Keren, Kacamata dari Ampas Kopi Ini Bisa Jadi Pupuk

oleh -824 kali dilihat
Keren, Kacamata dari Ampas Kopi Ini Bisa Jadi Pupuk
Ilustrasi kacamata hitam/foto-ist
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Ochis, nama itu pasti terdengar asing. tapi, bagi pencinta kacamata mungking nama tersebut familiar. Ochis, Perusahaan kacamata asal Ukraina.

Hal menarik dari perusahaan tersebut, ia bisa memanjakan para konsumennya, khususnya yang menyukai aroma kopi. Sebab jika memakai kacamata buatan Ochis, konsumen bisa menghirup aroma kopi.

Berkaca dari industri hijau yang sudah menggunakan ampas kopi untuk membuat berbagai produk seperti furnitur, gelas, tinta cetak, dan Bahan Bakar Nabati (BBN).

KLIK INI:  Wow, Puntung Rokok Bisa Diubah Jadi Sesuatu Bernilai Hijau

CEO Ochis Coffee, Havrylenko bereksperimen dengan beragam herba seperti daun mint, peterseli, dan kapulaga sebelum menemukan bahan alami yang tersedia di ampas kopi.

Havrylenko berasal dari keluarga ahli pembuat kacamata dan berpengalaman 15 tahun di industri kacamata. Ia harus membuat 300 sampel sebelum membuat yang disebut kacamata hitam Ochis Coffee yang sempurna.

“Pertama, kopi berwarna hitam, juga warna klasik kacamata hitam dan cocok untuk apa saja. Kedua, banyak kopi bubuk di dunia. Ada jutaan ton kopi bubuk di dunia,” ungkap Havrylenko kepada Reuters, seperti yang ditulis Eko P di Indonesiainside.id belum lama ini.

Tetap modis

Kacamata hitam dari ampas kopi bisa mejadi solusi bagi pencinta kacamata untuk ramah lingkungan dan tetap modis,

KLIK INI:  Ramah Lingkungan, Ini 5 Sedotan yang Berasal dari Tumbuhan

“Keuntungan utama menggunakan kacamata hitam dari bubuk kopi dan kain lenan yang ditempelkan dengan minyak nabit saat dibeli, kacamata ini akan menjadi pupuk setelah 10 tahun,” papar Havrylenko seperti muat VOA, Kamis, 29 Agustus 2019.

OCHIS coffee melakukan penggalangan dana pertama melalui platform urun dana Kickstarter. Upaya itu berhasil meraup USD13 ribu, mencapai target awal USD10 ribu.

Kacamata kopi itu dijual seharga AS $ 78 – AS $ 89 atau sekitar Rp 1,1 juta – Rp 1,27 juta.

Sementara di luar negeri ampas kopi telah disulap jadi barang berharga yang ramah lingkungan. Sementara saya, dan barangkali juga kamu masih membuang begitu saja ampas kopi yang menghuni dasar gelas.

KLIK INI:  Ello Jello, Gelas Karya Anak Bangsa yang Ramah Lingkungan dan Bisa Dimakan