Menakjubkan, Ular Bermata Tiga Ditemukan di Australia

oleh -147 kali dilihat
Monty, ular bermata tiga
Monty, ular bermata tiga/foto-Northern Territory Parks and Wildlife
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Ular, di kampung saya makhluk melatah itu akan dibincangkan tanpa ujung jika ada yang melihatnya. Penyebabnya sederhana saja, sebab sangat jarang warga melihatnya.

Pun jika ada yang melihatnya, ular kerap dihubungkan dengan hal mistik dan mitos, semisal penjaganya ini dan itu sehingga  warga tak berani membunuhnya jika ada melihatnya

Namun, cerita di kampung saya akan berbeda dengan Australia. Menurut tulisan Gita Laras Widyaningrum di Nationalgeographic.co.id yang dipublikasikan, Senin, 6 Mei 2019, ular sangat mudah di negeri kanguru itu.

KLIK INI:  Tim WRU BBKSDA Sulsel Lepasliaran Ular Sanca Kembang

Kata Gita, ular bisa ditemukan mulai dari pantai hingga permukiman warga. Namun, ular yang ditemukan belum lama ini sangat tidak biasa: ia memiliki tiga mata.

Ditemukan oleh petugas di kota kecil bernama Humpty Doo, Australia, tiga mata pada ular ini tampaknya berfungsi penuh. Mata tambahannya berada di atas dahinya yang bersisik.

Dari waktu ke waktu, kita kerap melihat ular polychepaly (memiliki lebih dari satu kepala) di alam liar. Namun, menurut para petugas, kasus ular bernama Monty ini tidaklah sama.

Hasil pindai sinar X menunjukkan bahwa ia tidak memiliki dua kepala terpisah yang ditempa bersama. Monty hanya punya satu tengkorak dengan tiga soket mata. Ini membuatnya ‘ahli’ dalam mengintip dan melihat sesuatu yang vertikal.

KLIK INI:  Detektif Sarah dan Kulit Ular Phyton

“Matanya mungkin sudah berkembang sangat awal selama tahap perkembangan embrio,” ujar pihak Northen Territory Parks and Wildlife dalam sebuah unggahan di akun Facebook-nya.

“Sangat tidak mungkin itu berasal dari faktor lingkungan. Pada kenyataannya, kasus reptil cacat memang sering terjadi,” tambah mereka.

Meski mata ketiganya ini memberikan beberapa keuntungan selama hidupnya (seperti memata-matain ancaman dari atas), tapi itu tidak bisa memberikan Monty umur panjang. Ia baru ditemukan Maret, tapi kemudian meninggal pada minggu lalu ketika masih remaja.

“Sangat luar biasa Monty mampu bertahan hidup begitu lama di alam liar dengan kelainan bentuknya. Diketahui bahwa ia kesulitan makan sebelum mati minggu lalu,” ungkap Ray Chatto, salah satu petugas.

Saya membayangkan, ada warga dari kampung saya yang ke Australia, dan ketika pulang cerita yang tak akan habis diceritakan tentang ular yang ia temukan dengan mudah di negara itu. hehehe

KLIK INI:  Tire, Idola Baru Masyarakat Kindang