4 Alasan Kenapa P3KLL Jadi Laboratorium Rujukan Nasional

oleh -130 kali dilihat
4 Alasan Kenapa P3KLL Jadi Laboratorium Rujukan Nasional
Kunjungan Wamen KLHK ke kantor P3KLL/Foto- Dok KLHK
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Keberadaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas Laboratorium Lingkungan (P3KLL) memiliki peran yang sangat strategis dalam pengelolaan lingkungan.

Menurut Wakil Menteri LHK Alue Dohong, P3KLL sebagai salah satu unit kerja Balai Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK, juga merupakan laboratorium rujukan nasional.

“Di samping merupakan laboratorium rujukan nasional, P3KLL juga sudah diakui sebagai salah satu Pusat Unggulan Iptek (PUI), dan sudah mendapatkan akreditasi nasional,” ujar Wamen Alue Dohong saat melakukan kunjungan kerja ke kantor P3KLL di kawasan Puspiptek Serpong, Selasa, 28 Januari 2020.

Wamen Alue Dohong juga menyampaikan ada empat alasan yang menjadikan keberadaan P3KLL ini strategis.

KLIK INI:  Sipongi, Inovasi Baru Cegah Karhutla

Pertama, kecenderungan sengketa lingkungan yang sangat tinggi dan terus naik. Pembuktian ilmiah melalui hasil laboratorium lingkungan menjadi sangat penting sebagai pilar pendukung penyelesaian sengketa lingkungan.

Kedua, sebagai laboratorium rujukan nasional, P3KLL juga memiliki fungsi pembinaan dan membangun kerjasama dengan pemerintah daerah, khususnya yang memiliki laboratorium lingkungan.

Ketiga, kaitannya dengan pembangunan, kebutuhan hasil analisis laboratorium juga penting, misalnya dalam proses Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

Keempat, KLHK akan membangun laboratorium merkuri di komplek P3KLL. Hal ini sebagai persiapan Indonesia yang ditunjuk menjadi tuan rumah COP Konvensi Minamata pada tahun 2021.

Pada kesempatan tersebut, Wamen LHK Alue Dohong didampingi oleh Kepala BLI Agus Justianto, dan Kepala P3KLL Herman Hermawan, meninjau fasilitas yang ada di P3KLL, di antaranya mobil laboratorium keliling, dan sejumlah laboratorium.

KLIK INI:  Memang Seharusnya Lubang Bekas Tambang Dipulihkan