5 Hal yang Perlu Diperhatikan pada Tanaman Pasca Mudik Lebaran

oleh -26 kali dilihat
5 Hal yang Perlu Diperhatikan pada Tanaman Pasca Mudik Lebaran
Ilustrasi perlengkapan penyiraman tanaman - Foto/Pixabay

Klikhijau.com Mudik lebaran tahun ini terbilang lumayan panjang. Ini tentu satu pengalaman menggembirakan usai dua tahun berturut-turut arus mudik dibatasi karena pademi.

Namun, bagi kamu yang memiliki tanaman di rumah dan terpaksa ditinggal selama dua hari atau lebih, situasi ini tentu bikin was-was di satu sisi.

Tanaman yang ditinggal tanpa perhatian khusus berisiko akan terganggu, meski beberapa jenis tanaman diketahui dapat tumbuh bebas tanpa perhatian intensif.

Agar rasa was-was tidak menahun, ada baiknya mengetahui langkah tepat menangani tanaman yang ditinggal berhari-hari karena mudik lebaran.

Berikut ini, setidaknya ada 5 hal yang perlu diamati secara seksama pada tanaman usai ditinggal berhari-hari:

KLIK INI:  Tanaman Bisa Mendengar dengan Baik Meski Tak Punya Telinga
  • Perhatikan dedaun tanaman

Kondisi tanaman apakah sehat atau tidak akan Nampak pada daunnya. Amati secara detail dedaun tanaman kamu, apakah ada yang menguning karena paparan sinar matahari berlebih. Atau ada yang rusak karena gangguan binatang tertentu.

Tanaman yang kekurangan air karena rutinitas penyiraman yang absen berhari-hari juga akan menampakkan diri melalui daunnya. Daun tanaman akan layu bahkan mati.

  • Periksa permukaan tanah

Tanah dalam pot akan sangat mudah dikenali apakah masih bagus atau sudah saatnya dilakukan repotting.  Bila ada tanaman yang tanahnya mulai mengeras, itu pertanda harus ada tindakan untuk mengganti pot dan media tanam.

  • Amati posisi tanaman

Ada baiknya memiliki pengamatan yang bagus sebelum mudik, sehingga begitu pulang ke rumah kamu dapat mengidentifikasi posisi tanaman. Apakah ada yang terjatuh atau tergeser karena angina atau karena hujan.

Segera perbaiki kondisi tanaman ke posisi semula agar pertumbuhannya tetap berjalan baik.

  • Segera menyiram tanaman

Lakukan segera penyiraman pada tanaman andai kamu tiba di rumah di jam yang tepat. Misal, kamu tiba di waktu pagi antara jam 06.00 – 09.00. Waktu ini sangat efektif untuk segera dilakukan penyiraman.

Tunda penyiraman terlebuh dahulu bila kamu tiba di rumah di siang hari dan matahari sedang terik. Hal itu karena dapat membahayakan kesehatan tanaman.

  • Lakukan pembersihan dan penataan

Lakukan pembersihan secara menyeluruh agar penampilan tanaman tetap terjaga pasca mudik lebaran. Tata kembali posisi tanaman agar lebih fresh sehingga nilai estetikanya tetap terjaga.

Itulah lima upaya sederhana yang bisa dilakukan dalam menata tanaman usai mudik lebaran. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Daun Melinjo Kaya Manfaat, Anti Aging hingga Meredakan Diare