11 Lagu Anak-anak yang Cocok jadi Bekal Pendidikan Lingkungan

oleh -8,337 kali dilihat
11 Lagu Anak-anak yang Cocok jadi Bekal Pendidikan Lingkungan bagi Anak
Ilustrasi lagu anak-anak-foto/Ist

Klikhijau.com –  Ada banyak lagu anak yang bercerita tentang lingkungan hidup. Lagu-lagu tersebut  bisa jadi media pembelajaran yang baik untuk edukasi lingkungan bagi anak.

Melalui musik pola tumbuh kembang anak bisa terbentuk. Hal itu karena lagu atau musik diyakini mampu menyelaraskan kerja antara tubuh dan pikiran. Seperti halnya kemampuan bersosialisi, berpikir, emosi, gerak, dan bahasa.

Pada tahun 2016 penelitian di University of Southern California  menjelaskan bahwa musik yang diperdengarkan dari usia dini sangat membantu perkembangan otak anak.

Menurut Wiflihani dalam tulisan berjudul “Musik sebagai salah satu cara meningkatkan kecerdasan anak”, musik dipercaya mampu mempengaruhi perkembangan intelektual anak, sekaligus membuat anak pintar bersosialisasi.

Meski demikian, tidak semua jenis musik berpengaruh positif, walaupun hanya sekadar pengantar tidur. Fakta terbaru menunjukkan bahwa dengan mengenalkan anak pada semua jenis musik dari berbagai bahasa di seluruh dunia (World Music) dapat memberi efek yang baik bagi bayi dan anak-anak, daripada hanya satu jenis musik saja.

Musik dan lagu tema lingkungan
KLIK INI:  Apa Kelebihan dan Kekurangan Perkembangbiakan Tanaman secara Generatif?  

Bagaimana dengan persoalan lingkungan bagi anak? Jika merujuk pada penjelasan di atas, maka musik atau lagu bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran lingkungan bagi anak.

Apalagi persoalan lingkungan hidup adalah masalah perilaku manusia. Harus diakui  bahwa akar permasalahan lingkungan hidup yang kita hadapi sekarang ini memang tidak lepas dari perilaku manusia dalam memperlakukan alam (Anisa Muslicha dalam Keraf (2015).

Karena itu, dengan adanya pendidikan lingkungan bagi anak sejak dini. Diharapkan ada kesadaran untuk menjaga lingkungan dan merawat alam.

Karena menurut  Santoso (2012) bahwa kerusakan lingkungan hidup tidak terlepas dari aktivitas manusia. Perilaku manusialah yang menjadi salah satu penyebab kerusakan lingkungan hidup.

Lagu anak-anak bisa menjadi jembatan untuk mengubah perilaku manusia sejak dini. Menurut Meilani, (2011) tujuan dari pendidikan lingkungan hidup, pada dasarnya untuk mengubah perilaku individu menjadi perilaku yang positif terhadap lingkungan (perilaku ramah lingkungan).

Lagu seperti disinggung di atas bisa jadi solusi untuk meningkatkan kecerdasan anak, khususnya dalam hal mencintai lingkungan hidup beserta isinya.

Berikut ini 11 lagu anak-anak yang bisa diperdengarkan kepada anak sebagai bekal pendidikan lingkungan untuk menanamkan perilaku mencintai lingkungan sejak dini:

 Bintang Kecil

Bintang kecil, di langit yang tinggi
Amat banyak, menghias angkasa
Aku ingin, terbang dan menari
Jauh tinggi ke tempat kau berada

Mendengarkan lagu ini,  anak  bisa lebih mengenalkan  benda-benda angkasa.  Anak juga bisa  belajar berimajinasi melalui lagu ini sehingga akan tercipta kesadaran untuk menjaga dan mencintai benda-benda yang ada di angkasa.

KLIK INI:  Peduli Lingkungan, Bisa Dimulai dari 10 Tindakan Sederhana Ini!
Pelangi

Pelangi-pelangi
Alangkah indahmu
Merah kuning hijau
Di langit yang biru
Pelukismu agung
Siapa gerangan
Pelangi pelangi
Ciptaan Tuhan

Ini lagu yang cukup pepoler di kalangan anak-anak. Lagu ini mengajarkan anak tentang benda ciptaan Tuhan. Dan tentang keindahan pelangi yang memiliki warna yang cantik, juga menjadi media yang baik bagi anak untuk mengenalkan jenis-jenis warna.

