4 Tips Sederhana Cara Menyimpan Telur Agar Tetap Awet dan Sehat

oleh -615 kali dilihat
Tips Sederhana Cara Menyimpan Telur Agar Tetap Awet dan Sehat
Ilustrasi telur/Foto-Hidayatullah
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Masih pagi, sepupu saya, Icha telah ke rumah. Ia menceritakan suadaranya di Malaysia yang menelepon tengah malam, menyuruhnya memakan telur rebus. Karena dipercaya bisa menangkal virus corona atau Covid-19.

Saya mendengarnya sebagai sesuatu yang lucu. Entah berawal darimana berita itu, ada hal mistik mengiringinya.

Namun, tak penting siapa yang menyebarkannya, jika itu benar. Anda perlu tahu cara menyimpan telur agar awet. Klikhijau.com telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Berikut tips agar telur yang Anda beli bisa awet dan tetap sehat:

KLIK INI:  Menilik 8 Cara Merawat Tanaman Sukulen agar Tetap Memesona
  • Sebaiknya bersihkan sebelum menyimpan

Biasanya jika kita membeli telur, masih tersisa kotoran ayam. Maka hal yang paling penting sebelum menyimpannnya adalah membersihkannya terlebih dahulu.

Anda tak pernah tahu, bisa saja kotoran yang terdapat pada cangkangnya mengandung bakteri atau virus.

Jika hal itu terjadi maka isi telur bisa “tertular”. Ingat, cangkang dan isi telur adalah dua hal yang menyatu.

Apalagi cangkang telur memiliki pori-pori yang cukup besar, sehingga menyebabkan bakteri atau virus mudah merasuk ke dalam isi telur yang akan disimpan.

Mencegah adalah yang paling baik, bukan?

  • Menyimpan dalam kulkas

Kenapa harus menyimpannya dalam kulkas? Menurut Dr. Rosamund Baird dan Dr. Janet Corry, dua ahli dari University of Bristol, Inggris, menyimpan telur yang terkontaminasi pada suhu ruangan memungkinkan bakteri untuk berkembang biak.

Sedangkan telur yang ditaruh di kulkas pada suhu yang lebih dingin akan mencegah bakteri ini hidup dan berkembang biak.

Na, bagaimana jika tidak ada kulkas? Tenang, sebab di Inggris, sebagian besar masyarakatnya justru anti menyimpannya di kulkas. Hal ini disebabkan, Inggris mewajibkan semua ayam betina mendapatkan vaksinasi Salmonella. Sedangkan di Amerika tidak demikian.

KLIK INI:  Resahkan Masyarakat, Pemerintah Teliti Telur Ayam di Jatim

Dan bagaimana dengan Indonesia? Kementerian Pertanian telah merekomendasikan pemberian vaksin ketika anak ayam menetas dan berumur satu hari. Ayam juga harus bebas dari agen penyakit hewan seperti flu burung dan Salmonella.

Namun, ada baiknya jika menyimpannya di dalam kulkas.

  • Jangan simpan di pintu kulkas

Kenapa, bukankan ada tempat telur di pintu kulkas? Mungkin akan ada pertanyaan seperti itu. Namun, ada alasannya. Menurut para ahli, jika Anda ingin menjaga telur tetap segar lebih lama, maka Anda perlu mengubah kebiasaan untuk menaruh telur di rak penyimpanan tersebut.

Menurut British Egg Information Service, agar kesegaran telur tetap terjaga simpan dalam suhu di bawah 20 derajat Celcius dan letakkan di lemari bagian dalam.

Sedangkan Vlatka Lake, seorang manajer pemasaran di perusahaan penyimpanan Space Station, menempatkan telur di balik pintu lemari es dapat membuatnya membusuk lebih cepat. Hal ini dikarenakan pintu dibuka dan ditutup sepanjang hari, kondisi ini membuat telur mengalami perubahan suhu.

  • Simpan dengan karton bawaan

Menurut laman Australian Eggs, ada baiknya agar telur yang baru dibeli disimpan segera dalam kulkas. Sebaiknya simpan dengan karton bawaan saat membelinya.

Kenapa, sebab karton tersebut dapat mengurangi kehilangan air di dalam telur dan melindungi rasa telur itu sendiri dari aroma makanan lain yang mungkin terserap ke dalam telur.

Nah, begitulah tips menyimpan telur agar tetap awet, selamat mencoba!

KLIK INI:  8 Tips Ampuh Melerai Rasa Kantuk Usai Makan Siang