5 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur yang Bernilai Positif bagi Lingkungan

oleh -76 kali dilihat
5 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur yang Bernilai Positif bagi Lingkungan
Ilustrasi - Foto/ Kalegin Michail on Unsplash

Klikhijau.com – Tanpa disadari kebiasaan kita sehari-hari memiliki dampak pada lingkungan, ada yang positif dan tentu bisa negatif atau merugikan. Tak jarang kebiasaan kita sehari-hari menjadi sesuatu yang akumulatif dan perlahan berdampak pada kualitas lingkungan.

Sebagai contoh, bekerja larut malam dengan memakai komputer duduk tentu boros energi. Karenanya perlu diganti dengan laptop yang lebih hemat energi.

Nah, ada banyak lagi hal-hal ringan yang tanpa disadari membebani lingkungan. Kebiasaan-kebiasaan itu tetap dipertahankan karena kita merasa baik-baik saja. Padahal, kebiasaan itu berdampak buruk pada lingkungan.

Oleh sebab itu, amat penting menyadari apa saja dampak dari aktivitas kita sehari-hari, utamanya di malam hari. Seperti diketahui, waktu malam hari memungkinkan kita berada di rumah dan melakukan sesuatu yang berurusan dengan konsumsi maupun penggunaan energi.

Jadi, agar aktivitas kita sebelum tidur memiliki manfaat bagi lingkungan, perlulah kita memulai melakukan kebiasaan baik yang bernilai positif pada lingkungan. Apa saja?

KLIK INI:  Selain Sehat dan Ramah Lingkungan, Ini 9 Manfaat Bersepeda Menurut Penelitian!
Kebiasaan baik sebelum tidur

Tidur di malam hari adalah kebutuhan dasar setiap orang. Tak sedikit orang yang memanfaatkan waktu malam hari sebelum tidur untuk beraktivitas seperti menonton televisi, bekerja secara online atau diskusi santai dengan keluarga atau tetangga.

Berikut ini, setidaknya 5 kebiasaan baik sebelum tidur yang kelihatannya sederhana tetapi punya dampak positif bagi lingkungan:

  • Matikan lampu yang tidak fungsional

Penggunaan lampu di rumah cenderung lebih besar di malam hari bahkan dinyalakan bersamaan. Harapannya tentu agar seluruh ruangan dalam rumah dapat bersinar terang benderang.

Tanpa disadari kebiasaan ini sangat boros energi dan tidak ramah lingkungan. Kebiasaan ini berlarut-larut sepanjang masa karena umumnya kita tak berpikir bahwa ini kebiasaan buruk. Toh juga yang membayar tagihan listrik jadi tanggungjawab sendiri.

Padahal boros energi jelas tidak baik, selain itu polusi cahaya di malam hari juga berdampak pada kebiasaan pemilik rumah untuk melek di malam hari.

KLIK INI:  Sustainability Festival 2021, Bahas Praktik Bisnis Ramah Lingkungan

Oleh sebab itu, tak ada salahnya membiasakan diri mematikan lampu di malam hari bila sudah tidak penting. Kondisi ruang yang gelap juga bisa jadi pemantik untuk kita tidur lebih cepat, sehingga berdampak pula pada kualitas kesehatan kita.

  • Mengurangi aktivitas malam hari

Sejatinya malam hari dimanfaatkan untuk sepenuhnya istirahat. Jadi, bila tak ada sesuatu yang mendesak dikerjakan, sebaiknya tidak perlu melakukan hal-hal yang tidak substansi di malam hari.

Misalnya menghindari aktivitas main game hingga larut malam atau begadang menonton tv. Mengurangi aktivitas malam tentu akan meminimalkan penggunaan energi dan menghindari aktivitas fisik yang dapat mengganggu kesehatan.

Tidur lebih cepat tentu lebih baik dan juga ramah lingkungan.

  • Mengurangi porsi makan malam

Sejumlah pakar kesehatan menyarankan untuk tidak terlalu banyak konsumsi makanan di malam hari. Selain tak baik bagi kesehatan, makan dengan porsi berlebihan di malam hari akan menambah beban penggunaan sumber daya dan memperbesar produksi sampah rumah tangga.

Mengurangi porsi makan di malam hari bisa dijadikan kebiasaan positif yang berdampak penting bagi kesehatan dan lingkungan. Ini memang tidak mudah, sebab seringkali suasana malam memancing kita untuk makan dan makan. Jadi, tidak ada salahnya pelan-pelan memulai kebiasaan baru demi kesehatan dan lingkungan.

KLIK INI:  Ini Alasan Mengapa Para Pengusaha Wajib Mengedepankan Aspek Lingkungan?
  • Periksa semua celokan listrik

Aktivitas malam hari yang tinggi memungkinkan celokan listrik cenderung banyak difungsikan untuk mengisi baterai handphone atau laptop. Karena kelelahan atau karena cuek, celokan tersebut terlupakan untuk dilepaskan.

Kebiasaan ini tidaklah baik, sebab sangat boros energi dan mengancam keawetan benda-benda elektronik kita di rumah. Mulailah terbiasa memeriksa semua celokan sebelum tidur.

  • Perhatikan lampu kamar mandi dan kran air

Lampu kamar mandi sebaiknya dimatikan saat keluar kamar mandi. Sayangnya, kebiasaan ini jarang dilakukan karena mungkin dianggap sepele dan tak ada dampaknya.

Padahal mematikan lampu kamar mandi setelah keluar merupakan satu kebiasaan baik yang hemat energi. Selain lampu kamar mandi, kran air juga perlu diperhatikan.

Pastikan tidur malam Anda lebih lelap dengan tidak meninggalkan lampu menyala sendiri atau kran air terus melepaskan air tiada henti.

Itulah 5 kebiasaan baik yang bernilai positif pada lingkungan, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan yah!

KLIK INI:  Semut Sering Mengerumuni Makanan Anda? Usir Pakai Cara Ini