3 Olahraga Ringan Usai Mudik Lebaran agar Tubuh Tetap Prima

oleh -17 kali dilihat
3 Olahraga Ringan Usai Mudik Lebaran agar Tubuh Tetap Prima
Manfaat Olahraga Ilustrasi lari (iStockphoto) - Liputan6

Klikhijau.com – Berbahagialah kita sebab tahun ini bisa mudik ke kampung halaman. Dua tahun berturut-turut akibat pandemi Covid-19, kita tidak bisa mudik demi dengan leluasa seperti tahun ini.

Usai menjalani perjalanan mudik yang tentu melelahkan, terlebih bila kamu mudik dengan membawa kendaraan pribadi, tentu dibutuhkan kebugaran agar dapat beraktivitas normal kembali.

Selain istirahat dan pola tidur yang cukup, olahraga bisa dilakukan agar tubuh bugar kembali. Tentu tidak perlu melakukan olahraga yang berat atau dengan durasi yang panjang, pilihlah olahraga ringan yang dapat melemaskan otot-otot yang lelah.

Lalu, olahraga ringan apa yang bisa dilakukan usai mudik lebaran? Sekali lagi, kamu bisa memilih olahraga ringan dengan durasi terbatas dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh kamu.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari olahraga ringan setelah mudik lebaran. Diantaranya menghilangkan rasa pegal-pegal usai perjalanan panjang. Selain itu, olahraga ringan dapat membuat kita kembali bersemangat untuk melanjutkan aktivitas di kantor usai libur panjang.

Dikutip dari Grid.id, berikut adalah olahraga ringan yang bisa kamu lakukan usai mudik:

KLIK INI:  Apa Saja Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan? Klik Ini!
  • Jalan Santai

Jalan santai di pagi atau sore hari setelah kamu mudik lebaran bisa jadi pilihan terbaik. Tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa berkeliling komplek rumah atau ke taman sekitar rumah. Hiruplah udara segar dan rasakan relaksasi otot dengan santai. Jalan santai tentu olahraga yang paling hemat bahkan tanpa biasa, sehingga mudah dilakukan.

Dengan jalan santai, kamu bisa menghilangkan lelah pada bagian kaki kamu karena terlalu lama berada di kendaraan saat mudik. Kamu bisa melakukan olahraga ringan ini dengan durasi waktu yang disesuaikan dengan kondisi tubuh kamu.

  • Renang

Renang juga terbilang olahraga menyenangkan yang bisa dilakukan usai mudik lebaran. Agar tubuh kamu bergerak di dalam air, kamu membutuhkan tenaga yang cukup kuat. Dengan berenang seluruh tubuh kamu juga akan bergerak.

Berenang adalah olahraga fisik yang akan melatih semua kelompok otot utama dari bahu, punggung, panggul, bokong, dan juga kaki. Olahraga renang dapat membangun membangun massa otot dan juga membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks.

Ketika tubuh kamu lelah dan tegang setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh, kamu akan merasakan lebih tenang setelah melakukan olahraga renang.

Olahraga renang juga dinilai bisa membantu untuk menjernihkan pikiran, mendorong pemikiran positif serta meningkatkan rasa percaya diri pada tubuh.

  • Lari

Selain jalan santai, lari juga termasuk olahraga yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Dengan olahraga lari setelah kamu kembali dari perjalanan mudik, kamu akan merasakan hasil terbaik yakni peredaran darah yang lancar pada tubuh kamu, sehingga kamu akan terhindar dari rasa pegal pada tubuh.

Olahraga lari juga bisa memperbaiki suasana hati kamu yang akan berdampak pada kualitas hidup kamu. Hal ini terjadi karena saat kamu lari, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat memicu munculnya perasaan yang positif.

Nah, itulah 3 olahraga ringan yang bisa dilakukan usai mudik lebaran. Tetap jaga kesehatan dengan pola makan sehat dan olahraga yang cukup.

KLIK INI:  Melawan Depresi dan Meningkatkan Kesejahteraan dengan Skateboard