5 Aplikasi Meditasi Terbaik yang Bisa Mengatasi Stres Saat Swakarantina

oleh -411 kali dilihat
5 Aplikasi Meditasi Bisa Membantu Anda Mengatasi Stres Saat Swakarantina
Meditasi-Foto/Mindful
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Aplikasi meditasi terbaik untuk mengatasi stres mungkin dibutuhkan di masa swakarantina. Di tengah pandemi Covid-19  ini, melakukan pembatasan kontak fisik dan sosial (physical distancing), agaknya akan mengakibatkan sebagian orang merasa jenuh dan berpotensi mengalami stres.

Selain itu, dilansir dari laman Very Well Mind, gangguan stres dapat menimbulkan gejala sindrom Cabin Fever yakni kegelisahan yang dialami ketika seseorang terisolasi lama. Terlebih untuk wilayah yang telah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) seperti Jakarta, Makassar dan kota lainnya.

Selain melakukan karantina mandiri, masyarakat juga akan diawasi oleh aparat untuk mentaati prosedur PSBB yang dianjurkan pemerintah. Namun, bagi kamu yang merasa masih bosan atau bahkan kurang suka dengan aktivitas tersebut, maka melakukan meditasi bisa menjadi solusi.

Menurut penelitian yang dilansir dari National Center for Complementary and Integrative Health (NIH) bahwa berlatih meditasi dapat bermanfaat dalam mengatasi gejala gangguan emosional seperti kepanikan, darah tinggi, dan insomnia.

Biasanya, dalam melakukan meditasi beberapa orang akan pergi ke wisata alam, tempat yoga atau bahkan mendatangkan pelatih untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun, di tengah situasi yang membatasi masyarakat untuk tetap di rumah saja, ada beberapa sarana yang dapat mendukung meditasi, salah satunya aplikasi di smartphone. Selain dapat menekan biaya, beberapa aplikasi ini dapat memaksimalkan meditasi selama di rumah.

KLIK INI:  5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Menjadikan Kita Lebih Sehat
  1. Insight Timer
Stop, Breath, aplikasi meditasi
apps insight timer – Foto/apkmirror

Aplikasi yang menjadi pilihan populer atau kebanyakan orang ini, menyediakan 3.000 fitur meditasi gratis serta beberapa trek musik gratis untuk membantu meditasi. Tak hanya sampai di situ, aplikasi ini memiliki berbagai opsi timer yang digunakan oleh Equanimity dan Bodhi Timer yang dapat diakses secara gratis dengan iOS dan Android. Aplikasi yang memiliki rating 4.5 bintang ini juga dapat membantu meditasi untuk tidur.

  1. Equanimity
5 Aplikasi Meditasi Bisa Membantu Anda Mengatasi Stres Saat Swakarantina
Equanimity memiliki jurnal meditasi dan catatan meditasi sehingga kamu dapat melihat dan memantau latihanmu – Foto/topappslike.jpg

Sistem kerja dalam aplikasi ini sangatlah kompleks, karena selain berisi sarana untuk bermeditasi, Equanimity memiliki jurnal meditasi dan catatan meditasi sehingga kamu dapat melihat dan memantau latihanmu.

Dilansir dari jurnal Kaiser Permanente, cara kerja aplikasi ini sangatlah fleksibel dan sederhana. Ini karena dalam aplikasi ini tidak ada meditasi yang dipandu, tidak ada musik atau suara alam. Kunci utamanya adalah ketenangan batin untuk fokus terhadap bunyi gong, lonceng yang hanya terdengar sebagai penanda waktu meditasi berakhir. Untuk mendapatkannya, aplikasi berharga 4,99 dolar Amerika atau sekitar Rp77.077 dengan rating 4,5 di iOS.

  1. Headspace
Headspace aplikasi meditasi online
Headspace

Memiliki rating 5.0 di iOS dan 4.5 bintang di Android mengajarkan lebih banyak mengenai teknik meditasi berbasis sains. Beberapa fitur unggulan di aplikasi seperti pelacakan suasana hati, dan panduan meditasi yang dapat digunakan secara luring.

  1. Calm
aplikasi meditasi calm
Aplikasi meditasi calm – Foto/calm.png

Calm merupakan aplikasi  dengan rating 5.0 bintang yang dapat diakses secara gratis di iOS dan Android. Calm akan memandu meditasi selama 3 hingga 25 menit, sehingga  pengguna dapat mengatur jadwal meditasi yang sesua dengan aktivitas. Jika ingin melakukan meditasi ket ingkat yang lebih lanjut, Calm dapat membantunya dengan cara mulai berlangganan dari 9,99 dolar Amerika atau Rp154.308  per bulan.

  1. Stop, Breath, and Think
Stop, Breath, aplikasi meditasi
Stop, Breath, aplikasi meditasi – Foto/googleplay.png

Aplikasi ini bias diakses grratis dengan rating 4.0 bintang di iOS dan 4.5 bintang di android. Aplikasi ini menggabungkan perpustakaan meditasi yang dipandu dengan fitur pelacakan suasana aplikasi seperti My Mood Tracker Bahkan “kurator” menyarankan meditasi berdasarkan suasana hati dengan fokus.

Itulah 5 aplikasi meditasi terbaik untuk mengatasi stres yang dapat membantu mempermudah Anda melakukan meditasi selama situasi PSBB dan menjalankan swakarantina atau #diRumahAja.

KLIK INI:  Agar Tetap Fit Ketika Putus Cinta, Terapkan 7 Tips Ini!