Intip Sederet Ide Bisnis Go Green Demi Cuan dan Lingkungan yang Lestari

oleh -50 kali dilihat
Makna Warna Hijau dan Fakta Terlengkap Perihal Warna Alami Ini!
I love green - Foto/facebook

Klikhijau.com – Bisnis go green atau yang juga dikenal dengan nama green business. Saat ini mulai semakin dilirik.

Jika umumnya bisnis bertujuan mencari keuntungan alias cuan, maka bisnis go green merupakan peraduan antara keuntungan secara materi dan juga keuntungan pada kelestarian lingkungan.

Semakin banyaknya masyarakat yang bergerak menggunakan produk ramah lingkungan, menjadikan bisnis ini memiliki prospek yang cerah ke depannya.

Kedatangan perubahan iklim dan pemanasan global yang semakin nyata dan meresahkan. Menjadi  produk eco-friendly semakin dilirik karena dianggap sebagai langkah penyelamatan lingkungan.

KLIK INI:  Pola Petir akan Berubah karena Perubahan Iklim?

Ide bisnis go green juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi angka pengangguran yang semakin membengkan, berikut ini ide bisnis go green yang bisa dieksekusi:

  • Buah-buahan dan sayuran organik

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran sangat dianjurkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Namun, buah-buahan dan sayuran yang seperti apa yang bagus? Jawabannya adalah buah dan sayuran organik.

Saat ini para konsumen mulai banyak berburu buah dan sayuran organik, yang diproduksi tanpa bantuan bahan kimia.

Dengan adanya arah konsumsi konsumen seperti itu, maka bisnis buah dan sayur organik akan memiliki peluang yang besar ke depannnya.

Apalagi harga buah dan sayur organik jauh lebih mahal ketimbang yang nonorganik. Jadi peluang cuannya juga lebih besar.

KLIK INI:  Keren, Suporter 4 Negara Ini Bersihkan Stadion di Piala Dunia 2022
  • Bisnis kompos

Pertanian organik tidak bisa lepas dari penggunaan pupuk kompos. Sementara pupuk kompos tidaklah terlalu sulit dibuat. Selain itu bahannya juga banyak tersedia di sekitar kita, mulai dari sisa makanan hingga dedaunan.

Saat ini kebutuhan akan pupuk kompos juga semakin menanjak, jadi ide bisnis ini sangat menarik dan potensial dilakoni.

  • Bank sampah

Membuat bank sampah menjadi ide bisnis yang keren. Selain membuat lingkungan lebih bersih dan sehat, kehadiran bank sampah juga bisa menghasilkan uang dan membuka lapangan pekerjaan.

Cara membuat bank sampah tidak terlalu rumit, pertama cukup kumpulkan sampah yang memiliki nilai jual di masyarakat lalu mencari agen untuk menjualnya kembali.

Saat ini perkembangan bank sampah di Indonesia semakin marak, hanya saja untuk menjalankannya memang membutuhkan mental baja.

KLIK INI:  Mengenal Hutan Rawa, Fungsi, Karateristik, dan Sebarannya di Indonesia
  • Penyewaan dan bengkel sepeda

Pengguna sepeda pernah marak di Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan. Jika penggunaan sepeda saat itu hanya mengikuti tren. Ke depannya bisnis penyewaan dan bengkel sepeda bisa cerah. Bisnis ini ditopang oleh isu polusi udara saat ini yang disebabkan penggunaan kendaraan bermotor.

Karena itu, demi lingkungan yang lestari, banyak orang yang memilih beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan. Sepeda adalah salah satu kendaraan ramah lingkungan yang bisa jadi pilihan demi mengurangi polusi udara dan juga untuk hidup yang lebih sehat.

  •  Menciptakan produk ramah lingkungan

Memanfaatkan barang bekas untuk membuat produk ramah lingkungan, bukanlah sesuatu yang mustahil. Telah banyak yang melakukannya, misalnya menyulap plastik bungkus kopi menjadi tas, batako dari plastik dan lain sebagainya.

