Peduli Perubahan Iklim, Ini Opsi Lain Pekerjaan Ramah Lingkungan

oleh -104 kali dilihat
Peduli Perubahan Iklim, Ini Opsi Lain Pekerjaan Ramah Lingkungan
Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Jeneponto/Foto-fajar.co.id

Klikhijau.com – Rentang periode 10 hingga 20 tahun terakhir, kesadaran akan perubahan iklim telah meningkat. Ini termasuk pekerjaan yang tumbuh secara eksponensial.

Semua berkat hasil inovasi di lapangan, misalnya penggunaan turbin angin dan panel surya menciptakan pekerjaan yang sebelumnya tidak ada.

Di masa yang akan datang, akan semakin banyak pekerjaan yang masuk dalam kategori keberlanjutan. Industri akan menghadapi manajemen sumber daya yang lebih ketat.

Hal ini otomatis membuka pintu bagi pekerjaan yang berfokus pada penyelamatan bumi.

KLIK INI:  Terumbu Karang Spermonde Memanggil untuk Diselamatkan

Pekerjaan ramah lingkungan, menurut UNEP, UN Environment, diklasifikasikan sebagai pekerjaan yang memiliki manfaat bagi lingkungan.

Menurut UNEP, pekerjaan itu termasuk konservasi, biofuel, energi panas bumi, remediasi lingkungan, daur ulang, kendaraan listrik, tenaga surya, dan turbin angin.

Jika Anda ingin berkarier sekaligus berpartisipasi menjaga bumi, beberapa pekerjaan ramah lingkungan berikut bisa jadi pilihan.

# Pekerja konstruksi

Perencanaan konstruksi dan pekerjaan di tingkat perumahan dan komersial salah satu pekerjaan yang cocok. Anda dapat mengambil bagian dalam membantu membangun struktur yang lebih berkelanjutan.

Praktik konstruksi modern melibatkan penggunaan sistem HVAC hemat energi, teknologi rumah pintar, jendela hemat energi, perbaikan insulasi.

Bukan cuma itu tentunya. Penggunaan cat tidak beracun, reklamasi air, panel surya dan banyak lagi.

Pekerjaan semacam ini misalnya pekerja konstruksi, manajer lokasi, insinyur struktural, insinyur desain sistem, arsitek, pemasang HVAC, teknisi atau spesialis penutup lantai.

# Petani organik

Saat populasi di bumi ini terus tumbuh, produksi makanan menjadi fokus utama bagi banyak orang. Tapi makanan buatan yang penuh pengawet bukanlah solusi yang baik.

Jika Anda orang yang ingin benar-benar melihat dan menikmati hasil kerja Anda, petani organik mungkin cocok untuk Anda.

# Penulis

Selalu ada kekuatan dalam kata-kata, tetapi berbeda jika berbicara di depan umum. Banyak orang yang memiliki kekuatan-kekuatan itu dalam tulisan-tulisannya.

Anda dapat mengekspresikan informasi yang sama melalui kata-kata tertulis. Misalnya, Anda dapat bekerja sebagai jurnalis yang meneliti perusahaan yang mencemari lingkungan.

Anda juga berpeluang untuk membuat konten di media sosial. Merumuskan kampanye media sosial yang menciptakan kesadaran tentang masalah lingkungan.

KLIK INI:  Menelisik Dampak Tes Nuklir bagi Manusia dan Lingkungan
# Guru atau pembicara publik

Pendidikan masih menjadi alat yang ampuh menginspirasi untuk mengubah kebiasaan orang.

Sebagai guru atau pembicara publik, Anda dapat memberi tahu banyak orang tentang topik-topik penting seperti perubahan iklim .

Ini akan memungkinkan Anda untuk mendidik masyarakat tentang kebutuhan lingkungan.

Mengedukasi tentang langkah-langkah yang dapat mereka ambil sebagai individu untuk menurunkan jejak ekologis mereka.

# Mekanik mobil listrik

Jumlah mobil listrik di jalan terus meningkat. Ini menjadikan pekerjaan sebagai mekanik mobil termasuk pilihan karir yang menjanjikan di masa depan.

Dalam posisi ini, Anda dapat melakukan perbaikan atau bahkan mengubah kendaraan yang boros bensin menjadi mobil listrik.

# Konsultan bisnis

Sebagai konsultan, Anda dapat menggunakan pengetahuan untuk memberi saran pada para pebisnis.

Misalnya, Anda memiliki pengalaman sebagai kontraktor, arsitek atau insinyur. Anda dapat membantu pebisnis mengidentifikasi bahan atau sistem yang ramah lingkungan selama konstruksi atau merombak.

# Insinyur

Ada ratusan jenis gelar dengan berbagai peluang kerja dalam keberlanjutan. Keahlian di bidang masing-masing bisa mengembangkan teknologi berbasis ramah lingkungan.

Sementara insinyur produk, sistem, dan mekanik juga dapat menemukan cara agar bisnis dan manufaktur menjadi lebih ramah lingkungan.

Insinyur yang fokus pada desain perkotaan dapat memengaruhi infrastruktur seluruh kota.

Sementara insinyur struktural dapat bekerja merancang bangunan berbahan ramah lingkungan dan sistem energi pasif.

KLIK INI:  Begini Bentuk Kepedulian Artis Hollywood Kate Hudson Terhadap Lingkungan