Perihal Green Job dan Istilah-Istilah yang Mengiringinya

oleh -21 kali dilihat
Merawat Bumi dengan Gaya Hidup Berkelanjutan
Ilustrasi-Foto/livegreen2go

Klikhijau.com – Green job atau pekerjaan hijau bisa diartikan berbagai jenis pekerjaan yang arah tujuannya adalah untuk mendukung pelestarian lingkungan.

Kelahiran pekerjaan hijau bukan tanpa alasan, karena saat ini masyarakat semakin sadar akan dan peduli akan kelestarian lingkungan.

International Labour Organization (ILO) menjelaskan bahwa green job telah menjadi sebuah gerakan dari perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan.

Pekerjaan ini tidak terlepas dari lingkungan, baik untuk generasi sekarang maupun untuk generasi yang akan datang.

KLIK INI:  Kemasan Makanan Antimikroba, Sebuah Solusi Merawat Bumi

Pada tahun 2025 nanti, green job diprediksi bakar booming. Banyak lapangan pekerjaan yang akan terbuka yang berkaitan dengan lingkungan.

Hal ini diakui oleh CEO Google dan Alphabet, Sundar Pichai. Di mana tahun lalu Pichai mengumumkan  proyek terkait iklim bakal membuka lapangan kerja untuk lebih dari 20.000 pekerjaan yang terkait dengan industri dan energi bersih.

Joe Biden, selaku Presiden Amerika Serikat juga telah rencana baru yang secara drastis akan mengurangi emisi gas rumah kaca di negaranya.

Rencana tersebut akan menciptakan pula jutaan pekerjaan bergaji tinggi demi memerangi perubahan iklim. Kita semua tahu perubahan iklim menjadi hal yang mengerikan dan mengancam banyak bidang kehidupan.

KLIK INI:  Berawal dari Ketidaksengajaan, Cacing Lilin Ditemukan Bisa Atasi Masalah Plastik

Bagaimana dengan green job di Indonesia, apa juga cemerlang? Jika merujuk pada kesepakatan para menteri ketenagakerjaan  negara-negara ASEAN serta Korea, Korea, Republik Rakyat Tiongkok, dan Jepang pada tahun 2018 lalu. Mereka sepakat untuk mengampanyekan pekerjaan hijau.

Kesepakatan tersebut kemudian disimpulkan dalam ASEAN Labour Ministers Meeting (ALMM) ke-25 di Malaysia.  Karena itulah pemerintah Indonesia juga telah mengupayakan berbagai upaya demi mendukung pekerjaan hijau.

Istilah-istilah green job

Setiap hal baru umumnya menciptakan pula istilah-istilah baru, termasuk juga dengan pekerjaan hijau atau green job, di antaranya:

  • Green skills

Green skills adalah keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan untuk menyesuaikan produk, layanan dan proses agar ramah lingkungan, sebagai upaya pengembangan ekonomi yang berkelanjutan.

KLIK INI:  Bolehkah Memanaskan Daging Sapi?
  • Green jobs

Green jobs ini adalah bidang pekerjaan yang tidak dapat dilakukan tanpa pengetahuan luas tentang green skills. Tujuan dari jenis pekerjaan ini adalah demi melestarikan lingkungan.

  • Greening jobs

Apa itu greening jobs? Greening jobs merupakan bidang pekerjaan yang pada umumnya membutuhkan beberapa green skils, tapi masih bisa juga dilakukan tanpa green skill

  • Greening potential jobs

Yang dimaksud dengan greening potential jobs adalah bidang pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa green skils, tapi kadang-kadang membutuhkan beberapa tingkat penguasaan green skills

  • Non-green jobs

Untuk melaksakan pekerjaan ini, pekerja tidak harus memerlukan keterampilan hijau.

KLIK INI:  5 Peristiwa Alam yang Hanya Bisa Dijumpai di Musim Hujan
  • Green talent

Istilah ini merujuk pada seseorang atau komunitas yang memiliki bakat di bidang lingkungan. Mereka akan bekerja dengan cara mengembangkan bakat dan hobinya demi melestarikan lingkungan

Nah, sahabat hijau, itulah istilah-istilah yang biasa digunakan dalam pekerjaan hijau atau green job, jika masih ada yang terlewatkan, silakan berbagi!

KLIK INI:  Aksi ‘Blackmores Peduli Nutrisi Bunda’, Upaya Penuhi Kebutuhan DHA Ibu Hamil di Kota Solo