Perihal Mental Block, Penyebab, dan Cara Mengatasinya secara Alami

oleh -408 kali dilihat
Perihal Mental Block, Penyebab, dan Cara Mengatasinya secara Alami
Ilustrasi-foto/Pixabay

Klikhijau.com – Mental block merupakan hambatan secara psikologis. Ia tertanam kuat dalam pikiran seseorang.

Akibatnya bisa  fatal, khususnya dalam mengambil suatu keputusan penting. Karena bisa mengarah kepada hal negatif.

Mental block adalah kondisi saat otak melakukan penolakan terhadap pikiran atau ingatan tertentu.

Apa dan bagaimana sebenarnya mental block itu?  Dikutip dari skripsi Mawaddah Ramadhana, (2020) dua pendapat ini menjawabnya:

Pertama, dalam buku Ir. H. Purwanto Yusdarmanto yang berjudul Spiritual Mental Block  2015) bahwa  mental block secara bahasa sama dengan limiting belief atau kurang rasa percaya diri.

Hal ini merupakan hambatan secara mental psikologis yang menyelubungi pikiran seseorang akibat program negatif yang ada dalamnya.

Mental block dapat muncul dan terjadi dari kekeliruan pengalaman hidup, pergaulan, sisa traumatik masa lalu, sisa luka batin, sisa pengalaman yang tidak mengenakan ketika kecil maupun karena kekeliruan atau kekurangtepatan cara pandang atau anggapan terhadap sesuatu bahkan akibat cara belajar atau pendidikan yang tidak tepat.

Kemunculannya bisa berbentuk kecanggungan bertindak, kesulitan berbicara dalam bidang retorikal, kesulitan mengaktualisasikan diri dan terkadang muncul dalam bentuk sindrom inferior complex atau sindrom rendah diri walaupun sebenarnya memiliki berbagai kelebihan, kecerdasan dan kemampuan yang lain.

Kedua, dalam buku Antonius Arif, Rahasia Menghancurkan Mental Block (2012) terungkap bahwa mental block juga merupakan salah satu hambatan seseorang untuk menyampaikan perasaan, kemampuan serta hal-hal lain yang menyangkup pesan verbal.

Mental block ini rentan terhadap kritik atau terhadap situasi emosional atau mudah merasa terancam (mudah panik, ketakutan tak beralasan baik terhadap kesehatan, hal-hal yang dipandang berbahaya, kemiskinan ataupun terhadap ketidakmampuan untuk mengontrol situasi atau diri sendiri, menganggap dunia bukan tempat yang aman).

Sederhananya mental block ini lahir karena faktor psikologis. Di mana kondisi saat otak melakukan penolakan terhadap pikiran atau ingatan tertentu, dan hal tersebut sulit dikendalikan.

Ciri-ciri mengalami mental block

Adapun ciri-ciri dari mental block, yakni:

  • Kurang fokus

Saat mental block melanda, maka sudah bisa dipastikan konsentrasi akan buyar. Sehingga membuat kurang fokus pada sesuatu. Pikiran dan keinginan akan bercabang, namun tidak ada satu pun yang bisa diselesaikan.

  •  Lebih sensitif

Bagi kamu yang mengalami mental block,  perasaanmu lebih sensitif alias mudah tersinggung. ini bisa disebabkan oleh rasa frustrasi karena  tidak bisa melakukan apa yang ingini. Padahal biasanya hal tersebut mudah saja.

Akibatnya kamu akan lebih mudah tersinggung terhadap perkataan orang lain dan apa yang terjadi di sekitarmu.

  • Merasa tertekan

Jika mengalami mental block, maka perasaan tertekan akan selalu muncul.  Bahkan perasaan tertekan ini bisa berakibat fatal, karena dapat memicu  stres dan depresi jika tidak segera diatasi

  • Gairah seks menurun

Mental block juga rupanya  bisa menurunkan gairah seks. Hal ini diyakini sangat berkaitan dengan  merosotnya semangat dan perasaan tertekan.

  • Sulit tidur

Sulit tidur juga menjadi salah satu ciri dari teror mental block. Jika kamu tidak bisa tidur nyenyak, akan mengakibatkan pula badan dan pikiran letih dan lelah sehingga kurang bersemangat.

  • Kurang semangat

Mental block bisa merampas semangat untuk melakukan sesuatu, bahkan hal yang paling disukai sekalipun.  

Pikiran dan keinginan akan berlawanan, ditambah lagi kondisi fisik yang ogah-ogahan untuk beraktivitas.

Penyebab mengalami mental block

Menurut UT Research Showcase dari The University of Texas in Austin. Penderita mental block paling banyak dialami oleh atlet. Namun, sebenarnya “penyakit” ini bisa melanda siapa saja.

Apa sih yang menyebabkan mental block? Ada beberapa faktor yang diyakini dapat menyebabkan terjadinya mental block, di antaranya kurang fokus, kurang tidur, senang menunda pekerjaan, hingga kondisi lingkungan yang kurang mendukung.

Cara mengatasi mental block secara alami

Untuk mengatasi mental block secara alami, berikut yang bisa dilakukan:

  • Menerapkan  gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat memang perlu diterapkan. Karena  tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kesehatan mental.

Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Kurangi berpikir negatif terhadap sesuatu dan pupuklah dirimu untuk selalu berpikir positif.

  •  Melakukan meditasi

Meditasi bisa jadi  cara efektif mengatasi mental block. Upayakan kamu menjauh dari hiruk pikuk yang bisa mengusik ketenanganmu.

Mendekatkan diri kepada Tuhan adalah meditasi terbaik yang bisa kamu lakukan.  Hal ini bisa membuatmu lebih tenang untuk mengisi energimu agar bisa melakukan lompatan yang lebih tinggi.

  • Tetirah

Bersentuhan dengan alam, khususnya mengunjungi pegunungan untuk menenangkan diri sangat baik untuk mengembalikan mental yang down.

Di alam bebas, energi atau semangat bisa dengan mudah kembali mengisi tubuh dan pikiran kita. Di alam bebas pula pikiran akan lebih jernih.

  • Berdamai dengan masa lalu

Hal-hal buruk dari masa lalu bisa jadi pemicu pula lahirnya mental block. Jika ini terjadi, hal yang perlu dilakukan adalah mengikhlaskan masa lalu. Yang berlalu biarlah berlalu.

Kenangan buruk dari masa lalu kerap  melahirkan pikiran dan perasaan yang negatif . Hal ini bisa membuka jalan mental block masuk ke dalam pikiran seseorang.

Maka berdamailah dengan masa lalu, sebab hari esok lebih penting daripada masa lalu.

  • Diskusi atau curhat

Pilihlah teman yang menurutmu bisa diajak bicara dari hati ke hati. Sehingga saat berkomunikasi kamu bisa lebih nyaman dalam meluapkan perasaan yang mengganjalmu.

  • Menulis

Menulis adalah terapi jiwa yang mengagumkan. Dengan menuliskan segala perasaan yang merongrong bisa  kamu salurkan tanpa menyakiti orang lain dan diri sendiri.

Menulis adalah curhat yang paling kreatif. Kamu tidak sekadar curhat, tapi melalui tulisan daya imajinasi dan kreatifitasmu bisa muncul dan tercurah

  • Me time

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan hal-hal yang kamu sukai. Asal hal itu tidak menyimpang dari kebaikan dan merugikan orang lain dan diri sendiri.

Nikmatilah apa yang ingin kamu nikmati!

KLIK INI:  Mengonsumsi Buah-buahan dapat Meningkatkan Kesehatan Mental