4 Cara Mudah Membersihkan Tas Kulit yang Berjamur

oleh -83 kali dilihat
4 Cara Mudah Membersihkan Tas Kulit yang Berjamur
Ilustrasi tas - Foto/ SplitShire dari Pixabay

Klikhijau.com – Memakai tas berbahan kulit jadi pilihan banyak orang. Selain memberi kesan elegan dan mewah, tas kulit juga punya daya tahan lebih kuat.

Karena itulah ada banyak produsen tas yang memproduksi tas berbahan kulit. Bila kamu termasuk penggemar tas kulit, tantangan terbesarnya adalah bagaimana menjaga dan merawatnya agar tampilannya tetap menawan.

Salah satu masalah klasik yang mendera tas kulit adalah jamur. Ini terjadi bila Anda sering menaruh tas di tempat yang lembap dan basah. Bahkan, di musim hujan, tas kulit benar-benar kewalahan. Keseringan basah, tas idaman Anda dapat menjadi sarang jamur dan meninggalkan aroma tak sedap.

Selain bau yang mengganggu, tanda-tanda lain yang terlihat saat tas kejamuran adalah adanya bercak-bercak putih yang menyebar khususnya di bagian dalaman tas. Dikutip dari Herworld, berikut ini 4 cara melenyapkan atau membersihkan jamur pada tas:

KLIK INI:  Peristiwa-peristiwa Bersejarah Perihal Minyak Zaitun dari Masa ke Masa
  1. Bersihkan dengan sikat berbulu lembut

Langkah pertama adalah siapkan sikat yang berbulu lembut. Bawa task e luar ruangan dan pastikan jamurnya tak bertebaran di lantai ruangan rumah. Sikat bagian tas dipenuhi jamur perlahan dan berulang kali dari arah atas ke bawah hingga benar-benar bersih.

  1. Cuci tas dengan sabun khusus kulit

Sabun khusus untuk kulit bisa dimanfaatkan untuk meluruhkan jamur pada tas. Caranya mudah, usapkan sabun khusus pada bagian tas yang ditumbuhi jamur mekakai lap kain bersih hingga berbusa. Jika jamur terlihat sudah lenyap, bersihkan busa dengan lap kain lainnya. Jemur tas sampai benar-benar mengering.

KLIK INI:  Peringatan Hari Pohon Sedunia, Sebuah Upaya Mencintai Kehidupan
  1. Gunakan cuka putih mencuci tas

Cuka memiliki kandungan asam yang dapat dipakai melenyapkan jamur yang menempel pada tas. Adapun skala perbandingannya saat dicampur dengan air hangat yakni 8 : 1, masukkan lap bersih pada larutan hingga basah.

Gunakan sarung tangan lateks untuk mengusapkan lap pada bagian tas yang diserang jamur. Lalu, cuci tas hingga benar-benar bersih dan keringkan dibawah sinar matahari terik.

  1. Memakai soda kue 

Untuk cara satu ini, langkah pertama yang dilakukan adalah menjemur tas terlebih dahulu selama 24 jam. Setelahnya, taburkan soda kue untuk menutupi permukaan tas yang jamuran, lalu simpan di tempat kering dan gelap semalam.

Langkah berikutnya adalah ambil spons yang telah dibasahi air untuk menggosok jamur yang sudah ditaburi soda kue sampai jamur yang menempel benar-benar menghilang. Setelahnya, buang soda kue dan cuci tas sampai bersih. Jemur dan angin-anginkan tas hingga mengering.

Itulah 4 cara mudah dan praktis membersihkan jamur yang melekat pada tas, selamat mencoba!

KLIK INI:  Mengenal Antosianin dan Fungsinya terhadap Tumbuhan dan Kesehatan