KLHK Berduka, Anggota Polhut Berpulang Tepat di Hari Jadi SPORC Ke-17

oleh -357 kali dilihat
KLHK Berduka, Anggota Polhut Berpulang Tepat di Hari Jadi SPORC Ke-17
Foto Almarhum Haeruddin, anggota SPORC yang berpulang pada 4 Januari 2023

Klikhijau.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sedang berduka atas berpulangnya salah satu abdi terbaiknya. Almarhum Haeruddin, salah satu anggota Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) yang bertugas di Brigade Maleo yang berkedudukan di Seksi Wilayah II Palu, Balai Penegakan Hukum (Gakkum) KLHK Wilayah Sulawesi. Bertugas sehari-hari di Pos Gakkum LHK Mamuju, Sulawesi Barat.

Tak ada yang dapat menduga yang namanya ajal. Pada akhirnya yang hidup akan berpulang pada-Nya. Begitu kesan yang terlintas di benak kawan-kawan anggota SPORC yang sedang mempersiapkan diri menghadiri puncak peringatan hari jadi satuan mereka.

“Tadi pagi, sebelum upacara, kami masih sarapan bersama. Dalam perjalanan dari Makassar menuju Maros, beliau kemudian mengalami sakit dan dilarikan ke rumah sakit terdekat, selang berapa lama kami mendapat kabar bahwa kawan kami telah berpulang,” pungkas Alan Adiyatma, salah satu anggota SPORC Brigade Maleo, yang turut hadir dalam upacara hari jadi SPORC.

Karenanya sebelum memberi sambutan, Direktur Jenderal Gakkum KLHK, menyampaikan berita duka tersebut kepada peserta upacara. Tak lupa mendoakan almarhum.

KLIK INI:  Tetap Setia, 19 Tahun Manggala Agni Beraksi Melawan Karhutla

“Kabar duka cita mendalam dari kami, tadi pagi salah satu anggota kami, Almarhum Haeruddin, anggota SPORC, meninggal dunia tadi pagi. Beliau adalah adalah pahlawan bagi kami. Insyaallah almarhum diterima di sisi Allah SWT.,” ucap Rasio Ridho Sani, Dirjen Gakkum KLHK, saat membuka sambutannya. Sambutan pada upacara hari jadi SPORC ke 17. Upacara yang berlangsung di Lapangan Sanggar Kegiatan Belajar Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan pada Rabu, 4 Januari 2023.

Almarhum Haeruddin, sebelum bergabung menjadi anggota SPORC, beliau bertugas di Balai Taman Nasional Wasur, Papua. Sempat berkantor di Markas Komando SPORC di Jayapura, sebelum akhirnya berlaih tugas di kampung halaman di Sulawesi Selatan. Bergabung dengan Balai Gakkum Wilayah Sulawesi. Bergabung dengan unit pelaksana tugas yang berfokus menangani tindak kejahatan lingkungan hidup dan kehutanan di Sulawesi pada tahun 2018.

“Pak Haeruddin bagi kami seperti saudara, bahkan seperti bapak bagi saya. Beliau berjiwa kebapakan. Beliau sangat perhatian kepada kami, kami rasakan saat bertugas bersama di pos jaga.” lanjut Alan, mengenang kebersamaan dengan almarhum.

Ramli, petugas Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, juga pernah bersama almarhum saat masih di kantor sebelumnya. Sekantor dengan almarhum di Balai Taman Nasional Wasur. “Orangnya baik. Sering membantu kami. Apalagi waktu itu saya baru bertugas di Papua, sekitar tahun 2003. Kami senasib sebagai anak rantau dari Sulawesi,” kenangnya.

Almarhum meninggal seorang istri dan 3 orang anak. Saat ini anak pertamanya sedang menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Muslim Indonesia, Makassar. Anak keduanya sedang mengenyam pendidikan di bangku SMP. Anak bungsunya, masih berusia balita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan.

Jenazah almarhum telah dibawa ke kampung halaman di Palopo untuk dikebumikan. Semoga almarhum mendapat tempat yang layak di sisi-Nya, aamiin.

KLIK INI:  Demi Sampah, MTS Dorong Pemberdayaan Berbasis Komunitas dengan 4 Implementasi di Lapangan