30 Ribu Pohon di 1000 Titik Menandai Hari Jadi Kota Makassar ke-414

oleh -75 kali dilihat
30 Ribu Pohon di 1000 Titik Menandai Hari Jadi Kota Makassar ke-414
Warga di Batua Raya dalam aksi penaman serentak 30.000 pohon menandai HUT Kota Makassar ke-414 - Foto/Ist

Klikhijau.com – Pemerintah Kota Makassar melaksanakan aksi penanaman pohon sebanyak 30 ribu pohon secara serentak di 1000 titik.

Penanaman ini melibatkan warga di tingkat RT/RW dan tersebar di hampir semua wilayah kota Makassar pada Minggu pagi, 7 November 2021.

Aksi ini menandai pagelaran Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar yang ke-414 pada 9 November 2021.

Setidaknya ada 18 jenis bibit pohon yang ditanam antara lain mangrove, jeruk nipis, ketapang kencana, daun salam, tabebuta, spatora, coppeng, flamboyan, bunga tanjung, pucuk merah mahoni, rambutan, bibit bitti, bidara, nangka, serikata, kelor, dan pohon eboni.

Pohon-pohon ini ditanam sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing. Di Kelurahan Batua misalnya, aksi penanaman berlangsung meriah di Jalan Batua Raya III. Warga sekitar juga ikut hadir menyertai penanaman bersama.

“Program ini sangat baik, memberi edukasi pada warga akan pentingnya menanam pohon. Tugas kita semua adalah menjaga tanaman yang telah ditaman,” jelas Halim, seorang warga Batua.

KLIK INI:  Mengapa Masih Ada Sampah Plastik di Antara Kita?
makassar
Aksi penanaman di Kelurahan Minasa Upa Kecamatan Rappocini – Foto/Ist

Prosesi penanaman juga berlangsung meriah di Kelurahan Minasa Upa Kecamatan Rappocini yang digelar warga ORW 17. Selain pihak kelurahan dan warga sekitar, penanaman didampingi satu SKPD Pemkot Makassar yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Ketua LPM Kelurahan Minasa Upa, Dr.H. Muliono Caco yang berharap Kota Makassar maju dan produktif ke depannya.

“Terlebih  lagi dalam rangkaian menyambut HUT Kota Makassar ke-414 tahun dimana pelaksanaan penanaman pohon  merupakan wujud aksi nyata untuk bumi kita tercinta,” pesannya.

Muliono juga mengatakan tentang pentingnya menanam pohon, baik untuk penghijauan maupun untuk tanaman produktif. Menurutnya, tanaman buah yang tumbuh nantinya akan dinikmati bersama.

“Namun disamping itu juga pepohonan yang ditanam berfungsi  mengeluarkan oksigen untuk manusia. Selain itu pula buah-buahan  yang dihasilkan  dapat dikonsumsi oleh  manusia hingga makhluk ciptaan Tuhan lainnya,” jelasnya.

Mengenai pemeliharaan pohon ini, akan dibantu oleh pihak kelurahan masing-masing bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup.

Pemerintah Kota Makassar berencana menggalakkan budaya menanam bagi warga Kota. Rencananya, akan ada Peraturan Daerah (Perda) khusus mengenai menanam yang mengharuskan setiap warga Kota nantinya wajib menanam satu pohon.

Selamat hari jadi Kota Makassar ke-414, tetap jaya!

KLIK INI:  Sampah Jadi Masalah Utama Kota Berkembang, Termasuk Makassar