Masih Melatih Renang di Usia 102, Ini 3 Rahasia Kesehatan Leo

oleh -167 kali dilihat
Masih Melatih Renang di Usia 102, Ini 3 Rahasia Kesehatan Leo
Leo saat melatih muridnya berenang/foto-dw.com
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Katanya, sejak berusia 100 tahun, teleponnya sering berdering. Banyak wartawan ingin tahu bagaimana ia bisa menikmati usia panjang dengan sehat.

Wartawan yang meneleponnya datang dari dari seluruh dunia Mereka penasaran dan ingin memberitakan apa resep Leopold Kuchwalek bisa hidup begitu lama dan awet muda.

“Bahkan di Rusia dan Jepang orang sudah memberitakan saya,” katanya.

Leo begitu ia biasa disapa, semasa mudanya adalah tukang kunci terlatih. Dia memiliki perusahaan instalasi di Berlin. Tahun 1984 dia mengambil ujian untuk menjadi instruktur renang.

KLIK INI:  Hobi Jalan Kaki, Tukimin Ikut Gerak Jalan 30 Km di Usia 113 Tahun

Dia mengambil ujian tersebut karena saat itu saat sudah pensiun. Dia tidak tahu apa yang harus dia lakukan dengan waktu luangnya. Maka dia memilih jadi pelatih renang. Sesuatu yang sangat disukainya.

Dia ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat. Karena suka berada di air, dia menghubungi Palang Merah untuk menjadi instruktur renang.

Sejak dinyatakan lolos sebagai pelatih renang pada tahun 1984. Sejak saat itu pula ia menjalani hidupnya menjadi pelatih renang hingga usianya menyentuh angka 102.

Pernah alami serangan jantung

Dia melatih setiap hari Kamis. Maka hari Kamis adalah hari yang paling dinantikan. Hari ketika ia kembali mengepak tas olahraganya dan naik bus selama satu jam ke kolam renang, termasuk dua kali ganti kereta. Dia menantikan kembali bertemu murid-muridnya dan melompat ke dalam air.

KLIK INI:  2 Jam Berada di Alam Tingkatkan Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya

“Saya selalu menjadi olahragawan air,” ujar Leo.

Setelah mengalami serangan jantung pada 17 tahun yang lalu, ia berhati-hati agar tidak kembali terkena serangan. Tapi seminggu sekali Leo masih bisa mengajar di kolam renang di Berlin-Lichterfelde. Kali ini, muridnya ada delapan orang, anak-anak berusia 6-8 tahun.

Dia mengalami dua perang dunia. Umurnya 16 tahun ketika Hitler berkuasa. Dia direkrut dan dikirim ke Front Timur sebagai petugas penghubung dengan mengendarai sepeda motor.

Pada akhir perang, dia menjadi tawanan Soviet dan menjalani kerja paksa di Stalingrad yang saat itu dalam masa rekonstruksi.

Untuk rahasia panjang umur dan sehat, dengan rasa suka cita, dia mengungkapkan resepnya, yaitu jangan merokok, lakukan sesuatu untuk orang lain dan tentu saja berenang.

Selain tiga hal tersebut, rahasia lain dari usia panjang umur dan sehat Leo, “Hidup ini telah saya jalani dan cintai,” ungkapnya.

KLIK INI:  Berpikir Positif, Cara Sederhana dan Murah Perpanjang Usia?