5 Kampus Paling Ramah Lingkungan dan Cara Mereka Menangani Sampahnya

oleh -24 kali dilihat
5 Kampus Paling Ramah Lingkungan dan Cara Mereka Menangani Sampahnya
Ilustrasi - Foto/ Cole Parsons on Unsplash

Klikhijau.com – Kampus-kampus di dunia kini ikut aktif melakukan perubahan dalam menata lingkungannya. Ini positif sesungguhnya dan tentu bisa berdampak luas pada masyarakat dan komunitas lainnya.

Perguruan tinggi di dunia kini bersaing dalam implementasi 17 poin Sustainable Development Goals (SDGs) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Salah diantaranya adalah SDG 12 yang berkaitan dengan konsumsi dan produksi bertanggung jawab pada lingkungan. Termasuk di dalamnya, bagaimana kampus mengelola sampahnya dalam bentuk daur ulang.

Times Higher Education atau THE Impact Ranking merilis daftar kampus di dunia yang berdedikasi dalam mengurangi sampah plastik, mengurangi barang sekali pakai, melalukan daur ulang, dan penerapan kebijakan ethical goods.

Dari penilaian yang dilakukan, inilah  5 kampus terbaik di dunia berdasarkan penilaian THE Impact Rangkings dalam responsnya terkait lingkungan.

KLIK INI:  Anak Muda sebagai Penentu Kualitas Lingkungan Masa Depan
5 Kampus paling ramah lingkungan

Berdasarkan The Impact Rangkings, berikut 5 kampus yang dinilai paling menerapkan konsep ramah lingkungan:

  1. University of Manchester

University of Manchester adalah perguruan tinggi peringkat pertama sebagai kampus paling ramah lingkungan versi THE Impact Rankings. Kampus ini dinilai sukses menerapkan komitmen pada SDG 12 dengan melakukan sejumlah riset di bidang yang relevan.

Riset-riset tersebut mencakup soal produksi bahan kimia, pengelolaan limbah, dan keberlanjutan (sustainability) di ranah rumah tangga.

Di festival musik kampus ini, The Bluedot, diterapkan kebijakan bebas plastik sekali pakai (single use). Warga kampus juga aktif melakukan daur ulang sampahnya, menginisiasi skema berbagi mobil (car-sharing), menyediakan pelatih untuk pengunjung festival, mengumpulkan semua sisa makanan untuk bahan kompos, dan menyiapkan stasiun pengisian air gratis pada acara ini.

Kampus ini juga berkomitmen untuk memakai pemasok lokal berbagai kebutuhan agar mengurangi jejak karbon. Para mahasiswa juga diminta untuk belajar mendalam tentang konsumsi yang lebih bertanggung jawab.

KLIK INI:  Diedintifikasi Sebagai Individu Baru Harimau Sumatera, Supik "Dikawal" Dua Pejantan
  1. University of Newcastle

University of Newcastle telah menerapkan sistem tata kelola sampah berkelanjutan dan menjalankan prinsip 3R, yakni reduce, reuse, and recycle, atau “kurangi, gunakan kembali, daur ulang”.

Peraih peringkat kedua kampus paling ramah lingkungan THE Impact Rankings ini rutin menggelar lokakarya untuk para mahasiswa tentang keberlanjutan, termasuk tentang cara menerapkan aspek sustainability dalam aktivitas sehari-hari.

Para mahasiswa di kampus ini juga dilibatkan diantaranya dengan mengeksplorasi ide atau model-model kampanye gaya hidup ramah lingkungan. Mahasiswa juga aktif berdiskusi dan menerapkan proyek keberlanjutan di kampus antara lain EcoSoc, Newcastle Food Co-op, dan Bee Society.

  1. Universitas College Cork

University College Cork merupakan kampus yang berhasil mengurangi emisi karbon hingga 36 persen. Capaian ini telah dilakukan dengan penerapan Green Campus sejak 2007.

Peringkat ketiga kampus paling ramah lingkungan ini juga berhasil mengurangi tonase limbah sebesar 25 persen.

KLIK INI:  Philodendron, Selain Mahal dan Eksotik Punya Manfaat Besar bagi Kesehatan

Gerakan universitas ramah lingkungan ini tidak hanya dijalankan pihak kampus,tetapi seluruh civitas akademiknya, termasuk mahasiswa.

Mereka rutin menggelar diskusi tentang ide dan kampanye agar seluruh civitas akademika memiliki kepedulian tinggi pada lingkungan.

Pada tahun 2018, sekira 8.000 mahasiswa kampus ini bahkan telah menandatangani petisi untuk mendorong kampusnya bebas dari plastik sekali pakai pada tahun 2023.

Kampus pun meluncurkan kafe bebas plastik pertama di area perguruan tinggi di Irlandia. Botol plastik diganti botol kaca, lalu makanan, peralatan makan, atau saus juga tidak disediakan dalam bungkus saset. Kafe ini juga memakai sistem air mancur yang terintegrasi.

  1. Arizona State University (Tempe)

Arizona State University berada di peringkat keempat kampus paling ramah lingkungan THE Impact Rankings bersama Manchester Metropolitan University. College of Global Futures di Arizona State University memberdayakan mahasiswanya untuk berinovasi dan membuat dampak jangka panjang dalam keberlanjutan.

KLIK INI:  Bersama P3E Suma, Unismuh Makassar Menuju Kampus Berwawasan Lingkungan

Kampus ini dipisahkan menjadi tiga wilayah, salah satunya adalah School of Sustainability.

Di School of Sustainability, siswa belajar banyak hal antara lain sistem pangan berkelanjutan, energi berkelanjutan, dan manajemen keberlanjutan.

Siswa juga didorong untuk melakukan penelitian yang berfokus pada keberlanjutan atau untuk melakukan magang keberlanjutan.

Perkumpulan mahasiswa tentang keberlanjutan di kampus ini termasuk Sustainabilibuddies, Campus Student Sustainability Initiatives, dan Green Light Solutions.

  1. Universitas Metropolitan Manchester

Manchester Metropolitan University pada April 2021 melounching kampanye “Give It, Don’t Bin It” (berikan, jangan dibuang).

Gerakan ini mendorong siswa untuk menyumbangkan barang-barang yang tidak diinginkan dan sisa makanan kepada mitra amal, termasuk British Heart Foundation dan Manchester Central Food Bank.

Bank dan kotak sumbangan “Give It, Don’t Bin It” terletak di seluruh kampus, sehingga memungkinkan semua mahasiswa terlibat. Kampus juga mendorong program Sustainability Ambassador atau duta keberlanjutan sampai Climate and Social Action Week.

Para mahasiswa juga menjalankan toko tukar (swap shop), tempat bertukar pakaian satu sama lain. Ada juga MetMUnch, jaringan mahasiswa yang fokusnya membuat pelatihan tentang makanan, nutrisi, dan keberlanjutan. Keren kan?

Itulah kampus-kampus di dunia yang sangat ramah lingkungan, bagaimana dengan kampus Anda Sahabat Hijau?

KLIK INI:  Penanganan Bencana Berbasis DAS Jadi Prioritas KLHK