Mengenal Satwa Harapan, Jenis dan Manfaatnya bagi Manusia

oleh -658 kali dilihat
Mengenal Satwa Harapan, Jenis dan Manfaatnya bagi Manusia
Rusa timor-/klhk

Klikhijau.com – Apa yang dimaksud dengan satwa harapan? Istilah ini berkembang seiring meluasnya pengembangan sektor peternakan dimana beberapa jenis hewan diambil hasilnya secara ekonomi.

Sahabat Hijau, sebelum membahas pengertian satwa harapan, agaknya penting untuk memahami definisi istilah yang lazim kita dengar yakni hewan dan ternak. Apa beda pemaknaan pada dua kata ini?

Hewan memiliki pengertian luas yakni semua binatang liar maupun jinak atau dipelihara. Sedangkan istilah ternak lebih spesifik lagi yakni hewan yang kehidupannya diatur dan diawasi manusia, serta dipelihara karena adanya hasil atau jasanya diambil demi menunjang kebutuhan manusia.

Lalu, apa yang dimaksud dengan satwa harapan? Satwa harapan adalah binatang atau satwa selain binatang yang dipelihara atau diternakan dan diharapkan jika diusahakan akan menghasilkan bahan dan jasa seperti ternak.

Dalam pengertian lain, satwa harapan merupakan satwa liar yang dapat memberikan manfaat ekonomis dan non ekonomis jika dipelihara atau diternakan.

KLIK INI:  Bagaimana Tumbuhan di Hutan Kota Berfungsi sebagai Peredam Kebisingan?

Manfaat satwa harapan

Alasan kunci mengapa budidaya satwa liar dilakukan adalah untuk kepentingan ekonomis. Hal itu karena satwa-satwa tersebut dapat menghasilkan produk, seperti daging, minyak, gading, tanduk, taring, kulit dan lainnya yang mempunyai unsur keindahan.

Demi menjaga kelestariannya, dilakukan budidaya dan pengembangan satwa liar melalui domestikasi atau penangkaran. Beberapa pola yang dapat dikembangkan adalah game ranching dan game farming.

Adapun prinsip budidaya satwa harapan harus menyesuaikan dengan jumlah satwa liar pada batas tertentu yang diambil dari alam, kemudian dilakukan pengembangan dari keturunan-keturunan yang berhasil ditangkarkan.

Setidaknya ada empat syarat untuk melakukan budidaya atau penangkaran satwa, antara lain:

  • Obyek atau satwa liar harus diperhatikan populasinya di alam, apakah mencukup atau tidak, memperhatikan kondisi spesies meliputi ukuran tubuh dan perilaku, serta proses pemeliharaan dan pemanfaatannya.
  • Harus menguasai ilmu dan teknologi, meliputi ilmu ekologi satwa liar serta teknologi sesuai perkembangan zaman.
  • Dibutuhkan tenaga terampil untuk menerapkan konsep ekologi serta pengelolaan penangkaran.
  • Diperlukan masyarakat dengan sosial budaya sesuai sebagai sasaran utama proses pemasan produk.

Aktivitas penangkaran yang bertujuan budidaya harus berorientasi pada kepentingan komersil, terutama peningkatan kualitas. Dengan demikian, metode yang diterapkan dapat meningkatkan jumlah produksi sesuai kaidah ekonomi dan kebutuhan pasar.

KLIK INI:  BBKSDA Sulsel Sosialisasi Kebijakan Penangkaran Rusa di UDIKLAT PLN Makassar

Cara ini menerapkan teknologi reproduksi tinggi, seperti inseminasi buatan atau transplantasi embrio agar menghasilkan keturunan yang baik dan terjadi peningkatan genetik.

Hanya saja metode ini hanya boleh diterapkan bagi satwa di penangkaran karena terkait dengan nilai etika dan undang-undang perlindungan satwa liar.

Jenis Budidaya Satwa Harapan

Pada umumnya pemeliharaan satwa harapan dilakukan oleh pencinta hewan. Atau mereka yang memiliki passion di bidang lingkungan.

Rusa adalah satwa harapan yang terbilang mewah dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Namun penangkarannya membutuhkan pendekatan khusus baik dari segi pemeliharaan maupun perawatannya.

Berikut ini beberapa jenis satwa harapan yang paling banyak dibudidaya antara lain:

  • Budidaya cacing tanah
  • Budidaya jangkrik
  • Budidaya lebah madu
  • budidaya ulat sutra
  • budidaya ular
  • budidaya burung puyuh
  • budidaya rusa
  • dan sebagainya

Demikianlah pembahasan mengenai satwa harapan, manfaat dan jenisnya, semoga menambah wawasan Anda!

*sumber

KLIK INI:  Selain Biota Laut, Rusa di Nara Park Juga Mati Karena Sampah Plastik