Jarang Terekspos, Ini 9 Fakta Unik dari Bintang Laut

oleh -20 kali dilihat
Jarang Terekspos, Ini 9 Fakta Unik dari Bintang Laut
Bintang laut-foto/Pixabay

Klikhijau.com – Bintang laut adalah hewan laut dari kelas Asteroidea.  Ia  mendiami habitat samudra. Warnanya cerah. Di dunia ini ada sekitar 2.000 spesies bintang laut.

Semua jenis bintang laut memiliki keunikan dalam segi bentuk, ukuran, dan warna, mulai dari dari biru, ungu hingga merah muda dan jingga.

Bintang laut ini termasuk hewan invertebrate. Bentuknya seperti bintang dan hanya bisa hidup di air asin.

Hewan ini berkembangbiakan secara ovovivipar. Namun bukan hanya itu, dilansir dari treehugger ada beberapa fakta lain tentang bintang laut yang jarang terungkap, yakni:

KLIK INI:  Bayi Singa Mengantar Irawan dan Ketiga Rekannya ke Penjara
  • Memiliki kaki tabung

Ada ratusan cangkir hisap kecil seperti kaki membantu bintang laut berpindah dari satu tempat ke tempat lain. kakinya mengandung zat seperti lem yang membantu mereka menempel pada permukaan seperti batu, sehingga tidak jatuh atau hanyut terbawa ombak.

  • Tidak termasuk ikan

Bi tidak memiliki tulang punggung, yang berarti mereka adalah invertebrata. Sementara ikan memiliki tulang punggung, yang menjadikan mereka vertebrata dan berada di kelas yang berbeda sama sekali dari bintang laut.

  • Tidak berdarah

Bintang laut memiliki sistem vaskular air. Sistem ini—umum pada echinodermata seperti bintang laut dan teripang—terdiri dari kanal yang menghubungkan kaki tabung yang memompa air laut ke seluruh tubuh bintang laut. Air laut yang disaring mengirimkan nutrisi melalui sistem sarafnya. Itulah penyebabnya sehingga bintang laut tidak berdarah.

KLIK INI:  Mengintip Serunya Kehidupan Babirusa di Nantu
  • Dapat meregenerasi anggota tubuh yang hilang

Bintang laut memiliki kemampuan untuk meregenerasi anggota tubuh yang hilang jika terjadi cedera — misalnya, jika mereka terkena batu akibat ombak yang menerjang.

Faktanya, bintang laut mampu menumbuhkan kembali seluruh tubuh hanya dari satu lengan dan setidaknya seperlima dari cakram pusatnya. Ini adalah proses yang lambat yang bisa memakan waktu hingga satu tahun. Bintang laut juga mampu meregenerasi neuronnya, sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh sedikit hewan.

  • Starfish mencerna di luar tubuhnya

Gaya makan bintang laut yang unik tidak berhenti dengan menggunakan kaki tabungnya—bintang laut juga mencerna di luar tubuhnya.

Begitu mereka membuka makanannya, mereka menjulurkan perutnya ke luar mulut dan menyelimuti mangsanya dengan perutnya. Setelah mangsanya dicerna sebagian, mereka menarik mangsanya kembali ke kelenjar pencernaannya untuk menyelesaikan konsumsi.

KLIK INI:  Cemara Balon, Pohon Tangguh yang Bisa Mengendalikan Erosi
  • Bintang laut adalah karnivora

Makhluk-makhluk yang tampak tidak bersalah ini tidak hanya berpesta ganggang dan tumbuhan. Bintang laut diketahui memakan makhluk seperti ikan yang terluka, tiram, remis, kerang, dan dolar pasir.

Dalam beberapa kasus, bintang laut bahkan bisa menjadi kanibal yang agresif. Bintang laut remaja, khususnya, telah didokumentasikan memakan satu sama lain.

  • Memiliki bintik mata di lengannya

Bintang laut memiliki bintik mata di ujung masing-masing lengannya. Masing-masing bintik mata ini menciptakan satu piksel dari gambar yang dilihat hewan. Jika digabungkan dengan semua bintik mata lain di kaki mereka, bintang laut dapat melihat sekelilingnya sekaligus.

Sementara itu, penelitian telah menunjukkan bahwa kemampuan melihat mereka masih agak dibatasi oleh resolusi rendah, mereka setidaknya mampu mendeteksi bentuk saat mereka menavigasi melalui laut.

KLIK INI:  Hujan Bersemi, Anggrek Lagaligo pun Bersemai, Sungguh Menakjubkan!
  • Menggunakan kaki untuk makan

Bintang laut menyantap makanannya dengan cara yang cukup unik. Kaki mereka — atau lebih tepatnya, cangkir hisap kecil di bagian belakang kaki mereka — membantu mereka menahan makanan. Kaki ini juga membantu mereka membuka kerang seperti kerang dan remis.

  • Tidak semua bintang laut berbentuk bintang

Sementara bintang laut yang kebanyakan orang kenal memiliki lima lengan, beberapa spesies dapat memiliki lebih banyak lengan. Bintang laut mahkota duri (Acanthaster planci ), misalnya, dilaporkan memiliki hingga 21 lengan .

Demikian pula, bintang matahari—nama yang tepat untuk bintang laut karena kemiripannya dengan matahari—memiliki sekitar 12 lengan. Subspesies ini mungkin memiliki warna jingga cerah atau pita konsentris olahraga merah jambu, jingga, putih, dan kuning.

Nah, sahabat hijau itulah 9 fakta unik bintang laut yang jarang terekspos.

KLIK INI:  Benarkah Kupu-Kupu Ekor Sriti Paling Dikagumi Wallace?