6 Ide Mengemas Liburan Anak di Rumah yang Ramah Lingkungan

oleh -500 kali dilihat
6 Ide Mengemas Liburan Anak di Rumah yang Ramah Lingkungan
Memebersihkan, liburan di rumah yang ramah lingkungan/Foto-Ist
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Dunia sedang tidak baik-baik saja. Imbauan aktivitas di luar rumah agar dikurangi mulai disuarakan. Liburan di rumah pun diterapkan.

Imbuan tersebut dkeluarkan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, yang direspons dengan baik oleh dunia pendidikan, khususnya sekolah. Semisal Pemerintah Kota Makassar yang meliburkan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Tentu hal tersebut kurang menyenangkan bagi anak yang sering bermain di luar, yang setiap hari bermain di sekolah bersama teman-temannya, dan tiba-tiba harus tinggal di rumah. Mereka tentu akan merasa jenuh.

Namun, ada cara lain yang bisa dilakukan para orang tua agar buah hatinya betah di rumah. Tidak hanya membuat buah hati betah, tapi juga bisa membantu merawat lingkungan.

Caranya hanyalah mengemas liburan anak di rumah dengan ide dan kegiatan yang ramah lingkungan.

Berikut 6 hal yang bisa dilakukan orang tua agar selama liburan buah hatinya betah di rumah dan lebih mencintai lingkungan:

  • Berkebun

Jika punya halaman rumah, sebaiknya ajak anak Anda untuk ikut berkebun, misalnya menanam bunga. Cara ini bisa memberi hiburan bagi buah hati Anda, juga bisa membuat lebih bugar

Bagaimana jika tidak punya halaman, Anda bisa memanfaatkan botol plastik untuk dijadikan pot lalu ditanami bunga atau sayuran.

  • Ecobrick

Anak kecil biasanya suka jajan berupa kerupuk. Kerupuk rata-rata memiliki kemasan plastik, yang biasanya dibuang begitu saja mencemari lingkungan.

Saat pemerintah memberi libur sekolah di rumah, ada baiknya ajak buah hati Anda untuk membuat ecobrick.

Bahannya tidak rumit, kemasan plastik, gunting, botol plastik, dan kayu yang digunakan untuk memadatkan kemasan plastik yang telah digunting.

Caranya gunting kecil-kecil kemasan plastik lalu masukkan ke dalam botol. Kemudian gunakan kayu untuk menenak-nekan kemasan plastik tersebut hingga padat.

Kegiatan ini akan membuah buah hati Anda bermain sambil menjaga lingkungan. Tidak hanya itu, hasil kreasi tersebut bisa berubah menjadi uang.

  • Membuat kreasi dari sampah

Ecobrick hanyalah salah satu dari banyak kreasi dari sampah. Cobalah ajak buah hati Anda untuk membuat kreasi dari sampah, semisal bunga dan lainnya. Selain menyenangkan tentuk hal ini juga bermanfaat bagi lingkunga.

  • Membersihkan rumah

Membersihkan rumah bisa juga menjadi bagian dari olah raga. Selain sehat tentu rumah akan lebih indah ditatapi.

Membersihkan rumah bersama buah hati Anda adalah pilihan liburan yang menyenangkan di rumah. Selain itu, cara ini bisa tertanam dengan baik dalam diri anak untuk menjaga kebersihan.

  • Membuat mainan dari barang bekas

Mainan yang sering dimaini anak tidak semuanya harus dibeli. Cobalah ajak anak Anda membuat mainan dari barang bekas. Atau mainannya yang telah rusak bisa diperbaiki bersama agar bisa kembali berfungsi.

Membuat mainan dari barang bekas akan baik bagai daya imajinasi dan kreasi anak, juga tentu saja baik bagi lingkungan.

  • Hemat listrik dan air

Berada di rumah lebih lama bersama anak Anda, membuat Anda punya peluang besar untuk mengajarkannya cara hidup yang lebih hemat dan ramah lingkungan.

Semisal menggunakan air, Anda bisa mengontrol dan memberi contoh agar anak Anda tidak menggunakan air berlebihan. Pun demikian dengan listrik, Anda bisa memberi teladan dengan tidak menggunakan listrik berlebihan.

Selamat berlibur di rumah, semoga semuanya baik-baik saja