6 Racikan Pestisida Nabati Pengusir Hama dan Penyakit pada Tanaman Adenium

oleh -33 kali dilihat
6 Racikan Pestisida Nabati Pengusir Hama dan Penyakit pada Tanaman Adenium
Serangga belalang - Foto/Pixabay

Klikhijau.com Pestisida alami  atau pestisida nabati kini jadi solusi alami untuk mengusir hama dan penyakit pada tanaman. Selain berbiaya murah, pestisida nabati juga tidak menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan.

Seperti diketahui, pestisida kimiawi bahkan berdampak pada terjadinya keracunan pada manusia dan ternak. Data WHO menunjukkan, setiap tahunnya ada sekira 44.000 – 2.000.000 kasus keracunan yang terjadi di dunia akibat pestisida.

Selain itu, penggunaan pestisida membuat biaya produksi pertanian terus meningkat. Ketergantungan pada pestisida juga memicu kekebalan hama pada pestisida sehingga dosisnya terus naik setiap waktu.

Saat ini telah ditemukan bahan-bahan alami yang dapat mengendalikan populasi hama dan melawan penyakit pada tanaman. Racikan alami inilah yang kemudian dikenal dengan pestisida nabati.

Bahan-bahan alami tersebut antara lain serai, umbi bawang putih, kenikir, daun jarak dan lainnya. Selain murah, penggunaan pestisida alami tidak berisiko pada lingkungan.

Pestisida nabati juga memudahkan kita untuk bereksperimen dalam mengatasi hama. Artinya, pestisida alami dapat diberikan pada tanaman sesuai jenis dan karakter hama yang ada. Sebagai contoh, untuk mengusir semut yang menempel pada tanaman dapat diusir dengan menyemprotkan sari daun yang rasanya pahit seperti daun papaya.

Pestisida nabati untuk adenium

KLIK INI:  Inovasi Sorbos Ciptakan Sedotan yang Dapat Dimakan

Dikutip dari buku “Budidaya dan Bisnis Adenium” karya Sunardi dan Maloedyn Sitanggang (Agromedia, 2007), berikut ini ada 6 racikan pestisida nabati yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi hama dan penyakit pada tanaman adenium:

  • Air perasan bawang putih

Air perasan bawang putih  untuk mengendalikan hama kutu putih. Jika kutu putih melekat  erat pada tanaman, campurkan sedikit minyak kelapa pada ramuan ini.

  • Air rebusan cabai rawit

Air rebusan cabai rawit untuk mengusir berbagai serangga perusak tanaman. Rasa pedis pada cabai rawit diyakini tak disukai serangga.

  • Air rebusan tembakau

Aroma tembakau juga efektif dijadikan bahan alami pengusir hama dan penyakit pada tanaman adenium. Air rebusan tembakau dan teh dapat mengendalikan hama aphid.

  • Air rebusan daun kemangi dan daun pepaya

Aroma yang tajam pada daun kemangi juga tak diminati serangga, demikian pula dengan rasa pahit pada daun papaya. Racikan alami ini sangat cocok untuk diberikan pada tanaman adenium yang diserang serangga.

  • Air rendaman bunga kenikir

Air rendaman bunga kenikir dapat mengendalikan nematoda. Rendam bunga kenikir dengan air panas, biarkan selama semalam, lalu disaring. Namun, pastikan media tanam pada adenium adalah jenis yang mudah dilalui oleh air atau porous.

  • Air rendaman biji mimba

Air rendaman biji mimba untuk mengendalikan serangga, nematode dan jamur. Caranya mudah, tumbuk biji mimba, rendam air selama tiga hari, lalu siramkan ke tanaman adenium yang sakit.

Itulah 6 racikan alami pestisida alami yang dapat diberikan pada tanaman adenium sebagai pengganti pestisida kimiawi. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  3 Langkah Praktis Mencuci Sepatu Putih agar Tidak Menguning