Manfaat Mengkudu dan 6 Cara Mengolah Buahnya untuk Ragam Pengobatan

oleh -882 kali dilihat
Manfaat Mengkudu dan 6 Cara Mengolah Buahnya untuk Ragam Pengobatan
Buah Mengkudu - Foto/Braico - Pixabay

Klikhijau.com – Mengkudu (Morinda citrifolia) sudah dikenal sebagai tanaman obat sejak lama, khususnya pada buahnya yang kaya manfaat. Pace adalah sebutan lain dari tanaman ini. Di Madura lebih familiar dengan Kodhuk dan Wengkudu di Bali.

Tanaman dari famili Rubiaceae ini termasuk jenis kopi-kopian. Pace dapat tumbuh di daerah dataran rendah sampai pada ketinggian tanah 1500 meter di atas permukaan laut. Mengkudu yang tersebar luas di Kepulauan Pasifik dan India ternyata merupakan tumbuhan asli dari Indonesia.

Ciri khas dari Pace diantaranya, memiliki batang yang tidak terlalu besar dengan ketinggian antara 3 – 8 meter. Dedaunnya tersusun berhadapan dengan panjang daun 20 – 40 cm dan lebar 7 – 15 cm.

Bunganya berbentuk bunga bongkol, kecil-kecil berwarna putih. Sedangkan buahnya berwarna hijau mengkilap dan berwujud buah buni berbentuk lonjong dengan variasi trotol-trotol.

Pada buahnya terdapat banyak biji dengan ukuran kecil-kecil yang terdapat dalam daging buah. Tanaman ini umumnya berkembang secara liar di hutan-hutan atau ditanam langsung di pekarangan rumah sebagai tanaman obat keluarga.

KLIK INI:  Ayo, Berkenalan dengan Simplisia! Bahan Alami Pembuatan Obat Alami
Kandungan buah Mengkudu

Tidak banyak yang menyukai buah mengkudu meski sudah matang. Hal itu karena adanya aroma tak sedap yang kurang menyenangkan dihirup. Begitu pula dengan rasanya yang tidak enak.

Namun demikian, pada buahnya mengandung zat-zat penting yang memiliki khasiat untuk ragam pengobatan. Adapun kandungan zat tersebut antara lain morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan soranyidiol.

Manfaat dan cara mengolahnya

Berikut 6 manfaat buah mengkudu dan resep sederhana mengolahnya yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

  • Demam (Masuk angin dan Flu)

Buah mengkudu dapat digunakan mengobati demam. Bahan yang diperlukan antara lain 1 buah mengkudu dan 1 rimpang lengkuas. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal  gelas, kemudian disaring. Minum resep alami ini 2 kali sehari, pagi dan sore untuk demam karena masuk angin atau influenza.

  • Batuk

Untuk mengatasi batuk, buah mengkudu juga bisa dimanfaatkan. Bahan yang diperlukan antara lain 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan ini direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Ramuan ini diminum 2 kali 1 hari, pagi dan sore.

KLIK INI:  Ingin Tubuh Anda Sehat? Cobalah Minum Jahe Sebelum Tidur
  • Menghilangkan sisik pada kaki

Sisik pada bagian kaki menyerang banyak orang dan tentu mengganggu. Anda dapat mengatasinya dengan buah mengkudu yang sudah masak di pohon. Lalu, gosokkan buah tersebut pada bagian kaki yang bersisik sampai merata dan biarkan selama 5 – 10 menit. Kemudian bersihkan dengan kain bersih yang telah dibasahi air hangat.

  • Mengatasi hipertensi

Manfaat mengkudu untuk mengatasi hipertensi sudah lama dikenal di Indonesia. Bahan utama untuk pengobatan ini sangat mudah didapat yakni buah mengkudu yang masak di pohon dan 1 sendok makan madu.

Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya kemudian dioplos dengan madu sampai merata dan disaring. Ramuan ini diminum setidaknya 2 kali sehari untuk mengatasi hipertensi.

  • Sakit kuning

Untuk mengobati sakit kuning, buah mengkudu dapat dimanfaatkan sebagai obat. Bahan yang diperlukan adalah buah mengkudu yang sudah masak  di pohon dan 1 potong gula batu.

Cara membuatnya adalah buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian kedua bahan tersebut dioplos sampai merata dan disaring. Minum ramuan ini dua hali sekali.

  • Mengobati sakit perut

Untuk mengobati sakit perut, gunakan 2 – 3 lembar daun mengkudu. Tumbuk halus kemudian ditambahkan garam, lalu diseduh air panas. Setelah dingin disaring dan diminum selagi hangat.

Selain manfaat di atas, Mengkudu juga Bisa Kurangi Stres hingga Atasi Arthritis. Itulah khasiat dan resep mengolah mengkudu untuk ragam penyakit. Semoga bermanfaat!

*Sumber: Thomas ANS. 1989. Tanaman Obat Tradisional 1. Kanisius. Jakarta.

KLIK INI:  Benarkah Minum Susu Sapi Berisiko Terkena Penyakit Berbahaya? Ini Kata Ahli!