4 Jenis Anthurium yang Pernah Naik Daun, Bagaimana Nasibnya Kini?

oleh -185 kali dilihat
4 Jenis Anthurium yang Pernah Naik Daun, Bagaimana Nasibnya Kini?
Anthurium pedatoradiatum varegated - Foto/Iwan
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Anthurium, merupakan jenis tanaman hias yang pernah ramai jadi perbincangan dan buruan para penggemarnya khususnya di tahun 2020. Pegiat tanaman hias kenamaan asal Bogor bernama Mas Iwan pernah menceritakan bagaimana 4 jenis Anthurium benar-benar merajai pasaran.

Pada Kamis 7 Mei 2020, Mas Iwan pernah mengabarkan pada Klikhijau.com perihal popularitas empat jenis tanaman Anthurium yang benar-benar disenangi peminat.

Menariknya, harga Anthurium di tahun 2020 terbilang yang paling mahal. “Yah, jenis ini (Anthurium) sedang diendus banyak pegiat tanaman hias lantaran pesonanya yang estetik dan otentik,” kata Mas Iwan.

Anthurium adalah tanaman hias dari keluarga Araceae. Jenis ini sebetulnya masih berkerabat dekat dengan tanaman hias populer lainnya seperti philodendron, keladi hias dan alokasia.

Di laman Wikipedia disebutkan, anthurium adalah genus dengan jumlah jenis yang paling banyak. Bahkan, diperkirakan ada sekitar 1000 jenis yang bertumbuh di bumi.

KLIK INI:  7 Cara Merawat Anthurium Agar Tumbuh Subur dan Serentak

Lalu, apa daya tarik utama dari jenis satu ini? Sepintas terlihat ada “sesuatu banget” pada corak daunnya yang tegas berkarakter memancarkan keindahan istimewa. Daunnya berwarna hijau tua dan berbalut dengan tulang daun besar dan menonjol tajam.

Perawakannya tampak kekar bersahaja yang terlihat semakin anggun tatkala dewasa. Konon, tanaman hias satu ini banyak dijadikan hiasan di dalam istana raja-raja di Jawa dahulu. Dijadikan tanaman ekslusif yang identik dengan kelas sosial tinggi.

Rasanya wajar yah Sahabat Hijau, sebab anthurium memang seperti gadis dengan kecantikan dari dalam. Menggoda dan menyejukkan dipandang mata.

Oya, diantara seribuan jenisnya, ada 4 jenis yang saat ini benar-benar jadi idola para pegiat tanaman hias. Berikut variannya yang dijamin akan membuat Anda bermimpi kelak dapat meminangnya!

KLIK INI:  Bunga Hydrangea, Cantik nan Populer, Ini 10 Fakta Menarik Tentangnya!
  • Anthurium pedatoradiatum variegated
anhurium
Anthurium pedatoradiatum varegated – Foto/Iwan

Jenis satu ini menyerupai jari-jemari. Warnanya hijau muda dan penampakan warna putih-putih lembut yang berpendar misterius. Guratan tulangnya sangat menonjol seolah melambangkan suatu kehidupan yang berani dan sejati.

  • Anthurium regale x magnificum
jenis dua
Anthurium regale x magnificium – Foto/Ist

Sepintas terlihat jenis satu ini tidak bisa menyembunyikan diri bahwa ia berkerabat dekat dengan keladi hias. Yah, itu tampak dari daunnya yang lebar seperti keladi. Tapi, eksotikanya tak bisa dibandingkan sebab jenis ini memang sangat indah.

Pada usianya yang dewasa akan menampakkan dedaun super lebar berwarna hijau tua dengan guratan tulang sangat tegas dan hidup. Untuk pecinta tanaman hias, jenis satu ini boleh jadi termasuk yang paling diminati karena benar-benar tampak esklusif.

  • Anthurium veitchii
Anthurium veitchii
Anthurium veitchii yang paling mahal di jenis ini – Foto/Ist

Di kelasnya, setiap jenis dari tanaman hias ini memang punya warna tersendiri. Bila dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya, veitchii seperti satu keluarga yang ingin tampil dengan penampilan dan gaya berbeda.

Yah, jenis satu ini justru lebih menonjol dengan tekstur daunnya yang menyerupai ilustrasi gelombang-gelombang kecil. Guratan tulangnya yang tegas hanya terlihat di tengah-tengah sedangkan di bagian yang lain tak tampak ada tulang yang menonjol. Daunnya berbentuk lonjong dan berpotensi berjuntai lebih panjang di saat berusia dewasa.

KLIK INI:  7 Situasi Penting pada Tanaman yang Wajib Anda Amati Setiap Waktu
  • Anthurium giganteum x radicans
Anthurium giganteum x radicans – Foto/Ist

Penampilannya mengingatkan kita dengan daun sirih, tetapi lekukan jenis satu ini menyerupai tanda “love”. Warnanya yang paling menarik karena dalam satu pohon aka nada dua warna berbeda di beberapa daunnya yakni ada yang berwarna hijau tua dan dedaun lainnya berwarna cokelat kemerah-merahan. Tidak kalah menarik dengan saudaranya yang lain, giganteum x radicans juga menonjolkan suatu dedaun yang tegas dan hidup.

Nah, itulah 4 jenis anthurium yang saat ini sedang naik daun dengan harga jutaan. Menurut Mas Iwan, harga tertinggi saat ini adalah jenis Anthurium veitchii yang dibanderol dengan harga Rp 5 juta. Sedangkan harga terendah ada di kisaran Rp 2.5 Juta. Waw, harga yang pantas untuk sebuah pesona yang melekat pada jenis tanaman hias idola ini.

“Intinya, setiap jenisnya punya keistimewaan,” kata Mas Iwan.

Bagaimana nasib ke empat jenis Anthurium tersebut kini? Secara umum memang ada penurunan harga sejumlah tanaman hias di Indonesia,seiring menurunnya euphoria pada tanaman yang perlahan juga menurun pamornya.

Meski demikian, Anda yang menyukai eksotika tanaman, tetaplah menjaga tanaman Anda yah!

KLIK INI:  4 Jenis Anthurium yang Sedang Naik Daun dengan Harga Jutaan