5 Ide Kreatif dan Ramah Lingkungan Merayakan Ulang Tahun Perusahaan

oleh -1.531 kali dilihat
5 Ide Kreatif dan Ramah Lingkungan Merayakan Ulang Tahun Perusahaan
Ilustrasi - Foto/ profivideos dari Pixabay

Klikhijau.com – Merayakan ulang tahun berdirinya sebuah perusahaan tentu sangat penting. Selain sebagai momen refleksi atas jejak perjalanan, merayakan ulang tahun perusahaan juga bagian dari rasa syukur atas perjalanan kesuksesan.

Ada beragam kegiatan atau kreasi yang kerap dilakukan dalam rangka ulang tahun perusahaan. Mulai dari membuat acara resmi, pesta, perlombaan, acara sosial dan lainnya. Semua kegiatan yang digelar tentunya dimaksudkan untuk merayakan kegembiraan semua karyawan sekaligus mensolidkan segenap tim kerja, demi kejayaan perusahaan.

Perayaan ulang tahun perusahaan juga bisa jadi ajang evaluasi atas kelebihan dan kekurangan, termasuk pencapaian yang telah diraih. Maka, wajarlah bila setiap perusahaan berupaya merayakan hari jadinya semaksimal dan semeriah mungkin.

Selain pesta syukuran dengan makan bersama, membagikan sesuatu pada masyarakat dan keluarga karyawan juga tak pernah lepas dari nuansa perayaan ulang tahun perusahaan. Sayangnya, tak jarang perayaan yang sifatnya monoton akan membuat banyak orang bosan. Karenanya, ide kreatif diperlukan agar ada nuansa baru yang mungkin kekinian dan berdampak lebih luas pada masyarakat.

Bila sudah begitu, tak ada salahnya mencoba ide kreatif yakni perayaan ulang tahun perusahaan yang sekaligus ramah lingkungan. Penasaran apa saja? Berikut 5 ide kreatif yang bisa Anda coba:

KLIK INI:  Begini Bentuk Kepedulian Artis Hollywood Kate Hudson Terhadap Lingkungan
  • Aksi menanam

Aksi menanam dapat menjadi satu item acara ulang tahun perusahaan yang tentu bermanfaat pada keberlanjutan. Penanaman yang digelar dapat berupa pohon produktif, pohon pelindung maupun mangrove.

Prosesi penanaman juga dapat mengedukasi para karyawan tentang pentingnya pelestarian lingkungan dengan menanam. Selain itu, menanam memiliki makna filosofis mendalam yakni tentang upaya saling menumbuhkan—suatu filosofi yang penting dibangun dalam suatu bisnis.

Anda mungkin dapat mengajak komunitas lainnya dalam aksi penanaman. Dengan demikian, penanaman yang dilakukan memiliki dampak lebih luas bagi secara sosial maupun lingkungan.

  • Fellowship jurnalisme lingkungan

Memberikan dukungan dana berupa fellowship pada wartawan atau penulis kerapkali hanya dilakukan oleh pada donator besar atau perusahaan besar. Ide ini agak kurang populer, tetapi sebenarnya sangat menarik dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam berkontribusi secara luas.

KLIK INI:  Kurangi Pencemaran Udara, KLHK Perkenalkan Konsep dan Manfaat Eco Driving

Perusahaan dapat memilih tema lingkungan dalam fellowship tersebut dan melibatkan pernulis dan wartawan. Ada beberapa isu relevan dan kekinian yang dapat diangkat antara lain perubahan iklim, pangan, krisis air, gaya hidup ramah lingkungan dan lainnya.

Pembiayaan untuk program semacam ini tidaklah besar dan lebih pada akomodasi dan kebutuhan selama proses liputan dan penulisan. Karya-karya jurnalisme lingkungan yang dihasilkan dapat dipublikasi dan memberi dampak pada edukasi lingkungan.

  • Perlombaan daur ulang

Membuat ajang perlombaan daur ulang sampah juga menarik jadi satu acara dalam memeriahkan ulang tahun perusahaan. Kegiatan ini dapat melibatkan masyarakat seperti pegiat bank sampah dan para siswa di sekolah.

Perlombaan daur ulang akan mendorong semangat pengelolaan sampah plastik. Perusahaan juga dapat memediasi edukasi dan trik daur ulang pada peserta untuk menambah wawasan peserta. Kegiatan semacam ini akan sangat bermanfaat bagi perusahaan karena memiliki dampak langsung pada keterlibatan masyarakat dalam kreasi daur ulang.

KLIK INI:  Ini Tips Berkemah HUT Kemedekaan RI Tanpa Plastik
  • Lomba mewarnai

Lomba menggambar dan mewarnai alam untuk anak-anak TK dan SD sangat menarik dijadikan satu kegiatan meramaikan ulang tahun perusahaan. Perlombaan ini bisa merangsang kesadaran anak-anak untuk dekat dengan alam sejak dini.

Tema lomba juga bisa dikaitkan dengan produk perusahaan. Misalnya, bila perusahaan Anda menjual produk berupa pakaian, maka tema sustainable fashion mungkin bisa jadi topik lomba.

  • Lomba foto flora fauna

Ekspedisi flora dan fauna di satu lokasi wisata alam juga bagus untuk satu event perayaan ulang tahun. Kegiatan ini bisa melibatkan karyawan sendiri atau masyarakat luas. Lomba foto memiliki manfaat luar biasa dalam membangun kesadaran konservasi.

Demikianlah 5 ide kegiatan ramah lingkungan yang dapat dijadikan satu sesi pada perayaan ulang tahun perusahaan. Selamat mencoba!

KLIK INI:  Hobi Memancing Ikan? Perhatikan Ini Agar Lebih Ramah Lingkungan!