5 Tempat Wisata Air Terjun Alami di Gowa yang Layak Dikunjungi

Publish by -117 kali dilihat
Penulis: Redaksi
5 Tempat Wisata Air Terjun Alami di Gowa yang Layak Dikunjungi
Air Terjun Takapala di Gowa - Foto/SeratusNews

Klikhijau.com – Kabupaten Gowa memang kaya akan destinasi wisata alam karena kondisi alamnya yang memang mendukung. Tak hanya wisata Kota Bunga Malino yang sudah mendunia, sejumlah destinasi lain seperti permandian dan wisata air terjun tak kalah menariknya.

Kabupaten Gowa juga sangat potensial karena berbatasan langsung dengan Kota Makassar. Wisatawan lokal di Makassar seringkali menjadikan Gowa sebagai tempat berlibur dan menikmati suasana alami di tengah kehidupan kota yang pesat.

Bagi kamu yang tertarik dengan wisata berbasis alam, di Gowa lah tempatnya. Sebagai daerah dengan wilayah pegunungan yang luas, Gowa memiliki spot wisata air terjun alami yang tidak hanya instagramable, tetapi juga memberi kesan alami.

Klikhijau merangkum 5 tempat wisata air terjun di Gowa yang sedang populer karena eksotika alamnya dan tentu layak dikunjungi. Berikut daftarnya:

KLIK INI:  Permandian Bravo 45 Bulukumba dan Lelaki Misterius Bernama Suma'
  1. Air Terjun Parangloe
air terjun
Suasana di Parangloe – Foto/bintang_9Photography

Spot pertama adalah Air Terjun Parangloe yang terletak di Belapunranga Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Daya tarik spot satu ini adalah adanya susunan bebatuan yang menyerupai karya arsitektur klasik. Jelas ini sangat instagramable dan otentik.

Di sini juga kamu dapat menyemai suasana alamnya yang indah dengan udara sejuk dan tentu jauh dari kebisingan. Air terjun Parangloe sangatlah jernih, jadi sangat nyaman untuk mandi sembari menikmati desiran air langsung dari mata airnya.

Meski indah dan menggoda untuk dikunjungi, spot ini terbilang sulit dijangkau. Mengapa? Kamu harus melewati jalan setapak yang cukup terjal dan berbatu. Perlu berhati-hati saat melewatinya. Namun, rasa lelah aka terbayar dengan suasana alam selama perjalanan yang juga tak kalah menariknya.

KLIK INI:  Goa Hawang dan Lelaki yang Mematung Memegang Tombak di Maluku
  1. Air Terjun Cinta
air terjun cinta
Air Terjun Cinta di Gowa – Foto/Culturenesia

Namanya terbilang unik, air terjun cinta. Dari namanya, terbayang sudah betapa romantisnya tempat ini. Benar saja, spot ini memiliki kolam yang bentuknya seperti hati atau simbol “love”.

Hal menarik lainnya di tempat ini adalah kondisi alamnya yang masih perawan dan terjaga dengan baik. Air yang meluncur melewati tebing berbatu juga sangat jernih dan segar. Sensasi mandi-mandi di spot satu ini tiada duanya dan selalu dirindukan.

Sayangnya, destinasi ini tergolong baru dan belum cukup populer. Jadi, masih sangat sedikit yang menyambanginya. Padahal, suasananya yang adem dan tenang sangatlah dinantikan bagi kamu yang menyukai aktivitas meditasi di kesunyian.

Lokasinya berada di Tamalatea, Kecamatan Manuju, daerah yang juga dikenal sangat akrab dengan buah rambutan.

KLIK INI:  Potongan Surga di Pulau Tegal Mas Lampung
  1. Air Terjun Takapala
air terjun
Suasana di Tempat Wisata Takapala di Gowa – Foto/SeratusNews

Spot ini termasuk yang diminati wisatawan lokal. Daya tariknya terutama karena pemandangan air terjun yang mengalir diapit oleh tebing batu yang sangat tinggi. Hal ini membuatnya tampak sangat istimewa dan menakjubkan.

Saat matahari sedang terik di awal pagi jelang siang, kamu dapat menyimak lukisan pelangi indah yang berpendar di sekitarnya. Suasana alamnya sangat damai dan airnya yang jernih dan dingin membuat kamu tergoda bersimbah basah.

Lokasi spot satu ini ada di Bonto Lerung, Kecamatan Tinggimoncong yang memang terkenal dengan suasana dingin bahkan terkadang berkabut.

KLIK INI:  Lawan Covid-19, PT MHA Kembali Berbagi Masker di RS Syekh Yusuf Gowa
  1. Air Terjun Biroro
biroro
Suasana di Biroro di Gowa – Foto/Detik

Suasana alam dengan pepohonan dan kepungan ragam tanaman sangat terasa di tempat ini. Kesan alaminya memang benar-benar terasa dan itulah sensasinya di air terjun biroro.

Letaknya juga ada di Bonto Lerung, Tinggimoncong, jadi bila ke tempat ini, kamu juga sekaligus dapat berselancar ke Takapala.

  1. Air Terjun Danggang
air terjun
Danggang, destinasi di tengah sawah- Foto/Pinterest

Daya tarik di destinasi ini adalah lokasinya yang berada di tengah area persawahan milik petani di Sapaya. Keunikan lainnya adalah keberadaannya yang membelah aliran Sungai Jeneberang yang tentu menambah pesonanya.

Spot ini terletak di Kelurahan Sapaya, Kecamatan Bongaya, sebuah daerah yang menjadi bagian dari sejarah penting Kerajaan Gowa.

Untuk mencapai lokasi Danggang, kamu harus terlebih dulu menempuh perjalanan sekitar 54 km via darat (sekitar kurang dari dua jam) untuk sampai ke Desa Sapaya dari pusat kota Sungguminasa Gowa. Lalu, berjalan kaki sejauh 200 meter sembari menyusuri pematang sawah. Tak perlu cemas, sebab suasana pedesaan yang adem akan membuat rasa lelah tak terasa menderah tubuh.

Itulah 5 spot air alami dan permandian di Kabupaten Gowa yang sedang hits saat ini. Kapan kamu ke sana?

Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!