10 Bunga Unik dan Misterius yang Bikin Geleng Kepala!

oleh -28.448 kali dilihat
Bunga unik
Bunga unik yang dinamai bunga anu-Foto/Youtube

Klikhijau.com – Bunga unik dan misterius ada di bumi ini dengan beragam varian. Selain sisi keindahannya yang menawan sekaligus menjadi simbol kasih sayang dan romantika, ada pula penampakan bunga aneh tapi nyata.

Pencinta bunga harus tahu jenis bunga ajaib ini, sebab bila sampai bisa dikoleksi di rumah tentulah sangat membanggakan.

Oya, bunga unik juga memiliki filosofi mendalam, betapa Tuhan menciptakan mahluknya dengan keanekaragaman yang paripurna. Setiap bunga unik yang kita lihat punya pesona dan rahasianya sendiri.

Bunga-bunga unik tersebut seolah bercakap dengan kita bahwa mereka juga punya kehidupannya sendiri. Tugas kita sebagai manusia adalah merawat kelestariaannya.

Berikut kami merangkum 10 diantaranya, bunga unik yang hidup dan menarik untuk diamati sembari geleng-geleng kepala!

KLIK INI:  Kangkung, Mudah Tumbuh dan Enak Dimakan, Ini 6 Fakta Menarik Lainnya!

1. Lady’s Slipper Orchid

bunga unik Lady’s Slipper Orchid
bunga unik Lady’s Slipper Orchid-Foto/MDC

Namanya Lady’s Slipper Orchid, bunga ini memiliki sejuta keistimewaan, sehingga memiliki pengawal pribadi di Chelsea Flower Show yang diadakan setiap tahun.

Lantaran itulah, bunga unik ini diberi julukan ‘sandal wanita’ karena kelopak kuningnya yang terlihat seperti bakiak kecil atau sepatu. Anda yang pernah ke Inggris, mungkin punya kenangan menyaksikan kemolekan bunga ini.

2. Snake’s Head Fritillary

Bunga unik Snake's Head Fritillary
Snake’s Head Fritillary-Foto/eBay

Keunikan bunga ini adalah ia memiliki kelopak kotak-kotak yang tampak menyerupai kulit ular. Namanya Snake’s Head Fritillary, namanya berasal dari kata latin fritillus yang berarti kotak dadu. Sebagaimana pada pola kotak-kotak yang dapat Anda lihat di kelopak bunga ini.

KLIK INI:  7 Tanaman Hias dengan Fungsi Herbal dan Cara Meramunya!
3. Habenaria Radiata
bunga unik Habenaria Radiata
Habenaria Radiata-Foto/eBay

Habenaria Radiata atau dikenal juga dengan nama Holy Ghost Orchid. Perhatikanlah, bunga ini tampak seperti merpati yang mengepakkan sayap. Itu terlihat terutama saat bunga ini mekar.

4. SnapDragon and the Skull

bunga unik SnapDragon and the Skull
SnapDragon and the Skull-Foto/Pinterest

Dikenal pula dengan nama ‘Bunga Naga’ lantaran terlihat laksana kepala naga. SnapDragon and the Skull, setiap kali ia diperas, tampak seolah-olah naga menutup dan membuka mulutnya.

Begitu bunga itu mati, ia akan meninggalkan kantong benih di belakang yang terlihat seperti tengkorak. Konon, Snap Dragon Flower ini memiliki kekuatan gaib. Ada yang percaya bahwa ketika tanaman ini dimakan, dapat membantu kecantikan atau membuat awet muda.

5. Night Blooming Cereus
Bunga unik Night Blooming Cereus
Night Blooming Cereus-Foto/Wikipedia

Bunga ini merumah di padang pasir. Bentuknya sangat unik. Namanya Night Blooming Cereus, sebagian orang rela menggelar pesta untuk merayakan bunga yang mekar hanya pada satu malam di bulan Juni atau Juli dalam satu tahun. Selain itu, karena baunya lebih harum daripada bunga lain.

KLIK INI:  Jejak Historis Tanaman Monstera yang Jarang Disentil Penggemarnya
6. Bunga Dancing girls
Bunga Dancing girls
Bunga Dancing girls-Foto/Banggood

Sepintas bunga anggrek yang bernama Dancing Girls tampak seperti gadis berdansa. Persis seperti namanya. Bunga ini unik terutama bila ditiup angin, akan seperti gadis berdansa dengan gerakan lembut.

7. Lithops Weberi
bunga unik Lithops Weberi
Lithops Weberi-Foto/flickr

Spesies satu ini tidak hanya unik tetapi juga pintar karena mereka dapat menyamar sebagai batu dan kerikil jika ia ingin dimakan oleh hewan atau predator. Namanya bunga Lithops Weberi.

8. Bunga Caleana Mayor
bunga unik Bunga Caleana Mayor
Bunga Caleana Mayor-Foto/NationalGeografic

Nama anggrek ini adalah Caleana Major atau lebih dikenal dengan nama Anggrek Bebek Terbang. Bunga ini tampak cantik dengan gradasi warna merah tua dan ungu. Bila diperhatikan, bunga ini tampak hidup.

9. Janda bolong
Memikat dan Terus Diburu, Harga Janda Bolong Semakin Bombastis
Tanaman hias janda bolong/foto-ist

Monstera Adansonii Variagated alias janda bolong. Dinamai janda bolong sebab daun bunga ini berlubang alias bolong-bolong. Tetapi di situlah keunikannya. Walau seperti sobek dan bolong-bolong, harga janda bolong selangit loh.

10. Bunga “anu”
Bunga unik
Bunga unik yang dinamai bunga anu-Foto/Youtube

Kalau lihat ini, mohon jangan pikir macam-macam yah! Bunga ini pernah viral karena bentuknya yang mirip “anu” sehingga kerap dinamai bunga anu. Ini adalah bunga “kantong semar” yang banyak dijumpai di Thailand.

KLIK INI:  Kenali 6 Media Tanam Anggrek juga Kelebihan dan Kekurangannya