5 Klub Kontestan Liga 1 Indonesia yang Jadikan Satwa sebagai Logo

oleh -4,663 kali dilihat
5 Klub Kontestan Liga 1 Indonesia yang Jadikan Satwa sebagai Logo
Logo Klub Liga 1 Indonesia 2020 yang terhenti karena pandemi Covid-19 - Foto/Ist

Klikhijau.com – Liga 1 Indonesia harus libur panjang. Jadwal kembalinya  masih penuh tanya, kapan?

Bagi pencinta sepak bola, tentu ada kerinduan menonton Liga 1 Indonesia. Karena itu merupakan kasta tertinggi sepak bola tanah air.

Sayangnya, kedatangan  Covid-19 memaksa penyelenggara Liga 1 menghentikan sementara. Sebab kesehatan jauh lebih penting daripada sepak bola. Apalagi supporter bola Indonesia terbilang antusias dan fanatik yang dikhawatirkan akan sulit dikendalikan.

Berhentinya Liga 1 Indonesia membuat banyak hal menarik ikut berhenti. Semisal kita tak lagi dengar komentar para komentator yang super heboh.

Demikian juga aksi perkelahian para pemain di lapangan (hmmm, selain nonton bola, terkadang kita juga nonton pertandingan tinju).

Tidak hanya itu,  liburnya Liga 1 Indonesia juga menyisakan banyak cerita. Salah satunya adalah stadion Mattoanging yang merupakan kandang PSM Makassar (sebelum dibongkar) menjadi kebun dadakan. Warga menanaminya sayur sayuran.

Namun meski berhenti, para klub kontestan tak kehilangan identitas, yakni logo klub. Nah, pada kesempatan ini,  Klikhijau akan mengulas 5 klub sepak bola tanah air yang bertarung di Liga 1 Indonesia pada musim 2020/2021 yang menjadikan satwa sebagai logo klub, yaitu:

KLIK INI:  BP2LHK Verifikasi Pemanfaatan Air di Taman Nasional Gandang Dewata
Arema Fc

Klub sepak bola asal Jawa Timur ini menjadikan kepala singa sebagai logo. Kepala singa menjadi unsur utama dari klub asal Malang ini.

Bukan kebetulan Arema FC memakai satwa singa sebagai logo. Singa merupakan lambang dari Kota Malang itu sendiri.

Selain sebagai lambang kota, Arema FC yang lahir pada tanggal 11 Agustus 1987. Termasuk klub yang berada pada naungan zodiak Leo.

Kita semua tahu, Leo sangat identik dengan singa. Jadi, selain menjadi menegakan sebagai tim dari Kota Malang, Arema FC juga menghargai singa sebagai lambang zodiak kelahirannya.

Singa yang sedang mengaum pada logo Arema FC, menggambarkan sifat ksatria dan berani bertarung memperebutkan titel juara Liga 1 Indonesia.

KLIK INI:  Bayi Mungil Owa Jawa Lahir di Konservasi Gunung Pangarango
Persela Lamongan

Laskar Joko Tinggir merupakan julukan yang disematkan kepada Persela Lamongan. Nama Persela sendiri sesungguhnya adalah singkatan dari Persatuan Sepak Bola Lamongan.

Sama seperti Arema FC, Persela juga merupakan klub yang berasal dari Jawa Timur. Klub ini berdiri pada tangga 18 April 1967.

Persela menggunakan satwa lumba-lumba sebagai identitas yang terpasang manis pada logonya.

Lumba-lumba  merupakan satwa khas yang terdapat di pantai utara Lamongan. Pemilihan satwa ini diharapkan agar Persela bisa melahirkan bibit-bibit unggul yang cerdas dalam sepak bola.

Itu sesuai dengan logo klub, lumba-lumba  dianggap sebagai hewan yang cerdas dan lincah. Karena itu pemain persela diharapkan memiliki kecerdasan dalam bermain bolah dan kelincahan mengocek sikulit bundar.

Selain lumba-lumba, Persela juga menggunakan ikan lele pada logonya. Ikan jenis ini bagi masyarakat Lamongan merupakan hewan yang dikeramatkan dan dilindungi serta dilarang di makan, khususnya di Kecamatan Glagah, Lamongan.

KLIK INI:  Harpy, Burung Elang Terbesar di Dunia yang Nyaris Punah
Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya, klub yang memiliki suporter fanatik bernama Bonek ini. Merupakan klub ibu kota, yakni kota Surabaya—ibu kota Jawa Timur.

Klub ini menggunakan logo ikan hiu dan buaya. Kedua hewan tersebut merupakan  lambang  Kota Surabaya.

Oya, Persebaya Surabaya termasuk salah satu klub tertua di Indonesia. Persebaya berdiri pada pada 18 Juni 1927 dengan nama asalnya adalah Soerabajasche Indische Voetbal Bond (SIVB).

Borneo FC  

Tak hanya Jawa Timur saja yang memiliki klub berlogo satwa. Namun juga Kalimantan timur, yakni Borneo FC.

Klub itu bermarkas di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Para pendukung Borneo FC berjuluk Pusamania .

KLIK INI:  Kukang, Si Mungil Manja dan 5 Fakta Unik Tentangnya

Orange merupakan warna kebesaran Borneo FC. Klub ini termasuk klub yng masih mudah, berdiri pada tanggal  7 Maret 2014.

Sebagai kontestan yang berlaga pada kompetisi di Liga 1. Klub yang memiliki julakan Pesut Etam ini menggunakan pesut sebagai logo.

Pesut merupakan ikan khas Samarinda yang biasa disebut lumba-lumba air tawar.

Madura United

Sapi, merupakan gambar hewan yang terdapat pada logo Madura United.  Penggunaan sapi sebagai logo adalah upaya Madura United melestarikan kearifan lokal Madura.

Masyarakat Madura sangat lekat dan terkenal dengan karapan sapi. Hal itu pula yang membuat klub ini berjuluk Laskar Sape Kerrap

Sahabat hijau, itulah 5 kontestan Liga 1 Indonesia yang menggunakan satwa atau hewan sebagai logo klub mereka.

KLIK INI:  Samsudin, Pendongeng Keliling yang Mengedukasi Pelestarian Satwa Langka