Memetik Manfaat Menakjubkan dari Aktivitas Makan Bersama Keluarga

oleh -30 kali dilihat

Klikhijau.com – Jarak dan aktivitas yang padat, kerap jadi pemicu kurangnya waktu bersama keluarga. Padahal meluangkan waktu bersama keluarga adalah kemewahan tersendiri.

Apalagi jika dilakukan dengan cara makan bersama. Bukan hanya akan membuat waktu terasa sangat berharga, tetapi juga membawa banyak manfaat.

Acap kita mendengar, bahwa keluarga adalah hal terpenting dalam hidup seseorang. Banyak yang rela melakukan apa saja demi keluarganya.

Membahagiakan keluarga, khususnya kedua orang tua dan anak selalu menjadi prioritas. Tapi tahukah Anda, ada satu hal yang bisa dilakukan untuk menyerap rasa bahagia itu bersama, yakni dengan rutin makan bersama keluarga.

KLIK INI:  Bonsai Tanaman dan 6 Rahasia Istimewa yang Membuat Pegiatnya Betah

Aktivitas itu terlihat sepele, tapi mengandung banyak manfaat. Dengan makan bersama keluarga, maka komunikasi antara anggota famili akan lebih erat.

Di meja makan, komunikasi antara anak dan orang tua pun sering terjalin. Hal ini akan melatih kemampuan komunikasi antara sesama keluarga, baik itu anak kepada orang tuanya dan juga orang tua kepada anaknya.

Bagi seorang anak, makan bersama bisa jadi pelajaran yang berharga. Karena mereka bisa membantu orang tuanya memasak, menyiapkan makanan atau sekadar menyiapkan piring makan dan air minum. Seorang anak juga akan belajar membereskan meja makan seusai acara makan bersama digelar.

Berpengaruh ke akademik anak

Manfaat tak terduga lainnya dari makan bersama keluarga, khususnya bagi si anak adalah dapat meningkatkan prestasi akademik.

Hal ini terbukti pada beberapa penelitian, misalnya penelitian di University of Illinois yang meneliti 120 anak-anak berusia 7 hingga 11 tahun.

KLIK INI:  Apa Itu Keberlanjutan atau Sustainability?

Anak-anak yang  memiliki waktu makan berkualitas dengan keluarganya dapat melakukan kinerja yang lebih baik dalam tes akademik.

Sementara itu, The National Center on Addiction and Substance Abuse (CASA) juga mengungkapkan bahwa para remaja yang acap makan malam dengan keluarganya lebih banyak yang mendapatkan nilai yang bagus dan berprestasi di sekolahnya.

Selain itu dengan makan bersama keluarga dapat tertanam kebiasaan makan yang sehat. Karena makanan yang disajikan umumnya disiapkan sendiri oleh keluarga.

Studi juga menunjukkan bahwa orang-orang yang lebih sering makan bersama keluarganya akan lebih banyak menerima asupan sayuran, buah, dan zat gizi lainnya.

Manfaat paling keren adalah dengan makan bersama keluarga dapat menjaga kesehatan mental. CASA melaporkan bahwa kegiatan seperti makan-makan bersama keluarga ternyata juga memengaruhi kesehatan mental seseorang, terutama pada kalangan remaja dan dewasa muda.

KLIK INI:  Beri Makanan Ini Jika Ingin Memiliki Buah hati yang Cerdas!
Mengurangi stres

Temuan terbaru dari manfaat makan bersama keluarga seperti dilansir dari Earth dapat mengurangi stress.

Hal itu dibuktikan oleh sebuah survei baru dari American Heart Association mengungkapkan bahwa 91 persen orang tua memperhatikan bahwa stres keluarga mereka berkurang saat mereka makan bersama. Di antara responden, 84 persen berharap mereka bisa lebih sering makan bersama keluarga.

Secara keseluruhan, para peserta melaporkan bahwa mereka makan sendirian sekitar separuh waktu. Penelitian menunjukkan bahwa pengurangan stres, berhubungan dengan orang lain dan meluangkan waktu untuk bersantai adalah manfaat terbesar dari waktu makan keluarga.

Tingkat stres ditemukan sangat tinggi di antara 27 persen responden, sementara 65 persen mengatakan mereka setidaknya agak stres.

Stres kronis diketahui meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Hasil survei menunjukkan bahwa waktu makan bersama keluarga bisa menjadi solusi sederhana untuk membantu mengelola stres.

KLIK INI:  Anak yang Aktif Bergerak Saat Belajar, Dapat Membantu Mereka dalam Belajar

Dr. Erin Michos, direktur asosiasi kardiologi preventif di Johns Hopkins mengatakan, berbagi makanan dengan orang lain adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres, meningkatkan harga diri, dan meningkatkan hubungan sosial, terutama untuk anak-anak.

“Stres kronis dan terus-menerus juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke seumur hidup Anda, jadi penting bagi orang-orang untuk menemukan cara untuk mengurangi dan mengelola stres sebanyak mungkin, sesegera mungkin,” ungkapnya.

Sebagian besar responden survei mengatakan bahwa mereka cenderung membuat pilihan makanan yang lebih sehat saat makan bersama orang lain. Tetapi, mengalami kesulitan menyelaraskan jadwal dengan teman atau keluarga untuk melakukannya.

“Kami tahu tidak selalu semudah kedengarannya untuk mengumpulkan orang pada waktu makan. Seperti kebiasaan sehat lainnya, izinkan diri Anda untuk memulai dari yang kecil dan membangun dari sana, ”kata Dr. Michos.

“Tetapkan tujuan untuk mengumpulkan teman, keluarga, atau rekan kerja untuk sekali lagi makan bersama setiap minggu. Jika Anda tidak dapat berkumpul secara langsung, pikirkan bagaimana Anda dapat berbagi makanan bersama melalui telepon atau computer,” tutupnya.

Jadi, luangkan waktu makan bersama keluarga dan petik manfaatnya!

KLIK INI:  5 Aplikasi Meditasi Terbaik yang Bisa Mengatasi Stres Saat Swakarantina