Kutu Menghuni Bulu Mata Wanita Ini karena Malas Bersihkan Sisa Makeup

oleh -421 kali dilihat
Kutu Menghuni Bulu Mata Wanita Ini karena Malas Bersihkan Sisa Makeup
Ilustrasi bulu mata/foto-ist
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Bagi orang yang tak memiliki kesabaran berlipat, menunggu wanita berdandan adalah siksaan. Sebab wanita rela menghabiskan banyak waktu “hanya” untuk berdandan

Itu sangat wajar, wanita selalu ingin tampil lebih cantik dan percaya diri. Namun, banyak wanita hobi berdandan, tapi malas menghapus makeup atau riasan di wajahnya.

Apalagi jika sudah melalui hari yang panjang dan melelahkan. Tidur dengan riasan wajah rasanya menjadi pilihan yang lebih praktis. Membersihkan wajah sebelum tidur sebenarnya adalah hal yang wajib.

KLIK INI:  Bangun Pagi Berpotensi Hindari Wanita dari Kanker Payudara

Padahal hal tersebut bisa berbahaya bagi wajah. Kotoran dan sel-sel kulit mati akan menyumbat pori-pori sehingga memicu munculnya peradangan dan jerawat.

Tidak hanya itu, akibatnya bisa lebih buruk seperti yang dialami seorang perempuan berusia 32 tahun dari Provinsi Hubei, Cina. Kabar tersebut kabarkan oleh Oriental Daily bahwa wanita tersebut mengalami mata gatal dan kering, bersamaan dengan kerontokan bulu mata selama enam bulan terakhir.

Menurut tulisan Nabilla Tashandra di kompas.com, setelah wanita tersebut berkonsultasi ke dokter, ia baru mengetahui bahwa ada tungau tinggal pada bulu matanya.

Situs Healthline mengungkapkan tungau atau kutu sangat kecil tersebut disebut tungau Demodex. Mereka hidup dengan makan sel-sel kulit mati pada folikel rambut. Tungau Demodex ada pada setiap orang, namun jumlahnya sangat sedikit.

KLIK INI:  Bangun Pagi Berpotensi Hindari Wanita dari Kanker Payudara
Bisa sebabkan luka

Dokter kemudian memeriksa bulu mata wanita tersebut menggunakan mikroskop dan menemukan ada banyak kutu merangkak pada bagian akar bulu mata perempuan tersebut, tepatnya pada kelenjar minyak.

Ketika ditanya oleh dokter apakah wanita itu biasa menggunakan riasan wajah. Dijawabnya biasa, tapi karena kesibukan kerja yang padat, ia jarang membersihkan riasan wajahnya dengan benar. Hasilnya, tungau tumbuh subur di bulu matanya

“Tidak heran mengapa pada enam bulan terakhir mataku selalu terasa kering dan gatal, bulu mataku juga mudah rontok,” kata wanita tersebut.

KLIK INI:  Amankah Wanita Konsumsi Produk Penambah Gairah Intim?

Ia kemudian disarankan untuk membersihkan riasan wajah secara menyeluruh. Tujuannya untuk mengurangi kemungkinan tungau yang ada di bulu matanya makin banyak.

Sebab jika kondisinya semakin parah dan tidak tertangani, waktu pemulihan juga akan semakin panjang. Pada beberapa kasus, kondisi ini bisa menyebabkan luka pada permukaan mata.

Sisa riasan atau makeup yang tidak dibersihkan dengan benar juga bisa memicu munculnya penyakit mata seperti peradangan kelopak mata dan infeksi pada membran mata.

Ngerikan, jadi sebaiknya meski telah menghabiskan banyak waktu berdandan, jangan merasa rugi membersihkannya.

KLIK INI:  Penguatan Regulasi Tata Kelola Lingkungan Harus Dibuat Pemerintah Jokowi Jilid II