5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan agar Tetap Terhubung dengan Isu-isu Lingkungan

oleh -35 kali dilihat
5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan agar Tetap Terhubung dengan Isu-isu Lingkungan
Ilustrasi aksi peduli lingkungan - Foto/Markus Spiske di Unsplash

Klikhijau.com – Bentuk kepeduliaan pada lingkungan dapat dimulai dari ketertarikan untuk intens mengikuti isu-isu lingkungan. Dari sinilah, mata dan pikiran kita dapat terbuka lebar untuk melihat apa sebenarnya yang terjadi serta bagaimana kita berkontribusi.

Aktivitas keseharian yang padat pada pekerjaan, profesi dan bisnis yang dijalani sangat mungkin membuat kita absen dalam mengamati masalah di sekitar kita. Kita baru tersadar saat ada dampak lingkungan yang terjadi secara faktual. Atau saat secara tiba-tiba kita menemukan artikel atau berita yang menyanjikan tentang ancaman krisis iklim dan sebagainya.

Apakah planet ini sedang baik-baik saja? Tidak sepenuhnya baik-baik saja dan karenanya memerlukan kepedulian tinggi.

Kepedulian akan membangkitkan kesadaran untuk mengambil sikap dan keputusan yang perpihak pada perbaikan kualitas lingkungan.

Tindakan atau aksi-aksi berpihak dapat dilakukan mulai dari diri sendiri, komunitas dan menularkan pada yang lain. Sedangkan di level kebijakan, tindakan itu dapat diambil melalui keputusan politik yang menimbang dimensi ekologi sebagai basis utama suatu kebijakan.

Di sinilah pentingnya kita senantiasa terhubung pada isu-isu lingkungan. Lalu, bagaimana agar kita tetap menjadi pribadi dekat dan tak absen lagi dengan masalah lingkungan? Kami merangkum 5 hal berikut yang bisa kamu lakukan:

KLIK INI:  7 Cara Alami Membasmi Lalat Buah di Rumah tanpa Bahan Berbahaya  
  • Intens baca artikel lingkungan

Sejumlah media saat ini mulai intens menerbitkan artikel-artikel tema lingkungan. Namun, untuk isu-isu yang lebih mendalam, telah ada pula beberapa media yang secara spesifik memang mengangkat isu spesifik.

Kamu bisa berselancar pada situs berita lingkungan setiap saat dan menemukan informasi dan inspirasi di sana. Semakin banyak informasi, tentu akan memperkuat pemahaman kamu tentang lingkungan. Jangan lupa mengaktifkan notifikasi layanan untuk media berbasis online agar kamu tidak ketinggalan update beritanya.

  • Ikuti komunitas lingkungan di sosial media

Ragam informasi dan inspirasi hijau saat ini dapat dijumpai di sosial media seperti Instagram, Twitter hingga Youtube. Kamu bisa mengikuti tagar khusus yang ada kaitannya dengan lingkungan dan temukan isu-isu spesifik di sana.

Misalnya isu-isu flora dan fauna, isu pengelolaan sampah, urban farming dan lainnya. Ada ribuan orang terhubung satu sama lain di isu tersebut. Kamu bisa menemukan semangat dan energi positif dengan keseringan membuka dan melihat postingan-postingan mereka.

KLIK INI:  Wajib Dicoba, 4 Cara Ini Ampuh Usir Hama pada Tanaman Aglaonema dan Caladium!
  • Berjejaring dengan komunitas lingkungan
isu lingkungan
Ilustrasi – Foto/ Markus Spiske di Unsplash

Ada banyak komunitas peduli lingkungan yang umumnya dimotori oleh anak-anak muda. Kamu bisa berjejaring dengan mereka untuk mendapatkan informasi penting bahkan ikut serta dalam aksi-aksi peduli yang mereka lakukan.

Kamu juga dapat mengakses informasi mengenai kegiatan lingkungan pada momen-momen tertentu seperti Hari Bumi, Hari Air, Hari Lingkungan dan lainnya. Di momen tersebut, para pegiat lingkungan biasanya melakukan aksi damai untuk menyuarakan pentingnya mengambil peran untuk pelestarian lingkungan.

  • Menginisiasi komunitas

Selain berjejaring pada komunitas peduli lingkungan yang ada, kamu juga dapat mengisiasi komunitas sendiri. Kamu bisa mencari isu-isu spesifik yang mungkin belum banyak digarap oleh komunitas lain.

Pilihlah segmen anggota komunitas dan mulailah menyuarakan isu-isu terkait atau dengan melakukan aksi-aksi peduli.

  • Dekatkan diri dengan buku-buku tema lingkungan

Literasi lingkungan dapat diperkuat dengan membaca buku. Selain membaca buku-buku mengenai ragam isu lingkungan seperti perubahan iklim, isu kehutanan, pencemaran dan lainnya, kamu juga dapat membaca buku-buku fiksi yang bertema lingkungan.

Saat ini ada banyak buku-buku fiski berupa novel dan puisi yang secara kritis mengangkat isu lingkungan. Buku fiksi tersebut dapat menginspirasi kita untuk melihat masalah lingkungan yang sebenarnya.

Kamu juga dapat menyuarakan kritik maupun edukasi lingkungan melalui karya seni baik itu melalui pertunjukan teater, film, monolog, puisi, karikatur dan lainnya.

Itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan agar tetap berkontribusi pada pemulihan planet bumi. Ayo kita mulai dan teruslah merawat semangat menjaga lingkungan. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Islam dan Solidaritas Alam Bagi Kaum Beragama