2045 TBC Bisa Dimusnahkan dari Muka Bumi Ini

oleh -514 kali dilihat
TBC
Foto-Kompas.com
Irhyl R Makkatutu

Klikhiaju.com – Pemusnahan tuberkulosis  atau TBC diyakini para ahli kesehatan bisa dimusnahkan dari Bumi pada 2045. Jika keyakinan itu terbukti, tentu akan jadi kabar gembira bagi masyarakat dunia.

Namun, langkah untuk memusnahkan penyakit tersebut diyakini pula tidak gampang, sebab ada syaratnya, yakni   perang melawan penyakit ini harus didanai dengan cukup.

Nationalgeographic.co.id mengabarkan, para peneliti mengatakan, pemeriksaan, perawatan, dan kesadaran masyarakat, sangat dibutuhkan untuk menurunkan lebih dari 10 juta kasus TBC per tahunnya.

Tuberkulosis menyebabkan 1,6 juta kematian setiap tahunnya. Ia merupakan penyakit paru kronis yang cukup ditakuti.

“Jumlah ini sangat besar. Penyakit TB pun dapat menjadi beban ekonomi bagi negara berkembang maupun maju. Kita perlu strategi baru untuk mencegahnya,” papar Eric Goosby, utusan khusus PBB untuk penyakit tersebut.

KLIK INI:  Dosen FKM UMI Temukan Jika Debu Berpotensi Tularkan Kusta

Studi yang dipublikasikan di jurnal The Lancet, menyatakan bahwa dana penelitian dan pengembangan tuberkulosis perlu dinaikkan empat kali lipat menjadi sekitar 3 miliar dollar AS jika penyakit ini ingin ditangani dengan baik.

Sebagaimana dikabarkan Nationalgeographic.co.id Paula Fujiwara, direktur sains di The International Union Against Tuberculosis and Lung Disease mengatakan, Kuncinya adalah lebih banyak penelitian dan alat baru. Jika menggunakan alat yang ada saat ini, tidak akan cukup. Tujuannya untuk memberantas tuberkulosis, tetapi penurunan saat ini hanya 1,5-2 persen per tahun.”

Menurut hasil penelitian menunjukkan, dengan prosedur penanganan saat ini, sekitar 800 ribu pengidap TB masih memiliki risiko kematian akibat ketidakefisienan dan kesenjangan diagnosis.

Namun, ada kabar gembira bagi pasein, sebab beberapa terobosan baru dalam beberapa bulan terakhir memberi harapan sembuh yang tinggi kepada kepada pasien TB.

KLIK INI:  Ingin Punya Gigi Putih dan Sehat, Gunakan Daun dan Kulit Ini!

Pada oktober lalu, obat baru untuk jenis tuberkulosis yang kebal obat, menyembuhkan 80 persen penderita di Belarus. Hasil yang sama juga didapati ketika obat yang sama diberikan kepada penderita di negara-negara lain yang mempunyai kasus tinggi TB.

Sebulan sebelumnya, raksasa perusahaan obat GlaxoSmithKline mengungkap hasil kajian yang menunjukkan bahwa vaksin baru TB ampuh pada 54 persen peserta uji coba.

Menurut para dokter, metode baru pengujian bisa membantu mengurangi kematian 340 ribu balita akibat tuberkulosis setiap tahun.

Berdasarkan data para ahli dan keyakinan mereka, tentu patut di langitkan harapan, semoga benar TBC bisa dimusnahkan dari muka bumi ini pada tahun 2045, sehingga tak ada lagi orang yang khawatir tentang penyakit tersebut.

KLIK INI:  Merawat Keharmonisan Bercinta Selama Pandemi dengan 7 Cara Ini!