Namanya Burung Potoo, Ia Ahli Menyamar

oleh -1,266 kali dilihat
Namanya Burung Potoo, Ia Ahli Menyamar
Burung potoo/foto-Mongabay
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Saat hari sudah gelap, ia akan berburu mencari serangga untuk di makan. Namanya burung Potoo. Ia merupakan jenis burung nocturnal.

Pada siang hari, ia akan bertengger di bagian ujung batang pohon. Ia memiliki keahlian menyamar menyerupai pohon tempatnya bertengger. Kemampuan kamuflasenya ini membantunya bertahan hidup.

Karenanya pula burung ini kerap tak terlihat oleh siapa pun. Jika dilihat saksama, burung potoo terlihat jauh berbeda dari burung pada umumnya.

Ia memiliki mata besar seolah melotot, tubuhnya cukup besar, kepalanya pun besar, paruhnya lebar, dan jika membuka paruhnya, mulutnya juga bakal terbuka dengan sangat lebar. Ia burung yang cukup mengerikan.

KLIK INI:  Mengurai Kemisteriusan Penguin Jambul Tegak dan Penyebab Ancaman Kepunahannya

Dan kemanpuannya menyamaran tentu saja juga dipakai untuk mengelabui calon calon mangsanya. Matanya yang begitu besar membantunya bernavigasi di malam hari untuk mencari mangsa.

Ia akan membekukan dirinya pada batang pohon, tak bergerak sedikit pun, bahkan tak juga bernafas jika menemui ancaman

Menurut yang dimuat di Mongabay, burung potoo terdiri atas tujuh spesies, serta dijumpai di seluruh wilayah Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Beberapa spesies juga ditemukan di Amerika Utara, kecuali Kanada dan Amerika Serikat.

Populasi menurun

Burung ini juga hidup di tiga pulau Karibia yaitu Jamaika, Hispaniola dan Tobago. Potoo umumnya memang tak banyak bergerak, meskipun kadang-kadang mereka masuk ke Kawasan perumahan penduduk maupun pelabuhan.

KLIK INI:  Kayu Rasamala, Tumbuhan Berkayu Awet yang Bisa Mendongkrak Vitalitas

Burung ini juga hidup di Amerika Tengah hingga Selatan, dari Meksiko hingga Argentina, dengan keragaman terbesar terjadi di cekungan Amazon, tempat hidup 5 spesies. Burung ini juga ditemukan di setiap negara Amerika Tengah dan Selatan kecuali Chile.

Beberapa spesies muncul di hutan yang lebih kering. Namun, habitatnya utamanya adalah hutan lembab dan semi-lembab.

Burung ini termasuk burung monogami. Pasangan induk akan mengerami telur dan membesarkan anaknya hingga dewasa.

Selain bentuknya, yang aneh dari burung ini adalah tidak membangun sarang. Ia memanfaatkan celah celah batang pohon untuk menempatkan telurnya yang hanya satu.

Dan yang lebih mengerikan lagi dari burung ini, karena populasinya terus menurun.

KLIK INI:  Jarang Terekspos, Ini 9 Fakta Unik dari Bintang Laut