Perkuat Kolaborasi, P3E SUMA Teken MoU dengan STIP YAPI dan DLH Bone

oleh -189 kali dilihat
Perkuat Kolaborasi, P3E SUMA Teken MoU dengan STIP YAPI dan DLH Bone
Perkuat Kolaborasi, P3E SUMA Teken MoU dengan STIP YAPI dan DLH Bone - Foto: Ist

Klikhijau.com – Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E Suma) KLHK jalin kerjasama dengan kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP YAPI) Bone dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bone.

Kolaborasi dan Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahamanan atau MoU pada Selasa (21/03/2023) di Watampone.

Diketahui Kampus STIP YAPI ini berdiri sejak 2007 dan memiliki tiga Program Studi yakni agrobisnis perikanan, agrobisnis pertanian dan agrobisnis teknologi.

Kampus yang terletak di Jalan Yos Sudarso Kecamatan Tanete Riattang ini merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP-YAPI)  yang  diharapkan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian yang unggul dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan tenaga-tenaga terlatih pada umumnya dan  bermoralkan Pancasila pada khususnya pada  Tenaga Ahli Pertanian, Agribisnis Pertanian dan Agrobisnis Perikanan.

Ketua STIP YAPI Bone, Dr Ir Hj Andi  Besse Dahliana MP, mengatakan bahwa dengan adanya penandatangan kerjasama  ini akan sangat berarti bagi kemajuan kampus ke depannya.

KLIK INI:  Menjaga Keseimbangan Lingkungan dan Ekosistem Mangrove ala PLN

“Sekarang ini eranya koloborasi dan inti dari institusi pendidikan adalah Tri Dharma Pendidikan yakni; penelitian dan pengabdian masyarakat dan prodi- prodi kami ini sudah berjalan dengan  baik,” jelas Andi Besse.

Menurutnya, kampus STIP YAPI sangat konsen pada visi pengabdian dan kemandirian dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mampu mendukung pelaksanaan pembangunan nasional.

“Memajukan diri dan masyarakat serta mempertinggi mutu kebudayaan Bangsa adalah komitmen kami sebagai insan akademik,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Bone diwakili oleh Andi Takdir S.T., M.Si selaku Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran  dan Kerusakan Lingkungan menyambut baik Kerjasama tiga stakeholders ini.

Terlebih, pihaknya memang telah menjalin kerjasama seperti KKN tematik di kantor DLH Bone maupun kolaborasi dalam ragam kegiatan lingkungan di Bone.

“Kedepannya semua KKN tematik dari STIP YAPI ini bisa dijalankan pada desa yang menjalankan Program Proiklim,” tuturnya.

KLIK INI:  Kapus P3E Suma: Dua Strategi Pengurangan Sampah, Tetapi Perilaku Masyarakat Kuncinya

Di kesempatan yang sama, Kepala Pusat P3E SUMA KLHK, Dr Darhamsyah menuturkan bahwa MoU merupakan bahagian dari pembaharuan dan semangat kolaborasi lintas kelembagaan.

“Berbicara tentang pertanian adalah bagaimana mengembangkan pertanian di hutan dan kami melihat potensi pertanian merupakan hal yang sangat strategis sebab menyangkut kebutuhan pangan bagi masyarakat,” jelas Darhamsyah dihadapan hadirin.

“Carilah kedepannya penelitian-penelitian yang unik dan baru,” pesannya kepada mahasiswa mahasiswi yang hadir.

Darhamsyah menekankan bahwa kampus tentu memiliki tanggungjawab moral pada pembangunan dan masyarakat yang tertian dalam Tridharma Pendidikan yakni; pendidikan , penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Kita punya tanggung jawab moral untuk  Pendidikan dan masyarakat,” pungkas Peraih ASN Teladan tingkat Pratama dari Kementerian PAN-RB ini.

Kegiatan ini juga dihadiri antara lain oleh Kepala Bidang Evaluasi Pengendalian Pembangunan Ekoregion  P3E SUMA KLHK, Merry Hadriyani Chairuddin, SE., M.Si  bersama jajarannya, Dinas LH Kab Bone serta Civitas Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi ilmu Pertanian (STIP YAPI) Bone.

KLIK INI:  Baznas Bulukumba Hijaukan Donggia di Hari Pohon Sedunia