempah khas Indonesia yakni berasal dari Maluku. Perlu dicatat, ekstrak dari biji pala berkhasiat meningkatkan gairah seksual. Pala juga dapat dijadikan rempah anti bakteri serta dapat memperkuat fungsi jantung.

  • Kelapa Sawit

Pulau Kalimantan rasanya selalu identik dengan kelapa sawit. Potensi bisnis rempah satu ini dilirik oleh kelompok industri besar, sehingga perkembangannya kini telah menjangkau banyak daerah di Indonesia. Dari berbagai sumber disebutkan, kelapa sawit memiliki manfaat lain selain sebagai sumber minyak dan pelumas. Kandungan pala ternyata dapat mengurangi luka bakar dan dapat menetralkan rasa pedas.

  • Mete

Siapa tak menyukai mete? Rasanya yang gurih mengundang selera yang tidak membosankan. Mete mengandung karbohidrat, protein, lemak, Vitamin E, Vitamin B, zat besi, dan kalium. Kandungannya yang istimewa ini memberi khasiat penting bagi kesehatan antara lain dapat mencegah kurang darah, menjaga kesehatan tulang, memelihara kesehatan mata hingga mencegah batu empedu.

Itulah 6 jenis rempah yang diperkenalkan di stand Dinas Perkebunan Sulsel, masih banyak rempah lainnya. Indonesia memang kaya rempah dan kita wajib melestarikannya.

Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!