Manfaat Tanaman Ekor Kucing, Obati Luka Berdarah hingga Radang Usus

oleh -296 kali dilihat
Manfaat Tanaman Ekor Kucing, Obati Luka Berdarah hingga Radang Usus
Tanaman ekor kucing yang tumbuh di area Cafe Oase di Kabupaten Jeneponto Sulsel - Foto/Klikhijau

Klikhijau.com – Manfaat tanaman ekor kucing jarang diumbar, ketimbang popularitasnya sebagai tanaman hias. Di tengah kemunculan ragam tanaman hias, tanaman yang mengeluarkan bunga persis ekor kucing ini bahkan mulai jarang ditanam.

Padahal, terlepas dari perannya sebagai tanaman hias dengan bunga berwarna merah mencolok, tanaman ini sangat kaya manfaat. Sejak lama, ekor kucing kerap dimanfaatkan sebagai herbal untuk mengobati ragam penyakit.

Penasaran apa saja manfaat tanaman ekor kucing? Secara umum bagian bunga dari tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit disentri, radang usus, muntah, mimisan, mengobati pendarahan, keluar darah saat buang air besar dan lainnya.

Bukan itu saja, tanaman ini juga dapat dimanfaatkan dalam mengobati cacingan, luka bakar dan tukak di kaki. Selain bunganya, dedaun ekor kucing dapat dimanfaatkan mengobati bercak putih di bagian kulit akibat figmentasi, mengatasi sariawan, batuk berdarah dan lainnya.

Lalu, bagaimana cara meracik atau mengolah bunga dan dedaun tanaman ini untuk ragam manfaat pengobatan. Simak penjelasannya berikut:

KLIK INI:  Psikiater Ungkap 3 Masalah Kesehatan Mental di Tengah Covid-19
  1. Pengobatan vitiligo

Vitiligo adalah sebuah penyakit yang memicu hilangnya warna kulit dalam bentuk bercak. Penyakit ini muncul jika penghasil pigmen mati atau mengalami disfungsi.

Bila terserang penyakit vitiligo, daun ekor kucing bisa dimanfaatkan sebagai obat. Caranya? Pertama-tama, cuci bersih segenggam daun segar ekor kucing. Tambahkan kencur seukuran 1/2 ibu jari, lalu giling hingga halus. Balutkan ramuan ini di bagian tubuh yang mengalami vitiligo. Lakukan pengobatan ini setiap hari agar hasilnya maksimal.

  1. Ramuan untuk penutup luka

Luka kecil pada bagian tubuh yang tidak terlalu parah dapat diatasi dengan ramuan sederhana berbahan daun ekor kucing.

Caranya, cuci segenggam daun ekor kucing segar hingga bersih, lalu tumbuk halus. Setelah itu, tempelkan pada bagian tubuh yang luka. Balutlah dengan memakai kain perban agar ramuan dapat meresap optimal.

KLIK INI:  Ikan dengan Omega 3 Tertinggi Bukan Salmon tapi Ikan Kembung
  1. Ramuan untuk luka berdarah

Bagian tubuh yang terluka atau berdarah juga dapat diatasi dengan ramuan tanaman ekor kucing.

Caranya, ambil segenggam bunga ekor kucing, lalu cuci bersih. Tumbuklah hingga halus, lalu tempelkan di bagian luka yang berdarah. Balut dengan kain perban agar berfungsi maksimal.

  1. Ramuan ekor kucing untuk disentri

Disentri adalah penyakit radang usus yang disebabkan oleh bakteri shigella atau amuba. Disentri terjadi dan menyebar dari makanan atau air minum yang terkontaminasi bakteri.

Untuk mengatasi disentri, gunakan ramuan bunga ekor kucing. Siapkan bunganya sekira 10—30 helai. Lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, rebus hingga air mendidih. Minum dalam keadaan hangat setelah disaring.

  1. Ramuan ekor kucing untuk radang usus

Untuk mengatasi radang usus, siapkan sekitar 20 gram bunga ekor kucing. Cuci bersih terlebih dahulu. Lalu, rebus hingga air mendidih. Saring dan minum dalam keadaan masih hangat.

Itulah 5 manfaat tanaman ekor kucing dan cara meraciknya untuk ragam pengobatan. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Pilek Berkepanjangan? Waspadai Komplikasi Kesehatan dan Segera ke Dokter!