  • Furniture berbahan daur ulang

Usaha furniture dari bahan daur ulang akan menarik. Sebab bahan bakunya akan mudah tersedia.  Sampah furniture yang telah rusak dan menganggur bisa Kembali dimanfaatkan menjadi sebuah furniture baru dengan tampilan dan kualitas yang lebih bagus.

KLIK INI:  Label Ramah Lingkungan Bakal Menghiasi Makanan dan Minuman di Supermarket
  •  Bisnis produk kecantikan ramah lingkungan

Jika kamu ahli dalam bidang farmasi, kamu bisa mencoba membuat produk kecantikan yang ramah lingkungan.

Alam ini menyediakan beragam flora dan fauna yang bisa dimanfaatkan untuk membuat produk tersebut. Dengan catatan tidak menggunakannya secara berlebihan.

Ada banyak ide produk kecantikan dan kesehatan yang bisa diciptakan, misalnya sabun dari eco enzim dan lain sebagainya.

  • Bisnis aksesoris dari bahan bekas

Membuat aksesoris dari bahan bekas memang butuh kreativitas tersendiri. Namun, ide bisnis ini memiliki peluang yang cerah juga bahannya tersedia banyak.

  • Bisnis shopping bag atau totebag

Program diet plastik atau pengurangan penggunaan plastik sedang nyaring digaungkan. Karena adanya pelarangan tersebut, maka secara otomatis konsumen akan membawa atau membeli tas kain sendiri yang dapat  digunakan berulang-ulang.

Karena itu, maka kebutuhan akan totebag akan semakin meningkat, sehingga ide bisnis ini menarik dijalankan.

KLIK INI:  Label Ramah Lingkungan Dapat Merangsang Timbulnya Inovasi dan Investasi
  • Media khusus isu lingkungan

Jika kamu memiliki ketertarikan di dunia tulis menulis dan lingkungan, maka kamu bisa membuat media yang khusus membahas tentang lingkungan.

Selain mendapat cuan, kamu juga bisa menyalurkan hobi dan mengedukasi masyarakat melalui tulisan. Selain tulisan, kamu juga bisa membuat konten lain, misalnya foto dan video di youtube yang khusus membahas lingkungan.

  • Toko pakaian bekas

Di Sulawesi Selatan, penjual pakaian bekas memiliki nama tersendiri, yakni cakar. Nama kerennya adalah thrift shop. Ini merupakan ide bisnis go green yang keren.

Cakar adalah upaya memberi napas lebih panjang kepada pakaian yang layak pakai agar tidak berakhir di lingkungan sebagai limbah.

KLIK INI:  Mengulik 20 Alasan Kenapa Hutan Memiliki Arti Penting untuk Dilestarikan
  • Mainan ramah lingkungan

Anak-anak selalu butuh mainan, nah kamu bisa membuat terobosan dengan menjual mainan ramah lingkungan yang terbuat dari kayu atau bambu yang mudah terurai.

Saat ini mainan anak-anak didominasi oleh mainan berbahan plastik, yang tentu saja jika terbuang ke lingkungan akan jadi masalah tersendiri karena sulit terurai.

Dengan membuat mainan ramah lingkungan, kamu tidak hanya mendapat cuan, tapi juga mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

  • Ekowisata

Membuat tempat wisata yang ramah lingkungan atau ekowisata jadi ide bisnis yang menarik. Hanya saja untuk membuatnya biaya dan juga lokasi yang menarik.

Selain bertujuan menjaga lingkungan, ekowisata juga bisa menjadi penggerak ekonomi masyarakat sekitar.

Jadi sahabat hijau, ide mana yang menurutmu menarik?

KLIK INI:  Menanti Inovasi PT PLN dari Pengoperasian SPKLU hingga Wisata Hijau