Pantas Pesantren di Pangkep Ini Budidaya Bunga Rosella, Begini Khasiatnya!

oleh -1,157 kali dilihat
Pantas Pesantren di Pangkep Ini Budidaya Bunga Rosella, Begini Khasiatnya!
Nisya Sawah di lokasi budidaya rosella Pangkep.

Klikhijau.com – Dua hari lalu, Nisya Sawah, seorang pegiat pertanian organik dari desa Pitusunggu, Pangkep memasang foto di facebook sedang memanen bunga rosella. Saya yang penasaran lalu bertanya: apakah warga di sana memang budidaya rosella?

Benar saja. Pionirnya adalah sebuah pesantren bernama Showatul Is’ad, lebih familiar dengan nama pesantren Sohid. “Ada sekitar 2 hektare tanaman rosella milik pesantren,” kata Nisya.

Pihak pesantren menjadikan tanaman ini sebagai bahan baku makanan dan minuman. Yah, di pesantren Sohid Padang Lampe, bunga rosella diolah menjadi sirup, selei, dodol dan lainnya.

Itulah yang menarik perhatian ibu-ibu dari desa Pitusunggu Pangkep belajar langsung mengolah bunga rosella. Mereka mengunjungi pesantren bahkan menggelar pelatihan langsung di sana. Dimentori oleh Pak Amang, seorang guru pesantren yang ahli pengolahan dan budidaya rosella.

Walhasil, beberapa bulan terakhir semakin banyak warga yang menanam bunga rosella, termasuk Nisya Sawah. Mereka tertarik dengan bunga rosella agar bisa mengolahnya.

KLIK INI:  Memikat dan Terus Diburu, Harga Janda Bolong Semakin Bombastis

Saya pun semakin penasaran, apa keistimewaan bunga rosella. Lalu, saat membuka sumber bacaan tentang bunga rosella, saya menjumpai betapa bunga satu ini kaya manfaat. Pantas saja, pesantren Sohid, Nisya Sawah dan warga desa Pitusunggu kini tertarik menanamnya.

Berikut penjelasannya.

1. Sumber Antioksidan

Kandungan manfaat antioksidan pada kelopak bunga rosella terdapat pada senyawa fenolik. Kandungannya lebih besar empat kali ketimbang antioksidan pada manfaat daun kumis kucing.

Senyawa lain pada antioksidannya seperti antosianin dan gossipetin memberikan perlindungan yang terjadi akibat penuaan seperti gejala penyakit diabetes, gejala penyakit jantung, sampai gejala kanker.

2. Pencegahan kanker

Kandungan zat yang ditemukan dalam bunga rosella, menghambat petumbuhan sel-sel kanker yang berbahaya pada tubuh.

Kerusakan DNA pada sel dapat ditanggulangi dengan manfaat bunga rosella, seperti pencegahan pada gejala kanker darah (leukimia).

3. Meningkatkan Sistem kekebalan

Rosella dapat membantu tubuh kita untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Seperti kita ketahui, sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk mencegah penyakit. Dengan mengkonsumsi rosella, sistem kekebalan tubuh kita meningkat secara bertahap. Konsumsi teh rosella secara teratur di pagi hari.

KLIK INI:  Punya Tanaman Kecubung di Sekitar Rumah Anda? Ini Bahaya dan Manfaatnya
4. Diet Alami

Bagi mereka yang kelebihan berat badan akan mengurangi berat badan, teh rosella adalah diet yang sempurna.

Manfaat vitamin C dalam Rosella dapat membantu tubuh kita untuk melepaskan lemak dan kolesterol. Untuk menghilangkan berat badan, mengkonsumsi rosella di pagi hari dan pada malam hari sebelum tidur akan meningkatkan metabolisme.

Ketika tubuh memiliki metabolisme yang baik. Proses menurunkan berat badan lebih mudah sehingga dapat memiliki berat badan yang ideal lebih cepat.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Teh rosella bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk menurunkan tekanan darah. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan rosella yang membantu orang-orang dari masalah kolesterol.

Ketika tekanan darah meningkat, metabolisme secara keseluruhan akan tergangg. Teh rosella mengontrol tekanan darah sehingga dapat bekerja dengan baik untuk menghindari masalah serius bagi kesehatan.

****

Pada ekstrak kelopak bunga rosella dapat menggantikan pemberian captopril pada penderita hipertensi. Pada terapi teh rosella yang mengkonsumsi selama 12 hari, terdapat penurunan tekanan darah sistolik mencapai 11,2 %.

Kelopak rosella mengandung unsur seperti kalsium, karotena, thiamine, niacin, kalsium, riboflavin, protein, lemak dan air. Hal inilah yang menjadikannya baik untuk dikonsumsi.

Dahsyat kan? Bila penasaran, segera ikut menanamnya. Atau berkunjunglah ke pesantren Sohid di Pangkep sembari mampir di rumah Nisya Sawah.

KLIK INI:  Dalam Hujan, Bunga ini Akan Menyisakan Kerangka