Kenapa Membaiknya Lapisan Ozon Bumi Patut Disyukuri? Begini Jawabannya

oleh -957 kali dilihat
Ilustrasi ozon bumi
Ilustrasi ozon bumi/foto-astacala.org
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Kabar tentang membaiknya lapisan ozon itu saya temukan dalam tulisan Zakiyatur Rosidah yang berjudul, Kabar Baik, Lapisan Ozon Bumi Mengalami Perbaikan

Kabar membaiknya lapisan ozon bumi patut disyukuri, sebab lapisan ozon merupakan lapisan tipis gas O3 yang secara alami menyelimuti permukaan bumi. Bayangkan jika yang “selimut” permukaan bumi mengalami kerusakan?

Lapisan ozon melindungi bumi dari paparan sinar Ultra Violet B (UV-B) yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup di muka bumi. UV-B yang mempunyai panjang gelombang 280-315 nm, sebagian diserap oleh lapisan ozon, dengan demikian jumlah UV-B yang mencapai bumi jumlahnya sangat sedikit.

Jadi, keberadaan lapisan ozon sangat penting, sebab menjadi tameng yang dapat melindungi bumi beserta penghuninya dari sinar ultraviolet.

KLIK INI:  Kabar Baik, Lapisan Ozon Bumi Mengalami Perbaikan

Penipisan lapisan ozon akan menyebabkan lebih banyak sinar radiasi ultra violet memasuki bumi. Radiasi ultra violet ini dapat membuat efek pada kesehatan manusia, memusnahkan kehidupan laut, ekosistem, mengurangi hasil pertanian dan hutan.

Efek utama kerusakan ozon pada manusia adalah peningkatan penyakit kanker kulit karena selain itu dapat merusak mata termasuk kataraks dan juga mungkin akan melemahkan sistem imunisasi badan.

Para ilmuwan sangat khawatir ketika mereka menemukan bahwa bahan kimia kloro fluoro karbon(CFC) yang biasa digunakan sebagai media pendingin dan gas pendorong spray aerosol, memberikan ancaman terhadap lapisan ozon karena zat yang mengandung klorin

Zat tersebut akan dipecah oleh sinar matahari yang menyebabkan klorin dapat bereaksi dan menghancurkan molekul-molekul ozon.

Setiap satu molekul CFC mampu menghancurkan hingga 100.000 molekul ozon. Sehingga, semakin lama lapisan ozon semakin menipis bahkan bisa sampai berlubang.

Lalu apa fungsi lapisan ozon sesungguhnya, kenapa ia dianggap penting bagi dalam kehidupan ini? Ini jawaban singkatnya:

KLIK INI:  11 Aksi Sederhana Sebagai Tanda Cinta Pada Bumi, Anda Sudah Melakukan Apa?
  • Menyerap radiasi ultraviolet.

Lapisan ozon melindungi bumi dari paparan sinar Ultra Violet B (UV-B) yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup di muka bumi.

UV-B yang mempunyai panjang gelombang 280-315 nm, sebagian diserap oleh lapisan ozon, dengan demikian jumlah UV-B yang mencapai bumi jumlahnya sangat sedikit

  • Melindungi bumi dari benda langit

Fungsi lain lapisan ozon adalah melindungi bumi dari ancaman benda langit yang jatuh, misalnya  meteor.

  • Menstabilkan suhu permukaan bumi

Selain itu, lapisan ozon diyakini mampu menstabilkan suhu permukaan bumi, sehingga pemanasan global bisa berkurang berkurang.

Melihat fungsi lapisan ozon bumi yang besar bagi kelangsungan napas bumi ini, maka kita patut bersyukur dengan membaiknya lapisan tersebut.

KLIK INI:  Bumi Bulat atau Datar, Begini Penjelasan Sains dan Alquran