4 Tahun Absen Bersalin, Panda Raksasa Kembali Melahirkan di Tokyo

oleh -58 kali dilihat
4 Tahun Absen Bersalin, Panda Raksasa Kembali Melahirkan di Tokyo
Panda raksasa-foto/bhacacom

Klikhijau.com – Kabar gembira datang dari Kebun Binatang Ueno,Tokyo,  Jepang. Karena seekor panda raksasa bernama Shin Shin melahirkan anak kembar. Itu merupakan panda pertama yang lahir dalam empat tahun terakhir.

Pada situs web kebun binatang  itu tercantum jika dua anak panda raksasa itu lahir dengan selisih waktu satu setengah jam, yakni antara jam 01:03 (1403 GMT) dan 02:32 pada hari Rabu, 23 Juni 2021.

Sayangnya untuk saat ini, jenis kelamin kedua bayi panda itu belum diketahui dan juga belum diberi nama

“Semua staf bekerja sama untuk mengamati dan melindungi ibu dan anak panda raksasa,” demikian pernyataan pada situs kebun binatang tersebut.

KLIK INI:  Kesetiaan dan Cara Membalas Kebaikan 9 Hewan Ini Bikin Haru

Salah satu anak yang baru lahir memiliki berat 124 g (4,37 ons).  Kedua anak panda itu kira-kira sepanjang tangan manusia dewasa.

Shin Shin yang merupakan induk dari kedua bayi panda itu lahir pada tanggal 3 Juli 2005. Ia lahir di Pusat Konservasi dan Penelitian Panda Raksasa di Wolong, Cina. Kemudian dibawa  ke Kebun Binatang Ueno sekitar satu dekade lalu.

Shin Shin tak datang sendiri, tapi ia datang bersama pasangannya yang bernama Ri Ri. Pasangan ini juga orang tua (induk) dari panda betina yang bernama Xiang Xiang, lahir pada Juni 2017 lalu.

Perkembang biakan panda  di penangkaran terkenal sulit. Karena karena betinanya hanya akan berahi sekali dalam setahun. Si betina juga bisa pilih-pilih pasangan.

“Panda-panda itu sekarang menjadi keluarga beranggotakan lima orang. Ini adalah berita yang sangat membahagiakan,” kata kepala sekretaris kabinet Jepang, Katsunobu Kato seperti dikutip dari Reuters.

Kato juga mengucapkan selamat kepada para penjaga kebun binatang Ueno atas kelahiran anak kembar panda yang ada di kebun binatang tersebut..

“Saya percaya semua orang di kebun binatang akan melakukan semua yang mereka bisa. Baik itu siang dan malam untuk menjaga keluarga panda tetap sehat. Saya berharap semua orang akan menjaga mereka dengan hangat dan tenang,” harap Kato.

KLIK INI:  Komodo dan 10 Hewan Langka Indonesia yang Terancam Tiada
Tentang panda raksasa

Panda raksasa  atau Ailuropoda melanoleuca merupakan seekor mamalia. Biasanya ia diklasifikasikan ke dalam keluarga beruang.

Panda adalah hewan asli dari Tiongkok Tengah. Ia tingga tinggal di wilayah pegunungan, seperti pegunungan Tibet dan Sichuan.

Panda adalah hewan yang memiliki kedudukan istimewa di Tiongkok. Karena sejak setengah abad ke-20 terakhir ini. Ia telah diangkat menjadi lambang negara Tiongkok. Bahkan ia menghiasi uang emas negara tersebut..

Hewan ini secara taksonomi  dikategorikan sebagai  karnivora, namun makanannya seperti herbivora. Ia menyukai sebagian besar tumbuh-tumbuhan. Tapi yang paling disukainya adalah bambu saja.

Panda raksasa juga dikenal sebagai  omnivora. Klasifikasi itu didapatkannya karena ia juga diketahui  makan telur bahkan serangga. Telur dan serangga adalah sumber protein yang diperlukan panda.

Berikut ini taksonomi dari hewan lucu ini:

  • Kerajaan :  Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas  : Mammalia
  • Ordo  : Carnivora
  • Famili : Ursidae
  • Genus :  Ailuropoda
  • Spesies : Ailuropoda melanoleuca
KLIK INI:  Tawa Ceria Anak Pesisir Pantai Kalumeme di Tengah Abrasi