Meski Daun Ini Beraroma Seperti Kentut, Namun Manfaatnya Segudang

oleh -8,756 kali dilihat
Meski Daun Ini Beraroma Seperti Kentut, Namun Manfaatnya Segudang
daun sembukan/foto-tokopedia
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Sewaktu kecil, saya mempunyai pengalaman yang menarik mengenai obat-obatan tradisional. Di antaranya daun sembukan ketika perutku kembung tak kunjung merada.

Ibu saya selalu bilang, “Sik, nduk. Tak jupukke godhong sembukan nek cedak omah” (baca: sebentar, Nak. Saya ambilkan daun sembukan di dekat rumah).

Apa hubungannya perut kembung dan daun sembukan? Apa itu daun sembukan yang biasa disebut dengan daun kentut? Apakah daun atau tanaman tersebut memang mengeluarkan kentut seperti manusia? Mari kita tengok sejenak.

KLIK INI:  4 Manfaat Rumput Fatimah dan Bahayanya Untuk Ibu Hamil
Daun dengan aroma bau seperti kentut

Nama Latin tanaman ini adalah Paederia foetida. Tanaman ini merupakan tumbuhan tak berkayu yang berasal dari Asia Timur dan Asia Selatan. Tanaman ini tumbuh merayap di permukaan tanah, merambat di pagar, atau di pohon inang.

Daun kentut ini juga memiliki beberapa nama berbeda di berbagai daerah. Ada yang menyebutnya sebagai bintaos (Madura), kahitutan (Sunda), kasembukan/sembukan (Jawa dan Sumatra), gumi siki (Ternate).

Sedangkan dalam bahasa Inggris, tanaman ini disebut skunk vine, stink vine, atau chinese fever vine.

KLIK INI:  4 Manfaat Daun Jeruk Purut, Poin Terakhir Paling Didambakan Pria Dewasa

Tanaman ini diberi nama daun kentut karena apabila daunnya diremas maka akan mengeluarkan aroma tidak sedap seperti kentut.

Manfaat daun kentut

Meskipun mengeluarkan aromanya yang tidak sedap, tanaman ini justru memiliki banyak manfaat.
Biasanya daunnya dikonsumsi sebagai lalap atau sayur.

Misal di Jawa Timur, daun kentut biasa diolah menjadi makanan yang disebut pelas atau gembrot sembukan.

Selain itu, daun kentut juga bermaanfaat sebagai obat antiinflamasi, antikanker, antihelmintik (obat cacing), antispasmik, dan antidiare.

Di Indonesia, daun kentut biasa dimanfaatkan untuk mengobati gangguan usus, sakit lambung, perut kembung, obat disentri, dan obat harpes.

KLIK INI:  7 Manfaat Istimewa Buah Jamblang, Poin Terakhir Paling Ajaib