Keren, Budaya Bersih Timnas Indonesia Usai Bertanding Dikagumi Netizen

oleh -51 kali dilihat
Keren, Budaya Bersih Timnas Indonesia Usai Bertanding Dikagumi Netizen
Suasana bersih-bersih kamar ganti di Stadion Nasional Singapura usai Timnas Indonesia bertanding - Foto/Ist

Klikhijau.com – Peningkatan grafik kualitas Tim Nasional (Timnas) sepakbola Indonesia memang jadi sorotan. Tak hanya di tanah air, kualitas permainan Timnas saat ini bahkan diapresiasi di mancanegara.

Sejak dilatih Mantan Coach Timnas Korea Selatan, Shin Tae Yong (STY), Timnas Indonesia memang mengalami banyak peningkatan. Selain regenerasi pemain yang mengedepankan pemain muda, STY juga membenahi teknik dasar sepakbola serta kekuatan fisik pemain.

Hasilnya kini mulai terlihat pada empat pertandingan yang telah dilakoni di ajang AFF Suzuki Cup 2020. Di luar dugaan, Timnas melaju sebagai juara grup B tanpa pernah menderita kekalahan.

Laga terbaru yang mencengankan adalah saat menumbangkan Timnas Malaysia untuk penentuan ke semifinal. Timnas menang mudah dan meyakinkan dengan skor telak 4 – 1.

Timnas lolos ke fase semifinal dan akan menghadapi Timnas Singapura yang keluar sebagai runner up grup A di stadion Nasional Singapura (22/12). Tak hanya sukses lolos ke semifinal, Timnas juga menjadi tim dengan produktifitas gol terbanyak di ajang ini dengan 13 gol.

Capaian ini tak terlepas dari tangan dingin seorang pelatih kelas dunia sekaliber Shin Tae Yong. Di luar lapangan hijau, STY memang memiliki kualitas berkelas dalam membina pemain. Ia menerapkan pola kedisiplinan tinggi dan fokus pada pembenahan mental pemain.

KLIK INI:  5 Manfaat Skipping Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Bagi seorang STY, menjadi pemain Timnas harus militan dan memiliki etos kerja kuat. Etos ini pun ditunjukkan oleh STY dengan terus berdiri di pinggir lapangan sepanjang 90 menit setiap Timnas Indonesia bertanding.

Di tangan STY, Timnas Indonesia memberi harapan pada penikmat sepakbola Indonesia. Di sosial media, ramai-ramai supporter Timnas memberi apresiasi dan meminta agar PSSI memberi kontrak panjang pada STY. Bagi mereka, STY adalah pelatih yang tepat bagi Indonesia untuk prestasi yang lebih baik lagi.

Harapan ini bukan sekadar omongan belaka. Pelatih STY ternyata sangat detail dalam menangani punggawa Timnas. Kedisiplinan di dalam lapangan juga ditunjukkan dengan kedisiplinan di luar lapangan.

Pelatih STY juga sangat memperhatikan kebersihan di ruang ganti pemain. Timnas kini punya slogam baru yakni “Datang Bersih, Pulang Juga Harus Bersih”.

Sebuah video pendek yang beredar di sosial media menunjukkan bagaimana para official Timnas membersihkan ruang ganti sebelum meninggalkan ruangan. Mereka terlihat memungut semua sampah-sampah berserakan dan memastikan bahwa ruangan benar-benar bersih.

“Ini benar-benar satu budaya bersih yang positif dilakukan Timnas kita. Saya yakin, dengan kedisiplinan dan budaya bersih yang diterapkan, Timnas di tangan STY akan memiliki prospek cerah ke depan,” kata Yury, seorang penggemar sepak bola di Makassar.

Tak hanya Yuri, video berdurasi singkat para official Timnas yang membersihkan ruang ganti telah ditonton ratusan ribu netizen. Video tersebut juga kini viral dan telah disebarkan oleh sejumlah TV swasta, media online dan akun Instagram komunitas. Semua mengapresiasi hal baik yang dilakukan Timnas dan berharap semoga ini akan jadi budaya yang dipertahankan seterusnya.

Ayo maju terus Tim merah putih!

KLIK INI:  Meski Bernutrisi Tinggi, Hindari 6 Hal Ini Saat Konsumsi Sayur Bayam!