Mengintip Keprihatinan Cristiano Ronaldo atas Kebakaran Hutan Amazon

oleh -356 kali dilihat
Mengintip Keprihatinan Cristiano Ronaldo atas Kebakaran Hutan Amazon
Cristiano Ronaldo/Foto-DeviantArt

Klikhijau.com – Api tak kenal tempat. Ia menghidupkan dan juga mematikan. Ia harapan sekaligus ancaman.

Hal itu “setidaknya” akan kamu jika nonton anime Avatar, ada kata-kata yang cukup basah di ingatan, “Sebelum negara api menyerang”. Kata-kata itu seolah menegaskan bahwa api bisa memberi harapan dan juga mengacaukan banyak. Termasuk menghanguskan hutan.

Sangat sering kita dapati sang jago merah itu menyelamatkan hidup banyak orang dan juga meninggalkan kisah pilu.

Mengenai kisah pilu dari api, kali ini kembali menjenguk, yakni kebakaran paru-paru dunia, hutan Amazon, Brasil.

Kebakaran hutan itu, tak hanya mengetuk pintu media untuk menulis setumpuk berita, tapi juga mengetuk bintang sepak bola yang kini membela Juventus, Cristiano Ronaldo.

KLIK INI:  Ketika Dua Menteri Perempuan Menolak Disuguhi Air Mineral Botol Plastik

Top skor Liga Champions tersebut menjadi satu di antara beberapa pesepak bola yang turut prihatin dengan peristiwa kebakaran hutan hujan tropis Amazon.

Ia membagikan foto kebakaran hutan Amazon lengkap dengan kata-kata yang menekankan bahwa kita semua harus memiliki tanggung jawab untuk memadamkannya.

Sayangnya, sangat disayangkan, beberapa media dan warganet lebih menyorot foto yang dibagikan Cristiano daripada pesannya. Sebab banyak menilai foto itu keliru, foto itu adalah foto kejadian 2013 lalu.

Namun, bagi saya tak penting fotonya, yang penting adalah rasa kepedulian Ronaldo kepada lingkungan, khususnya hutan Amazon yang menyimpan banyak oksigen bagi keberlangsungan hidup dunia ini.

Iya, gambar yang diposting Ronaldo menurut laporan Globo Esporte, Jumat, 23 Agustis 2019. Merupakan gambar kebakaran pada 2013 yang terjadi di Stasiun Ekologi Taim di Rio Grande do Sul, Brasil.

Bagi saya, kita tak harus fokus pada kesalahan fotonya, tapi kita harus fokus pada kepedulian dan pesan lingkungan pemain asal Portugal itu.

CR7, begitu mantan pemain Real Madrid itu biasa disapa. Pada intinya dia hanya ingin mendoakan agar api segera padam. Ronaldo prihatin melihat hutan yang menjadi paru-paru dunia itu terbakar hebat.

Sebab kebakaran tahun ini adalah kejadian terparah dibandingkan 2013 silam. Berdasarkan data satelit Institut Nasional untuk Penelitian Luar Angkasa (Inpe), sudah ada lebih dari 73.000 titik api di Amazon, bahkan asap kebakaran sudah bisa terlihat dari luar angkasa.

KLIK INI:  Yosepha Alomang: Lawan Freeport untuk Kesejahteraan Masyarakat Papua

Yang lebih memiriskan dan mencemaskan, angka tersebut meningkat 83% pada 2019 dibandingkan periode antara Januari dan Agustus 2018.

Penasaran apa kata-kata CR7 pada postingan di media sosialnya.

“Hutan hujan Amazon menyediakan 20 persen oksigen dunia dan sudah terbakar dalam tiga minggu terakhir. Ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk menyelamatkan planet ini. #prayforamazonia,” tulisnya di instagram miliknya.

Kita semua patut berharap dan berdoa agar hutan Amazon bisa cepat selamat dari kobaran api. Sebab jika tidak, seluruh dunia dalam kondisi yang mengkhawatirkan.

KLIK INI:  Perubahan Iklim Telah Melangitkan Harga Pohon Natal