Lihat Kebunku

Lihat kebunku
Penuh dengan bunga
Ada yang putih
Dan ada yang merah
Setiap hari kusimpan semua
Mawar melati
Semuanya indah

Lagu ini mengajarkan anak untuk mencintai tanaman. Juga mengajari bahwa kebun tempat menanam sehingga tidak boleh dirusak. Melalui lagu ini, anak-anak juga akan mengenal jenis-jenis bunga dan juga warnanya.

Bangun Tidur

Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi kutolong Ibu
Membersihkan tempat tidurku

Melalui lagu ini, anak akan diajari pentingnya kebersihan diri dan lingkungan. Lagu ini bisa mendidik akan tentang kebiasaan baik membersihkan diri dan juga lingkungan rumah.

Ambilkan Bulan Bu

Ambilkan bulan Bu…
Ambilkan bulan Bu…
Yang selalu bersinar di langit
Di langit bulan benderang
Cahayanya sampai ke bintang
Ambilkan bulan Bu…
Untuk menerangi
Tidurku yang lelap di malam gelap

Lagu bertujuan untuk mengenalkan benda angkasa, yakni bulan pada anak. Diharapkan melalui lagu ini anak akan menyukai dan mencintai bulan.

Tik Tik Bunyi Hujan

Tik… tik … tik
Bunyi hujan di atas genting
Airnya turun tidak terkira
Cobalah tengok dahan dan ranting
Pohon dan kebun basah semua

Hujan selalu disukai oleh anak-anak. Lagu ini untuk mengenalkan anak akan hujan. Baik bentuknya, suaranya, dan akibat yang terjadi apabila kena air hujan. Hujan merupakan peristiwa alam yang harus dikenali anak.

KLIK INI:  Dari Lomba Baca Puisi, Dewi Ingin Berjuang Menjaga Lingkungan
Burung Kutilang

Di pucuk pohon cemara
burung kutilang berbunyi
bersiul-siul sepanjang hari
dengan tak jemu-jemu
mengangguk-angguk sambil berseru
trilili lili lililili
sambil berlompat-lompatan
paruhnya selalu terbuka
digeleng-gelengkan kepalanya menatap langit biru
tandanya suka ia berseru
trilili lili lililili

Lagu ini untuk mengajari anak akan satwa yang bernama burung kutilang. Lirik lagunya cukup indah. Lagu ini mengenalkan pada anak tentang kebiasaan burung kutilang sehingga lebih mencintainya.

Burung Kakatua

Burung Kakatua
Hinggap di jendela
Nenek sudah tua
Giginya tinggal dua
Tredung tredung tredung tralala
Tredung tredung tredung tralala
Tredung tredung tredung tralala

Selain burung kutilang, ada lagi lagu yang berjudul burung kakatua. Lagu ini bertujuan untuk mengenalkan anak pada satwa kakatua.

Kupu-Kupu

Kupu-kupu yang lucu
Ke mana engkau terbang
hilir mudik mencari
bunga-bunga yang kembang
berayun-ayun pada tangkai lemah
tidakkah sayapmu
merasa lelah

Siapa yang tidak menyukai makhluk kecil yang indah ini. Setiap anak yang melihatnya akan girang dan ingin menangkapnya.

Lagu ini untuk mengenalkan tentang kupu-kupu dan kebiasaannya Diharapkan melalui lagu ini anak-anak akan mencintai dan menjaga kupu-kupu.

Naik Gunung

Naik – naik, ke puncak gunung
tinggi – tinggi sekali
Naik – naik, ke puncak gunung
tinggi – tinggi sekali

Kiri – kanan kulihat saja
banyak pohon cemara
Kiri – kanan kulihat saja
banyak pohon cemara

Saat ini fenomena mendaki atau naik gunung sedang melanda banyak orang. Hanya saja banyak permasalahan yang ditimbulkan oleh para pendaki, di antaranya banyak membuang sampah sembarangan.

Karena itu anak-anak harus diperkenalkan tentang gunung sejak dini. Lagu naik gunung bisa menjadi salah satu cara memperkenalkan gunung pada mereka.

Itulah 11 lagu anak-anak yang bisa dijadikan media pembelajaran lingkungan bagi anak, semoga bermanfaat.

KLIK INI:  Siklus Hidrologi, Memahami Proses Alam Mendukung Keberlangsungan Hidup