5 Jenis Hama Pengganggu Tanaman Hias Aglonema dan Cara Mengatasinya

Publish by -4.160 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Berkenalan dengan Aglonema Sang Ratu Daun, Primadona Ibu-Ibu Muda
Koleksi tanaman aglonema - Foto/Ella

Klikhijau.com –  Tanaman hias aglonema ini menjadi tanaman hias favorit. Corak warna daunnya yang indah jadi salah satu alasannya.

Meski indah, tanaman  ini cukup berbahaya sebab mengandung racun. Aglonema atau seri reseki atau chinese evergreens memiliki daya tahan hidup yang tangguh.

Tanaman hias aglonema mudah tumbuh,  baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Namun, tempat yang paling disukai adalah tempat yang teduh

Tanaman bernama latin aglaonema modestum ini sama seperti tanaman lainnya yang tak bisa lepas dari ancaman hama, meski agak jarang dihinggapi.

KLIK INI:  Bunga Kenop, Tanaman Hias yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Pun jika dihinggapi, hamanya tidak berpotensi mematikan tanaman hias aglonema. Hanya membuatnya kurang subur

Setidaknya ada 5 jenis hama yang bisa menyerang tanaman ini, seperti dilansir dari CNN, ini 5 hama tersebut dan cara mengatasinya

  • Kutu daun

Aglonema yang terkena hama jenis kutu daun membuat pertumbuhannya terhambat karena daunnya mudah rusak.

Kutu daun adalah jenis hama yang suka  berada di bagian bawah daun dan bertubuh lunak.  Untuk bertahan hidup hama ini akan  memakan cairan vital yang mengalir pada daun aglonema.

Cara membaski kutu daun terbilang mudah,  kamu hanya perlu menyekanya   dengan bola kapas yang dibaluri alkohol.

Namun, jika serangan kutu daun telah parah bisa menggunakan  sabun insektisida untuk mengatasinya.

KLIK INI:  Laris Manis, 7 Jenis Bunga Ini Paling Diburu di Makassar!
  • Nematoda

Hama jenis ini biasanya terdapat pada pada akar. Jadi, nematoda  menyerang aglonema  dengan cara memakan akarnya.

Aglonema yang sering mendapat serangan hama jenis ini adalah yang berada di luar ruangan. Untuk mengatasinya  gunakan mensteril 12 inci teratas tanah dengan solarisasi atau sinar matahari.

Setelah itu, area tanah kemudian dibasahi dan ditutup dengan plastik bening atau terpal selama 4-6 minggu.

Hal ini paling cocok dilakukan pada musim kemarau, sebab  setelah suhu tanah naik selama kurang 30 menit. nematoda akan mati.

  • Tungau laba-laba

Ukuran tungau laba-laba  kecil. Kehadirannya  sulit dilihat mata. Hama jenis ini paling suka menempel  pada batang dan daun.

Jika sudah menempel, hama ini akan  memakan isi sel tanaman. Itu menyebabkan tanaman kurang sehat.

Tungau laba-laba memiliki beragam warna, ada yang  hijau, merah, kuning, coklat atau oranye. Hama ini menyukai udara kering, sehingga umumnya tumbuh subur di dalam ruangan.

KLIK INI:  Monstera Deliciosa, Tanaman Hias Mewah dengan Buah Lezat yang Misterius

Ciri-ciri tanaman yang dimakan tungau laba-laba adalah  daun akan  mengeluarkan bintik-bintik dan berubah warna. Jika diserang cukup parah, daun akan berubah warna menjadi kuning dan layu.

Cara membasmi hama jenis ini, yakni dengan menyeka dengan lap basah. Daun yang sudah layu bisa diobati dengan minyak hortikultura dan sabun insektisida.

Karena hama ini menyukai udara yang kering, maka aglonema yang sering disiram bisa terhindar darai hama tungau laba-laba.

  •  Kutu busuk

Warnanya putih  menyerupai kapas. Senang   berkumpul di batang dan daun. Hama ini menyedot getah tanaman dan memasukkan stilet ke dalam tubuh.

Ciri-ciri tanaman  aglonema yang diserang hama ini,  daun akan mulai berubah warna dan rontok. Kutu putih yang sudah dewasa juga dapat ditemukan terbang mengelilingi tanaman.

Cara membasminya, gunakan bola kapas yang dilumuri alkohol dan seka hama dari tubuh tanaman.

  •  Kutu sisik

Biasanya jika hama ini menyerang akan diabaikan saja. Kehadirannya kurang diperhatikan. Padahal bisa membuat aglonema kurang sehat.

Kutu sisik terlihat seperti benjolan kecil yang bergerak melintasi daun dan batang tanaman. Hama ini memakan getah floem dan menyebabkan cabang mati, tanaman gundul dan penurunan vitalitas.

Cara membasmi hama ini, kamu bisa menggunakan  minyak hortikultura atau sabun insektisida.

Itulah jenis hama yang bisa menyerang tanaman aglonema dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

KLIK INI:  Lidah Mertua Berbunga? Temukan Pesona dan Berjuta Manfaatnya!
Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!