5 Manfaat yang Diperoleh dari Aktivitas Memilah Sampah di Rumah

oleh -200 kali dilihat
5 Manfaat yang Diperoleh dari Aktivitas Memilah Sampah di Rumah
Ilustrasi pilah sampah - Foto/Pixabay

Klikhijau.com Memilah sampah dari rumah merupakan satu kebiasaan baik yang mulai digandrungi banyak orang. Kebiasaan ini dinilai menjadi bagian penting dari upaya pengelolaan sampah yang efektif agar tidak jadi beban bagi lingkungan.

Sayangnya, banyak orang selalu berpikir “buat apa capek-capek memilah sampah, toh juga nanti tercampur juga”. Yah, pikiran ini ada benarnya di satu sisi. Namun, di sisi lain juga bisa dibalik bahwa dengan memilah sampah dari rumah justru akan memudahkan pekerjaan petugas sampah.

Toh juga sampah yang diambil lalu dicampur begitu saja di atas bak mobil, nantinya akan dipilah kembali oleh petugas sampah untuk memilah mana sampah bernilai ekonomi mana yang harus dibuang.

Jadi, memilah sampah di rumah sangatlah penting. Lho memang iya?

Mari kita bahas di artikel ini apa keuntungan atau manfaat yang bisa diperoleh dari kebiasaan memilah sampah di rumah. Setidaknya ada 5 hal yang Sahabat hijau bisa peroleh, simak penjelasannya berikut:

KLIK INI:  Electrolux Dukung Pola Makan Berkelanjutan dengan Produk “UltimateTaste”
  • Mengubah mindset

Memilah sampah di rumah adalah cara tepat untuk mulai membangun mindset positif bahwa sampah itu harus dikelola. Sampah adalah tanggungjawab setiap individu. Memilah sampah akan membuat kita memahami jenis-jenis sampah yang dihasilkan dan bagaimana menanganinya.

Secara perlahan kebiasaan memilah sampah akan menginspirasi kita untuk mengelola sampah yang dihasilkan. Bukan saja untuk kepentingan lingkungan, tetapi juga karena suatu kesadaran bahwa sampah memiliki nilai ekonomi yang bisa dikembangkan.

  • Mengedukasi anak-anak

Memilah sampah dari rumah adalah satu praktik pendidikan lingkungan yang bermanfaat bagi anak-anak. Dengan memilah sampah dari rumah, anak-anak akan mengetahui sejak dini tentang pentingnya kebersihan dan bagaimana mengelola sampah.

  • Mendapatkan nilai tambah

Dengan terbiasa memilah sampah di rumah, kita akan semakin memahami cara bijak mengelola sampah tanpa harus selalu dibuang. Sampah yang dihasilkan setiap hari di rumah sebagian besar sebetulnya memiliki nilai ekonomi atau dapat dimanfaatkan kembali.

Sebagai contoh sampah plastik dan sampah anorganik lainnya dapat dikumpul dan dibawa ke bank sampah untuk dikonversi menjadi rupiah. Selain itu, sampah organik juga dapat diolah menjadi pupuk organik yang dapat digunakan sebagai kompos atau pupuk cair yang menutrisi tanaman.

KLIK INI:  Buah Pisang Dapat Menurunkan Berat Badan, Benarkah?
  • Meringankan beban petugas sampah

Betapa pun juga sampah yang sudah terpilah di rumah akan memudahkan petugas sampah. Pertama, petugas sampah bisa memisahkan sampah anorganik yang kemudian bisa langsung dipisahkan tersendiri untuk pemilahan lebih lanjut. Memilah sampah di rumah akan membuat petugas sampah senang karena bebannya sedikit berkurang. Jangan lupa bahwa petugas sampah bukan pemulung sampah, mereka adalah petugas kebersihan yang sejatinya menjemput sampah dalam keadaan sudah terpilah.

  • Mengundang rasa bahagia

Salah satu aktivitas sehari-hari yang membahagiakan adalah membersihkan rumah. Bila rumah bersih, perasaan menjadi bahagia dan lebih nyaman. Selain itu, rumah yang bersih akan membuat penghuni rumah tentu lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Memilah sampah merupakan aktivitas setingkat lebih maju dari sekadar bersih-bersih rumah. Memilah sampah akan menumbuhkan sikap percaya diri rasa bahagia karena kita telah bertindak benar dalam menangani masalah sampah di rumah. Perlu diketahui pula bahwa dengan memilah sampah berarti kita telah berkontribusi terhadap dampak gas rumah kaca.

Itulah 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memilah sampah dari rumah, keren bukan? Jadi mulai sekarang jangan segan-segan memilah sampah dari rumah, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  'Low Technologi', Upaya Tekan Sampah Organik Berbasis Warga